Soal dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus SMA SMP K-13 dan KTSP

|

Loading...
Materi Soal dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus SMA SMP K-13 dan KTSP - sobat Danifin, Pada Artikel yang anda baca pada kesempatan kali ini dengan judul Materi Soal dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus SMA SMP K-13 dan KTSP, admin telah mencoba mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasinya. mudah-mudahan isi dari artikel saya ini, yang sudah dipersiapkan dan kami tulis ini dapat bermanfaat. Selamat membaca, jangan lupa SHARE dan Bookmark artikel ini agar mudah mencari artikel ini.


PERSAMAAN GARIS LURUS


Dalam Matematika, Volume 1, persamaan seperti

2x + y = 6

ditetapkan sebagai persamaan linear, dan grafik mereka terbukti garis lurus. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk mempelajari hubungan lereng dengan persamaan garis lurus.

POINT-LERENG FORM


Misalkan kita ingin mencari persamaan garis lurus yang melewati titik yang dikenal dan memiliki kemiringan yang dikenal. Biarkan (x, y) merupakan koordinat dari setiap titik pada garis, dan biarkan (x ,, y,) mewakili koordinat titik yang diketahui. Kemiringan diwakili oleh m.

Mengingat rumus menentukan kemiringan dalam hal koordinat dua titik, kita memiliki

Rumus

CONTOH: Tentukan persamaan garis yang melewati titik (2,3) dan memiliki kemiringan 3.

SOLUSI:

solusi
Bentuk titik-lereng dapat digunakan untuk mencari persamaan garis melalui dua titik yang diketahui. Nilai-nilai x ,, x2, y ,, dan Y2 yang pertama kali digunakan untuk mencari kemiringan garis; maka titik baik dikenal digunakan dengan kemiringan dalam bentuk titik-lereng.

CONTOH: Tentukan persamaan garis melalui titik-titik (- 3,4) dan (4, - 2).

SOLUSI:
Answer


Membiarkan (x, y) merupakan titik pada garis dan menggunakan (- 3,4) sebagai

Answer


Menggunakan (4, - 2) sebagai titik yang dikenal juga akan memberikan 7y + 6x = 10 sebagai

persamaan linear.

LERENG-PENCEGATAN FORM


Setiap garis yang tidak sejajar dengan sumbu Y memotong sumbu Y di beberapa titik. Koordinat x dari titik persimpangan adalah 0, karena sumbu Y adalah vertikal dan melewati titik asal. Biarkan y koordinat titik persimpangan diwakili oleh b. Kemudian titik persimpangan adalah (O, b), seperti yang ditunjukkan pada gambar 1-8. Y koordinat, b, disebut y intercept.

Kemiringan garis pada gambar 1-8 adalah

Nilai Ay dalam ekspresi ini adalah y - b, di mana y mewakili y koordinat setiap titik pada garis. Nilai x adalah x - 0 = x, sehingga

Answer


Gambar bentuk 1-8.-Slope-intercept.

Ini adalah bentuk lereng-intercept standar garis lurus.

CONTOH: Tentukan persamaan garis yang memotong sumbu Y di titik (0,3) dan memiliki kemiringan 513.

SOLUSI:
answer

answer

SOAL LATIHAN:


Menulis persamaan untuk garis yang memiliki poin dan lereng sebagai berikut:

diket

answer


BENTUK NORMAL


Metode untuk menentukan persamaan garis biasanya tergantung pada beberapa pengetahuan tentang titik atau titik pada garis. Mari kita sekarang mempertimbangkan metode yang tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya mengenai salah satu poin garis itu. Semua yang diketahui tentang garis adalah jarak tegak lurus yang dari asal dan sudut antara tegak lurus dan sumbu X, di mana sudut diukur berlawanan dari sisi positif dari sumbu X.

Pada Gambar 1-9, garis AB adalah p jauh dari asal, dan garis OM membentuk sudut 9 (huruf Yunani theta) dengan sumbu X. Kami memilih titik P (x, y) pada garis AB dan mengembangkan

segi tiga


Gambar bentuk 1-9.-Normal.

persamaan garis AB dalam hal x dan y dari P. Sejak P merupakan APAPUN titik pada garis, x dan y dari persamaan akan mewakili setiap titik pada garis dan karena itu akan mewakili garis itu sendiri.

PR dibangun tegak lurus terhadap OB pada titik R. NR ditarik sejajar dengan AB, dan PN sejajar dengan OB. PS tegak lurus terhadap NR dan AB. Sebuah sudut yang tepat dibentuk oleh sudut NRO dan PRN. Segitiga ONR dan OMB adalah segitiga siku-siku sama. Oleh karena itu, sudut NRO dan MBO adalah sama dan ditetapkan sebagai 8 '. Sejak 8 + 8 '= 90' di segitiga OMB dan sudut NRO sama dengan 8 ', maka sudut PRN sama 8. Akhirnya, jarak x dari titik P sama dengan OR, dan jarak y dari P sama dengan PR.

Untuk menghubungkan p jarak ke x dan y, kita alasan sebagai berikut:

solusi


Persamaan akhir ini adalah bentuk normal. Kata "normal" dalam penggunaan ini mengacu pada hubungan tegak lurus antara OM dan AB. "Normal" sering berarti "tegak lurus" dalam penggunaan matematika dan ilmiah. Jarak p selalu dianggap positif, dan 8 adalah setiap sudut antara 0 dan 360 '.

CONTOH: Tentukan persamaan garis yang 5 unit dari asal, jika tegak lurus dari garis ke asal membentuk sudut 30 'dari sisi positif dari sumbu X.

solusi




Mantap kan mas BRO artikel :Materi Soal dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus SMA SMP K-13dan KTSP

Materi Soal dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus SMA SMP K-13 dan KTSP kali ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat untuk anda semua. baiklah kalau Blegitchu, sampai jumpa di postingan artikel lainnya Jangan lupa Share yaaa.

0 comments: