Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

shares |

Loading...
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder - Hai sobat danifin, tau nggak apa bedanya baking powder dan baking soda? Untuk orang-orang yang profesinya di bidang kuliner terutama para produsen kue dan pastry seperti cake, martabak, cookies dll., baking powder dan baking soda mungkin sudah tak asing lagi ya. Nah, Kedua bahan tersebut dipergunakan saat mereka hendak membuat adonan kue, kadang kala digunakan secara bersamaan dan kadang juga hanya sekedar digunakan salah satunya saja. Baking soda dan baking powder sekilas memang hampir sama dari namanya yang mirip, dan memang kegunaannya juga memang sama, yaitu untuk bahan pengembang. Jika anda sering memakan kue dan memperhatikan teksturnya, rongga-rongga yang terbentuk di dalam sebuah kue tersebut merupakan hasil kerja dari pengembang kue ini lho.


Pengembang kue sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, ada yang bekerja secara organik dan ada pula yang bekerja secara kimiawi. Untuk pengembang kue yang bekerja secara organik, pengembang tersebut melibatkan bantuan mikroorganisme seperti kapang, yang biasanya ada pada ragi. Kapang tersebut memfermentasi bahan makanan yang terdapat dalam adonan tersebut lalu menghasilkan gas karbon dioksida atau CO2. Namun, disini kita tidak akan membahas lebih lanjut tentang ragi, melainkan pengembang yang bekerja secara kimiawi. Walaupun hasil dari proses kerja pengembang itu sendiri ternyata sama saja yaitu karbon dioksida, prosesnya ternyata sama sekali berbeda lho.

#Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

  • Baking Soda.

Baking soda atau yang sering disebut oleh tukang roti juga sebagai soda kue adalah sodium bikarbonat murni atau tidak memiliki campuran bahan-bahan lain. Soda kue yang tidak lain merupakan sodium bikarbonat yang akan bereaksi dengan asam dan membentuk gelembung-gelembung gas karbon dioksida di dalam adonan kue. Asam yang dimaksud di sini adalah asam lemah ya bukan asam kuat, yaitu asam yang terkandung dalam bahan pembuat kue atau adonan-adonan seperti misalnya susu, coklat, yoghurt, dan mentega.  Reaksi yang terbentuk oleh bahan-bahan tersebut relatif cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu adonan yang sudah diberi baking soda harus sesegera mungkin cepat diproses ke tahapan berikutnya yaitu dipanggang atau dikukus. Jika tidak, pencampuran nantinya akan berakhir sia-sia dan kue tidak akan mengembang secara sempurna.

Penggunaan baking soda biasanya dikhususkan untuk membuat kue dengan campuran yang cukup beragam dan diantaranya mempunyai bahan yang bersifat atau mengandung asam. Pencampuran biasanya dilakukan disaat sebelum adonan dioven atau dikukus. Karena baking soda terbuat dari sodium bikarbonat murni, rasa yang diperoleh pada hasil akhir memang cukup signifikan ya yaitu cenderung pahit jika penggunaannya berlebihan. Maka dari itu, takaran penggunaan harus sebisa mungkin diminimalisir dan tidak berlebihan, memang disini diperlukan pengalaman yang lama untuk menghasilkan kue yang mengembang sempurna tetapi tidak meninggalkan rasa pahit dari baking soda.

  • Baking Powder.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baking powder sebenarnya terbuat dari bahan yang sama dengan soda kue lho. Tapi Bedanya, baking powder memiliki sodium bikarbonat yang sudah tercampur dengan Sodium Asam Pirofosfat dan pengemulsi. Di sini terdapat Sodium Asam Pirofosfat yang kandungannya bersifat asam lemah, sehingga walaupun adonan tersebut tidak mengandung bahan yang bersifat asam, kue akan tetap mengembang dengan sempurna jika prosedur pembuatannya tepat. Kelebihan dari baking powder adalah tidak menghasilkan rasa yang signifikan pada kue dikarenakan kadar sodium bikarbonat-nya lebih rendah dibandingkan dengan soda kue.

Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut ini:
Perbedaan
Baking Powder
Baking Soda
·   Walaupun adonan tersebut tidak mengandung bahan yang bersifat asam, kue akan tetap mengembang dengan sempurna
·   Tidak menghasilkan rasa yang signifikan pada kue
·   Cenderung pahit jika penggunaannya berlebihan
·   Untuk membuat kue dengan campuran yang cukup beragam dan diantaranya mempunyai bahan yang bersifat atau mengandung asam

Nah itu saja Perbedaan Antara Baking Soda dan Baking Powder, jika ada yang belum paham anda bisa berkomentar dibawah ini.

 

0 comments: