Cara Mengecek Fitur Auto Cut Off pada Baterai Laptop

|

Loading...
Hai sobat Danifin, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang cukup penting, yaitu cara mengecek fitur auto cut off pada laptop terutama laptop merk acer kalau laptop lain monggo dicoba. sebenarnya fitur ini jarang diketahui oleh banyak orang lho, padahal kalau kita fungsi tahu dari fitur auto cut off ini sangat penting dan bermanfaat lho gan bagi laptop. Jadi mari kita simak artikel kali ini:

Sebelumnya sudah tahukah agan atau pernah mendengar apa itu fitur auto cut off pada laptop?

Fitur auto cut off pada baterai laptop adalah fitur yang berfungsi untuk mencegah overcharger atau kelebihan charger pada laptop serta berfungsi memutus arus listrik ke baterai apabila baterai sudah penuh, dengan adanya fitur auto cut off maka daya baterai yang sudah terisi full atau penuh akan berhenti dicharge dan arus listrik akan dialirkan langsung ke dalam adaptor.

Jadi untuk kamu yang bekerja atau bermain laptop sambil ngecas kamu tidak usah khawatir lagi akan terjadi overcharger pada laptop agan ketika menggunakannya. Nah, Seperti yang kita ketahui bahwa bila tidak ada fitur auto cut off pada laptop maka tak disarankan untuk menggunakannya sambil di charger, karena beresiko penurunan cell baterai laptop, sehingga memperpendek umurnya.

Nah, bagi pengguna acer saat ini sudah tidak risau lagi karena dengan adanya fitur auto cut ini dapat membantu menstabilkan kondisi pada baterai laptop agan. Nah, Saya juga menggunakan laptop acer tentunya dengan fitur auto cut off sehingga aman walaupun dipakai main sambil dicharger.

Nah, bagaimana cara mengetahui fitur auto cut off pada laptop asus? ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui adanya fitur auot cut off, Mari simak cara-cara berikut ini.

Cara manual:

* Yang pertama yang kamu lakukan adalah charger (cas) laptop kamu sampai baterainya penuh. Kemudian setelah penuh jangan cabut dulu chargernya, arahkan pointer mouse kamu ke logo baterai yang ada di sebelah kiri pojok bawah, lalu klik. Nah disana kamu akan melihat tulisan "plugged in, not charger" yang artinya adalah baterai sudah penuh dan aliran listrik ke baterai sudah terputus dan di alihkan ke adaptor. Jadi baterai dapat istirahat karena tidak di ambil dayanya oleh penggunaan laptop.


Menggunakan aplikasi


Apabila kamu masih kurang yakin dengan langkah pertama, maka silahkan membuktikannya lagi dengan langkah yang kedua menggunakan aplikasi battery care.


  1. Download dulu aplikasi battery care disini
  2. Install aplikasi tersebut, lalu buka (klik 2x) dan pilih tab detailed information, seperti pada gambar dibawah ini. ayo coba dilihat


Coba kamu lihat pada kotak berwarna merah dengan tulisan "charge/discharge rate: 0 W" indikasi 0 W menyatakan bahwa tak ada daya lagi yang masuk ke dalam baterai laptop karena baterai laptop tersebut sudah terisi penuh 100%.

Nah bagaimana gan ? sudah ngerti kan cara mengecek fitur auto cut off pada baterai laptop. Oke demikianlah artikel yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat buat kamu semua.

0 comments: