Persyaratan Nikah Terbaru Tahun Ini

|

Loading...
Persyaratan nikah Terbaru - Hai sobat Danifin, Bagi Kamu yang mau menikah dan sedang cari tau untuk ngurus  Syarat nikah tetapi masih bingung apa saja sih syaratnya untuk menikah, Nah Kamu baca artikel ini sampai tuntas ya.... karena di sini saya akan berbagi informasi dan menjelaskan mengenai berbagai syarat menikah secara jelas dan gamblang.

Mengurus surat nikah itu sebenarnya sih gampang-gampang susah lho tetapi sebenernya mudah lho yang paling penting adalah kita mengetatahui langkah-langkahnya atau prosedurnya. Nah, Langsung saja yuk simak artikel berikut ini tentang syarat-syarat nikah terbaru di tahun ini.

Nah, Dalam mengurus surat nikah memang untuk sebagian orang yang sibuk dengan aktifitasnya merupakan hal yang cukup merepotkan padahal sebenarnya sih mudah kalau mau diurus sendiri.

Dalam mengurus surat nikah point penting yang harus diperhatikan pertama kali adalah kelengkapan data dari masing-masing calon pengantin yang akan menikah tentunya, masa nikah ngga ada datanya, he he he.....

Biaya Nikah di KUA

Nah, Berdasarkan PP NO 48 Tahun 2014 dan PMA NO : 24 Tahun 2014 biaya nikah itu adalah GRATIS di kantor KUA selama jam dan hari kerja. Juga untuk daerah yang terkena bencana, dan bagi orang yang tak mampu dengan disertai bukti Surat Keterangan Tidak Mampu yang diketahui oleh Camat.
Nah, Sedangkan Biaya nikah di luar kantor KUA Biaya nikah adalah sekitaran Rp 600.000
Apa saja syarat nikah yang diperlukan.
Mengurus surat nikah melalui 3 tahap yaitu : RT/RW, Kelurahan, Kecamatan.
Selanjutnya, Membuat surat keterangan dari RT/RW sesuai domisili anda. Serta Surat keterangan dari tempat tinggal setempat RT/RW, Fotocopy KTP Kedua calon pengantin, Fotocopy Kartu Keluarga, Surat pernyataan belum menikah serta membawa materai 6000.

Langkah selanjutnya adalah mengurus ke kelurahan


Nah, Setelah mendapat surat pengantar dari RT/RW Langkah selanjutnya adalah ke Kelurahan. Nah, Ini yang akan kamu urus di kelurahan yang pertama bawalah semua surat keterangan mulai dari  RT/RW serta persyaratan lainya seperti Fotocopy KTP, KK dan Foto.

Background Foto untuk buku nikah


Nah, Berdasarkan keputusan dari dirjen bimas Islam nomor DJ.II/1142/2013 untuk Pas photo kutipan buku nikah adalah berlatar belakang/background berwarna BIRU.

Nah kamu tinggal Siapkan Foto terbaik kamu dengan ukuran 2X3 dan 3X4 masing-masing sejumlah 6 lembar, dengan berlatar belakang foto berwarna biru.

Di kelurahan kamu akan mengurus surat N1, N2, N4.


Kenapa tidak ada surat N3 ? Karena N3 itu merupakan surat keterangan kalau sudah menikah jadi didapatnya setelah kamu sudah resmi menikah ya, surat tersebut sebagai tanda bahwa pasangan tersebut sudah resmi menjadi pasangan suami istri.

Dan Langkah ke-3 adalah menuju ke KUA kecamatan


Calon pengantin datang langsung ke KUA Kecamatan untuk mendaftarkan Pernikahannya, dengan membawa persyaratan nikah sebagai berikut:


  1. Surat keterangan untuk nikah (model N1),
  2. Surat keterangan asal-usul (model N2)
  3. Surat keterangan tentang orang tua (model N4),
  4. Surat pemberitahuan kehendak nikah (model N7) apabila calon pengantin berhalangan (ada kepentingan), pemberitahuan nikah bisa dilakukan oleh wali atau wakilnya.
  5. Surat izin pengadilan apabila tak ada izin dari orangtua/wali.
  6. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar untuk masing - masing calon
  7. Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang masih berumur di bawah 19 tahun dan bagi calon isteri yang masih berumur di bawah 16 tahun.
  8. Bagi anggota TNI/POLRI membawa surat izin dari atasan masing-masing.
  9. Surat izin Pengadilan bagi suami yang hendak beristri lebih dari satu orang
  10. Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989.
  11. Surat keterangan tentang kematian suami/istri yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah atau pejabat berwenang yang menjadi dasar pengisian model N6 bagi janda/duda yang akan menikah.

Biaya Nikah Resmi KUA

Nah, untuk Biaya Nikah resmi di KUA adalah GRATIS kecuali di luar kantor KUA maka  Biaya nikah adalah sebesar Rp 600.000.

Demikian Persyaratan Nikah Lengkap di KUA tahun 2017 terlengkap dan terbaru berdasarkan berbagai informasi yang saya dapatkan langsung sumbernya dari kantor kelurahan, dan KUA setempat, semoga bermanfaat bagi anda atau teman bahkan saudara yang ingin menikah. jangan lupa share ke teman kamu yang masih jones ya......

0 comments: