Ini Dia Alasan Kenapa Kucing Takut Timun, Penasaran?

|

Loading...
Hai Sobat Danifin, Kucing Takut Timun, Mitos atau Fakta? Kucing dan sayuran? Mungkin semua pecinta kucing tahu bahwa ini bukanlah sebuah kombinasi yang tepat karena tidak akan mungkin dapat bersatu seperti air dan minyak.


Kucing merupakan hewan karnivora yang tentunya tak akan pernah makan sayuran yang ada di sekitar mereka. Tetapi ternyata bukan hanya nalurinya saja yang tak mau/doyan sayur, kucing juga sangat takut lho dengan salah satu jenis sayuran unik yang berwarna hijau keputihan, berbentuk lonjong, dan sering dijadikan sebagai sayuran pelengkap ataupun sebagai lalapan dalam masakan sehari-hari kita, penasaran?

Ya, betul sekali, sayuran itu adalah timun. Ternyata hewan karnivora lucu ini takut sekali dengan timun.

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat video-video viral pendek yang beredar di SosMed atau Youtube dimana video pendek ini memperlihatkan pemelihara kucing yang sedang menakut-nakuti kucingnya hanya dengan sebuah timun. hanya timun? masa sih...

Ini dia Videonya Kucing Takut Timun


Sang pemilik pun meng-upload video tersebut ke sosial medianya. Apabila Anda pernah melihat videonya pasti Anda akan tahu apa saja hal yang terjadi di dalam video tersebut. Dari video tersebut diketahui bahwa kucing tersebut takut timun.

Video tersebutpun menjadi viral di Youtube dan di SosMed. Video kucing yang takut dengan timun membuat semua orang bertanya-tanya kenapa sih bisa kucing takut sekali sama yang namanya timun? Nah pada artikel kali ini akan membahas hubungan antara kucing dan timun tersebut.

Mungkin bagi Anda yang mempunyai kucing penasaran juga yah mengapa kucing takut mentimun yang tergeletak di lantai. Tentunya Anda penasaran apakah kucing memiliki alergi tertentu yang dapat menyebabkan dia takut pada timun atau mungkin ada penyebab lainnya.

Nah, Dugaan awal bagi para pecinta kucing adalah karena kucing merupakan hewan karnivora sehingga tentu saja tak suka dengan yang namanya timun. Sayuran bukanlah makanan pokok atau makanan yang cocok diberikan pada hewan karnivora seperti kucing. Tapi apakah benar dugaan ini?

Nah, Dugaan selanjutnya kenapa kucing takut mentimun adalah karena kucing alergi terhadap timun. Mungkin saja si kucing ini pernah mengalami trauma akibat timun atau kesakitan saat memakan timun, tapi pernah lihat kucing makan timun?

Tetapi tenang, itu semua masih menjadi dugaan orang awam. Berikut merupakan penjelasan dari ahli hewan.

Kenapa kucing takut timun? Dokter hewan menjawabnya!


Ada Beberapa sumber yang didapat dari beberapa ahli hewan, ternyata ada banyak pendapat tentang alasan dari kucing takut timun. Menurut Jill Goodman yang notabene seorang ahli behavioristik mengatakan kenapa kucing takut timun terjadi karena si kucing merasa terkejut dan reflek akan suatu stress pada hewan peliharaan.

Jill mengatakan bahwa perbuatan dari si pemilik kucing yang mengagetkan kucing dengan menggunakan timun itu tak baik untuk perilaku kucing kedepannya nanti.

John Bradshaw juga setuju dengan pendapat Jill Goodman.

Beliau yang merupakan seorang ahli behavioristik dari University of Bristol ini beranggapan bahwa hubungan antara kucing dan timun yang menyebabkan kucing ketakutan merupakan sebuah respon alami yang akan dilakukan oleh kucing saat ada benda yang membuatnya menjadi kaget.

Bradshaw beropini bahwa kucing merasa aneh saat melihat timun yang hanya diam saja di lantai.

Warna timun yang hijau itu mungkin dianggap kucing tersebut sebagai ular yang berbahaya bagi kucing. Jadi seperti itulah alasan kenapa  kucing takut dengan timun.

IFL Science akhirnya turut memberikan opininya tentang apa yang membuat kucing takut dengan timun. Sebenarnya respon kucing tersebut bukanlah pertanda bahwa kucing takut dengan timun.

Sebenarnya kucing hanya merasa kaget dan aneh akan sesuatu yang berada di sekitarnya secara langsung/tiba-tiba dan bahkan seperti sedang mengendap-endap di lantai juga. Kejadian tersebut bukan hanya terjadi pada timun saja, namun apapun yang sifatnya aneh dan tiba-tiba datang bagi si kucing.

Dr. Roger Mugford (Seorang dokter spesialis), juga ikut berpendapat bahwa reaksi kucing tersebut dapat terjadi karena si kucing tak berekspektasi bahwa ada timun yang berada di belakangnya karena kucing itu sangat fokus pada apa yang ada di depannya.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa takut kucing akan timun?

Nah, Sebagai seorang pecinta kucing tentu saja kita tak ingin reaksi spontan kucing kita akan berpengaruh buruk padanya.

Mungkin sih dalam video yang viral tersebut si kucing yang takut akan timun terlihat lucu dan menggemaskan sekali. Namun sayangnya hal itu dapat berakibat buruk bagi si kucing tersebut.

Kucing Anda akan semkain takut dan apabila stimulus sering terjadi berulang-ulang, dan apabila terlalu sering maka ketakutan tersebut akan direkam ke dalam memori si kucing selamanya, dan kucing tersebut akan menjadi penakut.

Kesimpulannya adalah, 

Jika kita membawa sesuatu yang baru ke dalam rumah maka hal tersebut akan berpotensi untuk menjadi sarana uji mental yang terbaik bagi kucing Anda.

Tetapi Anda juga harus ingat bahwa cara terbaik untuk mengenalkan hal-hal baru pada kucing itu bukan dengan cara membuat mereka merasa takut akan hal baru tersebut ya.

Walaupun memang tingkah kucing yang ketakutan membuat Anda tertawa, tetapi hal itu akan berakibat fatal seperti halnya sesuatu yang berbahaya lainnya seperti contohnya barang pecah belas ataupun piring yang terjatuh dan melukai kucing anda.

Kejadian tersebut dapat membuat kucing menjadi stres ataupun trauma. Hal seperti inilah yang akan terjadi berkepanjangan karena kucing memiliki memori/ingatan yang cukup baik.

Bila anda ingin mengenalkan benda baru kepada si kucing, sekiranya pilihlah hal atau benda yang positif bagi kucing anda ya.

Tentunya sekarang Anda sudah tahu kan mengapa kucing takut mentimun. Nah, Karena itulah jangan sering bercanda dengan kucing Anda secara berlebihan seperti itu, karena kucing Anda akan trauma terhadap suatu hal.

Anda dapat memberikan sesuatu benda yang bersifat edukatif atau mengajari sesuatu yang bersifat positif sehingga tak akan menyakiti dan membuat kucing anda trauma. Demikian artikel tentang kenapa kucing takut timun. Semoga bermanfaat bagi anda semua! dan jangan lupa sharenya..... 

0 comments: