Mengapa Kita harus Mengimani Malaikat Allah SWT

|

Loading...
Mengapa Kita harus Mengimani Malaikat Allah SWT - Hai sobat Danifin, Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang paling taat dikarenakan setiap saat kehidupan mereka hanya dipergunakan untuk mengagungkan namaNYA. Malaikat Allah SWT harus diimani oleh semua muslim atau orang Islam karena itu termasuk ke dalam syarat untuk menjadi seorang Muslim yang tertera pada rukun iman. Sebenarnya sih jumlah malaikat Allah SWT itu tidak hanya 10 (Jibril, Mikail, Izrail, Israfil, Munkar, Nakir, Roqib, ‘Atid, Malik, Ridwan) saja lho, tetapi jumlahnya malah jauh melebihi yang kamu bayangkan. Ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa singgasana Allah itu dijunjung oleh para malaikat dan dikelilingi oleh lebih banyak lagi malaikat yang berthawaf di sekelilingnya, Subhanallah.

NAH, LANTAS KENAPA KITA HARUS MENGIMANI MALAIKAT YANG SAMA SAMA SATU MAKHLUK CIPTAAN TUHAN?


Mengimani malaikat bukan sekedar karena hal tersebut tertuang dalam 6 perkara iman atau rukum iman saja. Keimanan kita itu benar benar dibuktikan dengan cara mengimani malaikat. Jadi bukanlah soal percaya atau tidak percaya, tapi lebih menjurus kepada keyakinan yang sangat mendalam.

Nah, Inilah alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT. Perlu kamu ketahui, Tugas malaikat itu banyak lho, ada yang menjaga diri kita, mematikan makhluk bernyawa, memberi rezeki, mengatur hujan, mencatat amal perbuatan, menanyai saat di dalam alam kubur, dll. Nah di sinilah, totalitas keimanan kita tentang malaikat juga menjurus ke hal lain.

Contohnya saja dengan mengimani malaikat pencatat amal, akan membuat segala perbuatan kita lebih terhindar dari sikap buruk atau yang dibenci oleh Allah SWT. Atau dengan cara mengimani malaikat pencabut nyawa menjadikan kita akan selalu ingat kematian. Dapat juga dengan mengimani malaikat penanya di alam kubur, kita jadi mempersiapkan diri untuk menghadapi apapun.

Jadi, perkara mengimani malaikat ini tak sesederhana yang dilihat lho. Kita harus yakin bahwa semua gerak-gerik, aktivitas atau pergerakan kita, dan semua yang ada di jagad raya ini merupakan lingkup kekuasaan Allah SWT. Dan dari masing-masing ciptaannya tersebut ada makhluk Allah SWT yaitu malaikat yang mengatur tugasnya.

Kalau kita tak mengimani malaikat sebagai ciptaan-Nya, kita sudah pasti meragukan sang pencipta-Nya bukan? Nah, Maka dari itu, salah satu dari ke-6 rukun iman tidak boleh dipisahkan satu sama lainnya ya. Semua rukun harus berjalan beriringan terus-menerus agar dapat dicap sebagai orang yang beriman.

Dari pembahasan di atas, Jadi ada beberapa kesimpulan mengenai pertanyaan kenapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT. Diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Perintah Allah
  2. Bukti keimanan kita, karena merupakan salah satu rukun iman
  3. Kepercayaan kepada Allah
  4. Menjadikan keimanan secara totalitas
  5. Sarana pendekatan kita kepada sang Khalik
  6. Sarana penjauhan diri dari setiap amal keburukan


Itu saja beberapa alasan sekaligus jawaban mengapa kita harus mengimani malaikat ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Secara umum memang seperti itu, tapi apabila anda ingin mengkaji secara khusus, anda dapat menjabarkannya sendiri.

Nah, Jadi sudah jelas bukan, mengapa kita semua sebagai umat muslim wajib beriman kepada malaikat? Oke, Semoga penjelasan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman kamu ya. Terima kasih.

0 comments: