Cara Membuat VPS di Vultr

|

Loading...
Hai sobat Danifin, Tahu Vultr? Vultr sendiri merupakan penyedia layanan cloud server seperti saingannya yaitu Digital Ocean, Lightsail, Linode, dan lain-lain.
membuat VPS Vultr
vultr.com


Hingga post ini dibuat (30 September 2017), Vultr sudah menyediakan sekitar kurang lebih ada 15 lokasi datacenter yang tersebar di berbagai negara, antara lain:

  • London, UK (United Kingdom)
  • Paris, FR (France)
  • Amsterdam, NL (Netherland)
  • Frankfurt, DE (Denmark)
  • Singapore, SG (Singapore)
  • Tokyo, JP (Japan)
  • Sydney, AU (Australia)
  • Seattle, US (United States)
  • Silicon Valley, US (United States)
  • Los Angeles, US (United States)
  • Dallas, US (United States)
  • Chicago, US (United States)
  • Atlanta, US (United States)
  • Miami, US (United States)
  • New Jersey, US (United States)


Dapat anda lihat, Dengan banyaknya varian datacenter ini, pengguna dapat memilih lokasi server mana yang dirasa paling dekat / optimal dengan posisi/negaranya atau yang paling dekat dengan target visitor websitenya.


Persiapan


Pertama-tama, Anda buat akun Vultr terlebih dahulu sebelum melanjutkan tutorial, bila anda belum mempunyai akunnya dapat membuatnya di sini. Kalau sudah buat jangan lupa isi saldonya yah. Pembayarannya bermacam-macam mulai dari kartu kredit, paypal, alipay, gift code, bahkan sekarang sudah tersedia pembayaran melalui bitcoin lho.


Tutorial membuat VPS di Vultr


Pertama-tama, anda login terlebih dahulu ke akun Vultr anda, apabila sudah login, anda akan masuk ke dalam dashboard Vultr anda.

Klik Servers pada menu sidebar di samping kiri. Di Vultr, untuk akun baru anda dapat membuat VPS lebih dari 1 namun ada batasannya yaitu maksimal hanya 10 vps saja, dan setiap VPS yang telah anda deploy/buat nantinya akan ditampilkan pada halaman Servers ini.

Oke langkah selanjutnya, anda klik tombol “+” (Deploy New Server) di pojok kanan atas untuk deploy atau membuat VPS baru.


Kemudian, Anda pilih lokasi server dimana VPS anda akan dibuat, kali ini saya akan membuat VPS yang berlokasi di New York, karena blog saya kebanyakan blog bule, jika target visitor indonesia jangan khawatir tidak ada server indonesia, karena anda dapat memilih server singapore yang bedekatan lokasinya dengan indonesia.


Nah langkah selanjutnya yaitu memilih Sistem Operasi (OS) untuk VPS anda, di sini saya memilih memakain VPS dengan Sistem Operasi (OS) Ubuntu 14.04 64 bit, karena saya terbiasa menggunakan OS ini untuk menginstall wordpress menggunakan server pilot. Kembali ke topik, Jika anda perhatikan pada pilihan OS di atas, Vultr mempunyai lebih banyak pilihan Sistem Operasi dibandingkan Digital Ocean lho.


Digital Ocean tidak mempunyai pilihan OpenBSD dan Windows untuk sistem operasi yang dapat digunakan di VPSnya. Selain itu juga, Vultr juga sudah mendukung Upload Custom ISO, sehingga memungkinkan anda menjalankan sistem operasi yang tidak terdapat di listnya, misalnya menginstall windows 7 untuk dijadikan RDP.

Catatan: untuk sistem operasi Windows sementara ini hanya ada untuk versi Windows Server 2012 R2 serta Windows Server 2016. Untuk kedua sistem operasi tersebut dapat dikenakan biaya US$ 16 / bulan, cukup mahal.

Selain sistem operasi (OS), Vultr juga menyediakan pilihan untuk menginstall aplikasi yang dapat langsung anda gunakan di VPS anda. Nah, Untuk cPanel dikenakan biaya sebesar US$ 15/bulan, kalau untuk blog pribadi saya rasa mubazir.

Selanjutnya, anda pilih ukuran server yang diinginkan. Nah, ini nih yang paling saya sukai dari Vultr, yaitu adanya paket VPS hemat seharga hanya US$ 2.5/bulan atau bila dikonversikan ke Rupiah ($1=Rp.13.700) yaitu sekitar Rp. 34.250,-/bulan. Daripada shared hosting pro lebih murah ini kan? Tetapi sayangnya paket ini sementara sedang tidak tersedia untuk server lain selain server New York, kalau adapun kita harus siap rebutan dengan user lain karena stoknya terbatas, he he he. Server dimulai dengan harga paling rendah $2.5 dan maksimal $640, tentunya semakin mahal, semakin besar pula spesifikasi server VPSnya.


Ok, selanjutnya dibagian Additonal Features (fitur Tambahan), anda dapat mengaktifkan ataupun nonaktifkan fitur tambahan dari VPS anda. Next, anda dapat menambahkan Startup Script dan SSH Keys apabila memang dibutuhkan.

Langkah terakhir anda masukkan Server Hostname dan Label.


Nah pada bagian ini, anda dapat membuat lebih dari 1 server dengan spesifikasi yang sama seperti yang kamu buat tadi dengan memasukkan jumlah quantity yang diinginkan. Tapi perlu diingat Vultr hanya membatasi 10 server saja ya untuk akun baru, jika ingin menambah limitnya anda dapat menghubungi Customer Service Vultr untuk menambah limit jumlah VPS anda. Apabila sudah klik tombol Deploy Now untuk membuat VPS anda. Tunggu sampai proses pembuatan VPSnya selesai dan Selamat anda telah berhasil membuat VPS di Vultr. Semoga berguna.



Description: Hai sobat Danifin, Tahu Vultr? Vultr sendiri merupakan penyedia layanan cloud server seperti saingannya yaitu Digital Ocean, Lightsail, Linode, dan lain-lain.

Rating: 5 out of 5

0 comments: