Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung : Bunga Cempaka

|

Loading...
Hai sobat Danifin, pada kesempatan kali ini mimin mau bahas yang namanya bunga, tapi bukan bunga asli ya, melainkan bunga kerajinan, yakni cara membuat bunga dari kulit jagung yang pastinya keren dan kreatif banget.

Kulit jagung merupakan limbah atau sampah yang sering sekali kita temukan di dapur rumah kita. Dan, Apabila sobat pergi ke pasar tradisional di mana terdapat penjual jagung segar, maka kulit jagung sering sobat lihat menumpuk begitu saja di sekitar lapak mereka, atau dimasukkan ke dalam karung untuk selanjutnya dibuang begitu saja, sayang sekali kan? Selain biasanya digunakan menjadi bungkus makanan, kulit jagung yang seringnya dibuang itu dapat juga sobat manfaatkan lho menjadi dekorasi ruangan dengan membentuknya menjadi bunga nan indah lho.

Ternyata, dengan sedikit ketelatenan dan kreativitas tanpa batas, limbah sampah kulit jagung (klobot) dapat dibuat kerajinan atau prakarya yang menarik. Contohnya kerajinan yang berbentuk bunga cempaka ini. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba membuatnya? Pasti sulit? Enggak, Mudah kok. Ikuti langkah-langkah cara pembuatannya (disertai gambar) berikut ini.

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung : Bunga Cempaka

Alat dan Bahan

Untuk membuat prakarya berbentuk bunga cempaka dari kulit jagung (klobot) ini sobat memerlukan alat-alat dan bahan berikut. Silakan dipersiapkan agar dapat langsung membuatnya.

  • Kulit jagung yang telah direbus dan dikeringkan (dapat juga memakai kulit jagung rebus). Perebusan paling tidak memerlukan waktu satu jam. Sobat boleh menambahkan pewarna tekstil untuk mendapatkan variasi bahan kerajinan tangan kulit jagung. Saya sendiri pada tutorial ini hanya menggunakan sisa sampah dapur bekas kulit jagung rebus. Jadi warnanya natural.
  • Gunting untuk membentuk bagian-bagian bunga cempaka yang akan dibuat.
  • Kawat halus (saya ambil dari bagian dalam kabel bekas, ukurannya sedikit lebih besar dari rambut) 
  • Kawat ukuran sedang untuk tangkai bunga
  • Lem kertas yang kuat daya rekatnya (saya gunakan lem putih)
  • Tang, untuk memotong kawat tangkai bunga dan melengkungkannya.


Cara Membuat

Agar mudah memahami, Sobat perhatikan gambar-gambar dan penjelasan berikut untuk membuat bunga cempaka dari limbah sampah kulit (klobot) jagung.
  1. Pertama, Ambil beberapa kulit jagung yang telah direbus dan dikeringkan.
  2. Gunting dengan panjang sekitar kurang lebih 6 cm, dan lebar 2 cm. Buat sebanyak 5 helai. Kemudian gunting lagi sehelai kulit jagung ukuran panjang 8 cm dan lebar sekitar 3 cm.
  3. Bentuk kelima helaian kulit jagung yang berukuran 6 x 2 cm menjadi kelopak bunga cempaka dengan mengguntingnya. 
  4. Siapkan kawat halus yang diambil dari potongan kabel bekas yang telah dikupas.
  5. Potong kawat ukuran sedang sepanjang lebih kurang 25 cm. Buat lengkungan pada salah satu ujungnya (seperti kail, lihat gambar). Gunakan tang untuk mempermudah pekerjaan ini.
  6. Selanjutnya, lipat helaian kulit jagung ukuran 8 x 3 cm menjadi 3 bagian berdasarkan arah panjangnya, lalu gulung ke kawat tangkai (kawat ukuran sedang). Pilin lengkungan kawat sehingga tertutup kulit jagung. Bagian ini nantinya berfungsi sebagai putik bunga cempaka nantinya, sekaligus sebagai basis atau pusta tempat melekatkan kelopak-kelopak bunga yang berjumlah lima itu.
  7. Apabila sudah dipilin rapi pada ujung kawat dan menutupi lengkungan, eratkan dengan ikatan kawat halus. Perhatikan gambar untuk lebih jelasnya.Kunci ikatan kawat halus dengan membuat simpul atau melilitkannya ke tangkai kawat.
  8. Sekarang sobat akan mulai merangkai kelopak. Mulailah dengan menempelkan kelopak pertama dan mengikatnya dengan kawat halus.Perhatikan gambar. Lilitkan sisa kawat yang terlalu pendek ke kawat tangkai.
  9. Tambahkan kelopak yang kedua. Atur posisinya sekiranya nanti terdapat 5 kelopak, maka jaraknya terbagi sama rata dan seimbang. Perhatikan juga panjangnya kelopak yang menjulur dari ikatan kawat agar simbang (sama).
  10. Lanjutkan proses ini sampai kelima kelopak diikat kuat dengan kawat halus pada putik. Apabila ada kelopak yang lebih panjang dan lebih lebar dari yang lainnya, sobat dapat mengguntingnya untuk menyempurnakan bentuk bunga cempaka dari kulit jagung ini.
  11. Sampai di sini bentuk bunga cempaka sudah jadi, walau belum sempurna, sobat hanya tinggal finishing dan memberikan sentuhan akhir.
  12. Sekarang, guntinglah kulit jagung lain dan buatlah beberapa helaian daun. Bentuknya dapat seperti saat sobat membuat kelopak bunga ramping (lebar 2 cm) dan panjang (6 cm). Atau buat dengan variasi ukuran. Pada contoh ini saya membuat 3 helai daun. dengan ukuran dan bentuk sedikit bervariasi.
  13. Daun-daun ini lalu diikat pada tangkai kawat. Daun yang lebih kecil dan ramping saya letakkan di atas, dan yang lebih besar dan lebar diletakkan di bagian bawah, agar nampak indah. Atur posisinya pada tangkai kawat agar terlihat natural. Ikat dengan kawat halus kuat-kuat agar tidak mudah lepas. Buat simpul ikatan atau lilitkan sisa kawat halus pada kawat tangkai.
  14. Selanjutnya, pilihlah beberapa helaian kulit jagung yang tipis dan lentur jangan yang keras. Kulit jagung yang tipis dan lentur ada pada bagian sebelah dalam kulit jagung. Belah kulit tipis ini dengan lebar lebih kurang 2 cm. Lalu lilitkan pada tangkai mulai bagian bawah bunga sampai pangkal tangkai bunga sehingga semua kawat tertutup. Apabila sobat ingin lebih mudah sobat boleh menggunakan floral tape (selotip) dengan warna yang mirip/selaras. 
  15. Nah selesai sudah setangkai bunga cempaka yang cantik dari sampah limbah kulit jagung.
  16. Buatlah beberapa tangkai, lalu rangkailah menjadi bunga cempaka kulit jagung hasil prakarya sobat. Tempatkan dalam vas yang sesuai, kalau mau sobat bisa warnai bunga sobat dengan cat air.


Nah itu dia cara membuat kerajinan tangan bunga cempaka dari kulit jagung. Mudah kan? sebenarnya cukup sederhana lho bahan-bahannya namun dapat menghasilkan barang prakarya yang unik dan eksotik. Semoga menginspirasi sobat dalam berkarya dan bermanfaat bagi sobat. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya. 

0 comments:

Pencarian