10 Jenis Makanan dengan Kalsium Terbaik di Dunia

|

Hai sobat Danifin, Kalsium adalah salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita semua. Kebutuhan kalsium manusia per harinya adalah sampai 1200 mg. Fungsi dari kalsium ini adalah untuk menjaga kekuatan tulang dan dapat menambah tinggi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan khususnya pada masa pubertas. Di dunia ini banyak makanan atau minuman yang mengandung banyak kalsium. Tapi yang akan kita bahas adalah makanan ya... Nah, berikut ini adalah 10 makanan dengan kadar kalsium terbaik di dunia versi Danifin.

1. Keju


Makanan pertama yang mempunyai kandungan kalsium terbaik di dunia adalah keju. Makanan yang mempunyai rasa asin ini adalah produk hasil pengolahan susu lho. nah, karena berasal dari susu, nutrisi yang terkandung di dalamnya pun tidak jauh berbeda dengan bahan aslinya yaitu susu. Selain kalsium, keju juga mengandung vitamin, fosfor, protein, lemak serta mineral. Kamu dapat mencampurkan keju dengan bahan makanan lain sebagai menu makanan guna mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

2. Brokoli


Hayo pasti heran kenapa si brokoli masuk nominasi makanan yang mengandung banyak kalsium? Siapa yang menyangka jika sayuran seperti brokoli itu mengandung banyak kalsium malah bahkan terbaik ke 2 di dunia setelah keju. Sayuran hijau ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan untuk membuat sup atau salad. Kandungan kalsium yang terdapat dalam brokoli yaitu sejumlah 180 mg. Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, brokoli juga mempunyai banyak serat sehingga sangat baik untuk program diet kamu lho.

3. Yoghurt


Yang satu ini bisa dibilang sih makanan ya karena bentuknya yang agak padat, Kembali ke produk hasil olahan susu lainnya yang mengandung kalsium yaitu yoghurt. Yoghurt ini diperoleh dari pengolahan susu yang difermentasi, tapi berbeda caranya tidak seperti keju. Di zaman modern ini mengkonsumsi yoghurt sudah menjadi gaya hidup sebagian orang lho. Tak hanya mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, yoghurt juga mengandung mineral lain yang dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. nah buat kamu yang sembelit dan masih dalam masa pertumbuhan, cocok nih dikonsumsi.

4. Bayam


Selanjutnya ada bayam sebagai kalsium terbaik di dunia. Bayam yang biasa dimasak sebagai kuah sayur ini mudah dapat dan selalu ada di hampir semua pasar setiap harinya. Dengan pasokan yang melimpah, hal ini tentu memudahkan kamu untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh sehari- hari. Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam lebih tinggi dari brokoli yaitu sejumlah 200 mg.

5. Ikan Salmon


Dari jenis bahan makanan berupa ikan, terdapat ikan salmon sebagai sumber kalsium terbaik di dunia. Kalsium yang berada dalam setiap 3 ons daging ikan salmon cukup banyak yaitu 181 mg. Selain kalsium, kandungan lain dari ikan salmon yaitu omega 3 yang berguna untuk perkembangan otak, serta lemak tak jenuh (lemak baik) yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

6. Lobak


Kembali lagi ke sayuran sebagai sumber kalsium. Selanjutnya terdapat lobak yang masih tergolong ke dalam sayuran (umbi-umbian). Sayuran ini mempunyai kandungan kalsium yang hampir sama persis dengan bayam, yaitu sekitar 200 mg. Kamu dapat memasak sebuah lobak yang dicampur dengan sayuran lain untuk memenuhi gizi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Kacang Kedelai


Berikutnya ada kacang kedelai yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium harianmu. Kacang yang banyak dijual di pasar tradisional ini mempunyai kalsium yang sangat tinggi. Dalam setiap cangkir kacang kedelai yang telah di rebus terdapat sejumlah 261 mg kalsium. Apabila kacang kedelai diolah lagi menjadi susu, maka kandungan kalsiumnya akan bertambah menjadi lebih banyak yaitu sekitar 300 mg. Susu kedelai ini dapat menjadi solusi buat kamu yang alergi terhadap kasein dari susu sapi.

8. Biji Wijen


Masyarakat Indonesia mengenal biji wijen sebagai pelengkap makanan saja, misalnya sebagai taburan atau garnish. Banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata biji wijen mempunyai kandungan kalsium yang lebih tinggi dari kacang kedelai, yaitu sejumlah 280 mg setiap ons-nya. Apabila kamu termasuk penyuka biji wijen, kamu dapat membuat jajanan tradisional seperti onde- onde yang diberi banyak biji wijen di bagian kulit luarnya.

9. Oatmeal


Selanjutnya terdapat oatmeal sebagai sumber kalsium harian. Makanan dengan jenis sereal ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menerapkan pola hidup sehat. Kenapa? ini dikarenakan oatmeal mengandung banyak serat dan sangat baik untuk kesehatan fungsi jantung. Kandungan kalsium pada oatmeal memang tidak cukup tinggi ya sob, yaitu hanya 105 mg saja setiap mangkuknya, tapi cukup lah untuk tubuh kita.

10. Jeruk


Dari jenis buah-buahan, terdapat buah jeruk yang mengandung kalsium terbaik di dunia. Kalsium pada buah jeruk memang tidak lebih tinggi dari bahan makanan lainnya, yaitu hanya 65 mg saja. Namun si jeruk ini dapat membantu kamu untuk melengkapi kebutuhan kalsium tubuh. Selain kalsium, kandungan yang paling terkenal dari buah jeruk adalah vitamin C yang mampu membantu menjaga ketahanan tubuh.

Itu tadi sepuluh jenis makanan yang mengandung kalsium terbaik di dunia. Selain makanan- makanan yang sudah dijelaskan tadi. Kamu juga dapat mencoba sumsum tulang sapi, edamame, kacang almond, buah pisang dan sarden untuk mencukupi kebutuhan kalsium harianmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menerapkan pola hidup sehat.
Loading...

0 comments: