5 Cara Ampuh Mengatasi Mata Kelilipan

|

Cara Mengatasi Mata Kelilipan - Hai sobat Danifin, Pernahkah mata anda kelilipan pasir atau debu? Fenomena mata kelilipan sebenarnya sudah sering terjadi di sebagian masyarakat, termasuk pula itu saya sendiri. Umumnya, gejala yang akan timbul setelah mata anda kelilipan adalah menculnya rasa gelisah dan stress. Lho kok bisa? Nah penjelasannya, saat kelilipan itu terjadi, maka anda pasti akan merasakan keganjalan (ada yang aneh) pada mata anda yang kemungkinan dapat mengakibatkan kita susah tidur ataupun tidak merasa tenang serta gelisah.

Tak hanya itu saja, setelah kelilipan, biasanya kita akan dihantui oleh sugesti-sugesti yang menakutkan, seperti misalnya "Bisa-bisa saya buta karena mata saya kelilipan" atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hilangkanlah sugesti sugesti buruk ini yang mana hal ini dapat mengakibatkan anda stress.

Nah, di sini saya akan mencoba untuk berbagi 5 metode atau 5 cara ampuh mengatasi mata kelilipan yang mungkin dapat berguna bagi sobat Danifin sekalian apabila suatu saat mengalami kelilipan pada mata sobat, Oke, klo ingin lanjut, yuk disimak :

1. Jangan digosok jika kelilipan!

Nah yang pertama tuh kalau kelilipan usahakan mata jangan digosok ya, Terkadang hal ini merupakan suatu spontanitas atau reflek bagi kita setelah mengetahui mata kita sedang kelilipan. Mulai sekarang hilangkanlah kebiasaan ini, karena hal ini dapat mengakibatkan kornea mata sobat rusak karena gangguan atau gesekan benda asing.

Ingat ya sob, jangan digosok! selain gatal dan perih juga berbahaya lho.

2. Gunakan obat tetes mata yang sesuai

Masih ingat nggak sob, dahulu sekali waktu kamu masih kecil sering dikasih obat tetes mata karena kelilipan benda kecil? Pasti masih ingat ya... kalau nggak ingat yaudah nggak usah dipaksain takutnya ntar jadi pikiran he he he. Nah kenapa kok dikasih obat maata? Nah penjelasannya, jadi ternyata obat tetes mata ini berguna atau memiliki fungsi untuk menghilangkan atau membuang kotoran ataupun butiran debu yang masuk ke mata kamu yang sedang kelilipan. Pembuangan kotoran ini akan dilakukan secara alami melalui cairan sehingga tidak membahayakan mata.

Walaupun obat tetes mata ampuh untuk mengobati kelilipan, namun alangkah baiknya apabila obat ini digunakan sesuai petunjuk dan dosis yang ada. Jangan memakainya lebih dari 3 kali atau lebih dari aturan yang tertulis di kotak obatnya, karena hal ini dapat mengakibatkan iritasi berkelanjutan pada mata sobat, dan perlu diketahui bahwa obat tetes mata ini mengandung bahan kimia yang bersifat asam yang membuat mata menjadi pedih setelah memakainya ya sob, jadi gunakan seperlunya saja, agar aman di mata.

Metode yang kedua ini lumayan ampuh lho, gunakan obat tetes mata, tapi ingat, perhatikan juga merk obat matanya, jangan pilih yang abal-abal.

3. Istirahatkan mata kamu


Cobalah untuk mengistirahatkan mata secara rileks, SECARA RILEKS, bukan berarti sobat mengistirahatkan mata secara paksa. Bukan pula berarti mengistirahatkan mata berarti memaksa diri sendiri untuk tidur. Karena sangat kecil kemungkinan kita dapat tertidur dengan kondisi mata kelilipan ya sob.

Nah, oleh karena itu, istirahatkan mata kamu dengan mencoba untuk pura-pura tidur. Ya, pura-pura tidur yaitu dengan mencoba merilekskan seluruh anggota tubuh dan memilih posisi yang cocok untuk pura-pura tidur sobat supaya sobat merasa lebih rileks. Selanjutnya, bukalah mata secara perlahan saat bangun tidur seakan-akan sobat baru bangun dari tidur yang lama. Tanpa disadari, nantinya kotoran/debu yang berada di mata akan keluar dengan sendirinya setelah terbangun.

Istirahatkan mata, membutuhkan kesabaran dan rileks.

4. Minta bantuan Teman / Saudara / Orangtua / Pasangan / Orang terdekat


Ini harus sobat lakukan ketika pada saat kelilipan itu juga sobat langsung panikan, biasanya sih cara keempat ini dilakukan oleh orang yang mudah panik. Orang seperti ini akan mencoba untuk meminta bantuan kepada siapa pun itu yang berada didekatnya untuk sekedar meniup matanya atau melihat kondisi matanya, meskipun orang tersebut tidak ia kenal he he he. Cara ini dapat sobat coba bagi yang suka sekali panik saat matanya kelilipan, langsung saja meminta tolong kepada orang terdekat untuk menolong sobat. Bagi yang malu-malu untuk meminta tolong kepada orang yang tidak dikenal, mungkin sobat bisa mencoba menelepon salah satu kerabat untuk datang ke tempat sobat untuk meniupkan mata sobat, dengan catatan mereka mau datang ke tempatmu.

Minta bantuan orang lain, hmmm... boleh juga.

5. Meludah


Nah, Ini adalah cara terakhir, Cara ini sebenarnya belum pernah saya coba waktu kelilipan. Katanya sih, saat meludah ada enzim yang terlepas dari tenggorokan dan kemudian berefek ke mata sobat. Mata kemudian akan terangsang pula untuk mengeluarkan pelumas yang berbeda dengan air mata. Pelumas inilah yang membawa kotoran / debu dari mata yang kelilipan yang terbungkus dalam enzim, dan akhirnya akan keluar dari mata kamu.

Cara meludah untuk mengeluarkan kotoran pada mata, katanya merupakan cara nenek moyang dahulu ketika kelilipan.

Nah demikian artikel dari saya, Itulah tadi beragai cara ampuh untuk mengatasi mata kelilipan, apabila cara ampuh tersebut tak juga membuahkan hasil atau tidak dapat menyembuhkan kelilipan sobat, maka secepatnya pergilah ke dokter mata agar tidak terjadi sesuatu yang buruk pada mata sobat ya. Jangan lupakan pula untuk tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar kamu diberikan kesehatan yang lebih, baik pada mata maupun organ tubuh lainnya.

Nah, Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu semua, dan mohon maaf atas segala kesalahan perkataan yang terdapat pada artikel ini. nah jika bermanfaat jangan lupa untuk memberikan share artikel ini, dan jika ada solusi lain silahkan komentar di kolom komentar yang ada.
Loading...

0 comments: