Berbagai Informasi Mengenai VPS

|

Loading...
Hai sobat Danifin, pada kesempatan ini saya akan membahas informasi menarik tentang VPS, mari disimak dengan baik ya...
apa itu VPS


1. Apakah VPS itu sering sekali down, seperti shared hosting yang sering diberhentikan aksesnya oleh admin karena memakan resources server?

Sebenarnya sih tergantung pihak penyedia VPSnah, biasanya dalam 1 bulan VPS akan mengalami down dalam beberapa menit untuk maintenance, dan maintenance ini juga tergantung dari penyedia jasanya, ada yang rutin, ada juga yang tidak rutin di maintenance.penyebab down bukan hanya itu, bisa jadi karna adanya gangguan network di data center tempat server VPS tersebut berada, sehingga vps tidak bisa kita akses.Nah, penyebab lainnya adalah dari sisi koneksi kita, misalnya gangguan jaringan, traffik tinggi, atau dns yang nggak mau resolve (penyakit isp lokal)selain itu, dapat juga diakibatkan oleh script yang meload melebihi batasnya, misalnya memori cuma 512mb, eksekusi script sampai menghabiskan memori lebih dari 512mb, maka nantinya akan overlimit, dan hang pada akhirnya, Nah, tunggu aja beberapa menit nanti VPS dapat diakses lagi, atau cara cepatnya restart vps anda.

2. Apakah VPS butuh pengetahuan tentang linux, untuk penginstallan OS, root access, dsb ?? 

Yap, anda benar, seminimal mungkin kamu harus tau perintah-perintah dasar yang ada pada linuxMengapa?Meskipun misalnya kita sewa VPS managed yang dikelola pihak penyedianya nih kan ada kalanya si yang manage vps kita sulit di hubungi, padahal lagi butuh-butuhnya dan dalam keadaan urgent apapun harus dilakukan, untuk menyelamatkan kelangsungan hidup VPS kita, klo tidak bisa drop visitornya klo VPS digunakan untuk blog sampai terjadi kendala.

3. Nah, Yang Terakhir nih, dan mungkin juga sudah sering dibahas di forum-forum. VPS mana yang tidak terlalu mahal ( tapi bukan berarti murahan ya ) tetapi bagus dan mudah digunakan? 

Sebenarnya gampang-gampang sulit menilai VPS yang bagus itu yang mana, karena saya pun masih mencari cari yang bagus tapi murah, wkwkwk Ngarep banget, Nah, Sebelum kamu mencari VPS alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu tentang Virtualisasi Server.Virtualisasi VPS itu berbeda beda, ada yang pakai OpenVZ, ada pula yang menggunakan XEN, ada juga yang menggunakan Virtuozzo, ataupun software yang lain. Untuk saat ini saya menggunakan VPS Vultr yang menggunakan KVM sehingga resources stabil, cukup murah dan stabil menurut saya. Cara Membuat VPS di Vultr


Setelah kita beli VPS nantinya kita diberi login kontrol panel untuk mendestroy, menghidupkan, atau mereset kembali server VPS kita, dan juga kita nanti diberikan password untuk akses root SSH untuk VPS yang tadi kita buat.
Nah untuk kontrol panel VPS berbeda, dan tidak sama kontrol panel hosting, Nah, untuk kontrol panel hosting kita harus install sendiri (ada yang gratis ada pula yang lisensinya bayar), atau lewat penyedia VPS kalau VPS anda managed.

0 comments: