6 Tips dan Triks Menghadapi Musim Pancaroba

|

Loading...
Tips dan Triks Menghadapi Musim Pancaroba - Musim pancaroba datang lagi, umumnya memasuki pertengahan tahun biasanya juga memasuki musim pancaroba. Tetapi kenyataanya di tahun-tahun belakangan ini, musim pancaroba menjadi tidak pasti lagi waktunya karena musim pancaroba datangnya hampir mendekati akhir tahun. Dan Seperti sekarang ini misalnya, pada siang hari matahari sangat terik sehingga suhu terasa amat panas, namun dari panas tersebut bisa tiba-tiba menjadi hujan dan udara menjadi terasa lebih dingin. Oleh sebab itu kita harus punya tips dan triks menghadapi musim pancaroba ini agar kondisi tubuh kita tetap fit dan sehat.
Selama musim pancaroba, kita harus mewaspadai kemungkinan terjadinya penyakit yang sering terjadi di musim ini. Bagaimanapun juga, perubahan cuaca yang tiba-tiba tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras untuk menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itupula sistem imunitas pada tubuh kita juga berkurang, sehingga banyak orang yang sakit di musim pancaroba. Penyakit-penyakit yang sering menyerang dimusim pancaroba misalnya, flu, batuk, pilek, demam, gangguan pencernaan seperti diare daan tifus. Lalu bagaimana persiapan kita menghadapi musim pancaroba ini? Berikut beberapa tips dan triks menghadapi musim pancaroba, diantaranya yaitu :


1. Konsumsi makanan bergizi


Nah, Untuk menjaga daya tubuh agar tetap stabil, selain dapat diperoleh dari makanan yang cukup porsi/jumlahnya, makanan tersebut juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu ; karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

2. Istirahat yang cukup


Sering begadang? Kurangi begadang mulai dari sekarang. Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menghadapi musim pancaroba. Karena kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur yang cukup sekitar 6-8 jam sehari akan membantu pemulihan daya tahan tubuh.

3. Rutin Berolahraga 




Usahakan olahraga secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu selama 30 menit. Pilihlah olahraga yang sifatnya aerobik seperti, jogging, senam, lari di treadmill, bersepeda atau sekedar berjalan kaki di lingkungan sekitar Anda.

4. Konsumsi suplement


Tak hanya nutrisi dari makanan, Suplement tambahan tentu diperlukan, terutama dimusim pancaroba seperti sekarang seperti vitamin C, Zinc, dan Enchinacea adalah sebagian dari suplement yang telah terbukti mampu meningkatkan daya tubuh kita. Yang penting adalah pilihlah suplement yang tepat dan minumlah sesuai dengan kebutuhan.

5. Hindari Stress


Stress....Mendengarnya sudah tak asing lagi ya. Memang di zaman sekarang ini susah sekali untuk menghindari stress. Namun jika kita bisa mengelola stress dengan tepat, tentu kita akan terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang dan semua itu sangat mempengaruhi daya tubuh kita.

6. Perbanyak minum air putih


Untuk minum, Kurangi minum-minuman dingin dan usahakan perbanyak konsumsi air putih usahakan dalam suhu normal, minimal 8 gelas sehari. Karena minuman dingin bisa menurunkan daya tubuh kita disaat terjadi perubahan cuaca.

Setiap orang tentu berbeda-beda sistem kekebalan tubuh atau imunnya, ada yang terpengaruh dan ada yang tidak terpengaruh dengan musim pancaroba. Dengan mengetahui tips dan triks menghadapi musim pancaroba, tentu akan lebih membantu kita menghindari penyakit yang sering terjadi dimusim ini. Karena penyakit ini menyerang siapa saja tanpa pandang bulu baik anak-anak ataupun orang tua, oleh sebab itu tetap jaga kesehatan agar bisa melewati musim pancaroba tanpa ada gangguan penyakit apapun. Nah semoga dengan adanya artikel ini anda semua dapat mencegah penyakit di musim pancaroba.

0 comments: