Kekurangan dan Kelebihan VPS Managed dan Unmanaged

|

Loading...
Hai sobat Danifin, Point penting yang wajib kamu pertimbangkan saat kamu ingin membeli sebuah VPS adalah jenis VPS apa yang akan kamu beli, apakah jenis VPS Managed ataupun jenis VPS Unmanaged.

Bagi orang awam pasti bingung, apa sih perbedaannya? Nah, yang dimaksud dengan VPS managed sendiri adalah VPS yang kita sudah tingal pakai saja, soal install dan urus server pihak penyedia VPS yang akan menanganinya. kamu tidak perlu install A, B, C, D dan seterusnya untuk dapat menggunakan VPS tersebut sebagai web hosting misalnya sebagai mail server, dns hosting dan lain sebagainya.

Sedangkan kalau VPS unmanaged merupakan kebalikan dari VPS managed tadi. VPS jenis Unmanaged tak ada campur tangan pihak penyedia VPS dan membutuhkan proses installasi serta konfigurasi terlebih dahulu sebelum dapat kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan.

Contohnya saja saat kamu ingin menggunakannya untuk keperluan pembuatan web, maka kamu harus menginstall dan mengkonfigurasi web server (apache, nginx, dll), Database (mysql, maridb dll), PHP dan sebagainya. Begitupun saat kamu ingin menggunakannya sebagai mail server, maka kamu wajib menginstall dan mengkonfigurasi aplikasi seperti postfix, dovecot dan lain sebagainya. Ribet ya?

Ya, cukup ribet memang. Apalagi jika kamu sebelumnya belum pernah mengutak-ngatik server sama sekali sebelumnya (terutama linux). Bisa-bisa nanti kamu malah buang-buang uang buat beli VPS tapi VPSnya tidak digunakan sama sekali. Rugi dong kalau begitu jadinya.

Nah oleh karena itulah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli VPS, sebaiknya kamu pertimbangkan matang-matang dulu, apakah mau membeli VPS managed atau VPS unmanaged.

Untuk mempermudah kamu dalam menentukan pilihan jenis VPSnya, berikut admin berikan informasi kekurangan dan kelebihan VPS managed dan unmanaged yang admin ketahui :

VPS Managed


Kelebihan


  1. Dapat langsung dipakai.
  2. Simple dan mudah sekali dalam peoperasiannya.
  3. Biasanya sudah termasuk panel berbayar seperti Cpanel.
  4. Terdapat layanan support siaga 24 jam jika VPS ada masalah atau error.

Kekurangan

  1. Harga mahal
  2. Tidak bisa belajar sendiri cara mengutak-atik VPSnya.


VPS Unmanaged


Kelebihan


  1. Harga murah ketimbang yang managed (sangat murah), karena kita tak perlu menyewa orang mengurus server kita.
  2. Cocok bagi yang lagi belajar ngutak-ngatik/ngoprek VPS sendiri.
  3. Bebas memilih dan install panel serta aplikasi sesuka hati.

Kekurangan

  1. Ribet dan perlu usaha keras untuk install dan konfigurasi berbagai macam aplikasi, harus googling sana sini.
  2. Jika terdapat error, kamu cari tahu dan harus dibenerin sendiri. Kecuali jika VPS tidak bisa diakses, kamu dapat meminta bantuan ke seller.

Itulah beberapa poin kekurangan dan kelebihan VPS Managed dan Unmanaged yang admin ketahui. Intinya menurut admin, jika kamu belum menguasai bagaimana cara menggunakan dan mensetting VPS, sebaiknya pilih saja VPS managed. Akan tetapi jika kamu sudah menguasai atau ingin belajar menggunakan dan setting VPS sendiri, silahkan kamu pilih saja VPS Unmanaged

Oh iya, jika kamu mau membeli VPS, selain harus memperhatikan jenis VPS seperti yang admin jelaskan diatas, juga kamu wajib memperhatikan point-point penting lainnya seperti contohnya: spesifikasi VPS, OS (Operating System) serta lokasi/letak server VPSnya. Perlu kamu ketahui juga, lokasi server VPS dapat mempengaruhi speed VPSnya loh.

0 comments: