Cara Membaca Mikrometer Sekrup

|

Loading...
Hai sobat danifin, Bagaimana Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Sekrup? Bingung? Jika kamu membutuhkan jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu adalah orang beruntung, sebab disini ada informasinya, Nah, silahkan kamu membaca tulisan ini sampai selesai maka kamu akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara membaca mikrometer sekrup ada baiknya kamu membaca tulisan ini mengenai apa itu mikrometer sekrup.

Pengertian Alat Ukur Mikrometer Sekrup

Pengertian Alat Ukur Mikrometer Sekrup adalah suatu Alat Ukur yang dapat digunakan untuk mengukur Panjang dari suatu Benda, mengukur Tebal dari sebuah benda serta dapat mengukur Diameter Luar sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01. Namun perlu kalian ketahui sebagai Pelajar maupun Masyarakat Umum bahwa Fungsi dari Alat Ukur Mikrometer ini sebenarnya mempunyai kesamaan dengan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong lho dalam menghitung suatu panjang, tebal dan diameter sebuah benda, hanya saja yang membedakannya ialah tingkat ketelitian Alat Ukur Mikrometer lebih tinggi sepuluh kali lipat daripada tingkat ketelitian Jangka Sorong disebabkan karena Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian sebesar 0.1 dan Ketelitian Alat Ukur Mikrometer mencapai 0.01 Nah, sehingga dapat diambil kesimpulan, Micrometer Sekrup lebih baik daripada Jangka Sorong.

Setelah kamu selesai membaca tulisan di atas, Ayo kita langsung saja lihat pokok pembahasan silahkan kamu simak baik-baik:

Skala Pembacaan dari Mikrometer Sekrup

Skala pada mikrometer dibagi menjadi dua jenis:

1. Skala Utama,
Yang pertama adalah Skala Utama, Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang terdapat pada bagian atas. Serta nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian bawah.

2. Skala Putar atau skala nonius
Selanjutnya adalah skala putar, Yang terdiri atas skala 1 sampai dengan skala 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1 kali putaran maka skala utama akan bertambah 0,5 mm. Nah, Sehingga dari logika tersebut dapat diperoleh 1 skala putar sejumlah = 1/100 mm = 0,01 mm.

Berikut ini adalah cara membaca mikrometer sekrup, Silahkan anda simak dengan baik-baik:

Cara membaca mikrometer sekrup


  1. Pertama, Posisikan mikrometer sekrup searah dengan pandanan sehingga kita dapat melihat dengan jelas skala hasil pengukuran.
  2. Setelah itu, bacalah skala utama pada mikrometer sekrup. Lihat Pada bagian atas garis menunjukan angka bulat dalam mm contohnya 1 milimeter, 2 milimeter dan seterusnya. Nah, Sedangkan pada garis skala di bagian bawah menunjukan bilangan 0,5 milimeter.
  3. Nah, Coba kamu perhatikan gambar di atas, Mari kamu baca hasil pengukuran di atas bersama-sama. Dari gambar di atas, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukan 0,5 mm, Jumlahkan kedua hasil di atas maka skala utama pada mikrometer di
  4. atas menunjukan angka 5,5 mm.
  5. Lalu, bacalah skala nonius atau skala putarnya yaitu garis berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Ingat ya bila setiap satu garis di skala nonius menunjukan 0,01 milimeter. Nah, Pada gambar di atas, skala nonius menunjukan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm.
  6. Terakhir, Jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. Sehingga dari gambar seperti di atas diperoleh hasil pengukuran 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.


Nah, Itulah artikel mengenai pembhasan tentang cara membaca mikrometer sekrup, Mudah bukan? semoga bermanfaat bagi semua, Oke, Jika terdapat kesalahan pembahasan cara membaca mikrometer sekrup  mohon kritik dan sarannya yah di komentar.

0 comments: