Pantaskah Anda Berkomentar Negatif di Media Sosial?

|

Loading...

Pengertian Media Sosial


MEDIA sosial adalah sebuah media di dunia maya dimana penggunanya melakukan aktivitas secara instan dan bebas. Dalam media sosial/MEDSOS, para pengguna bisa dengan mudah berpartisipasi dengan pengguna lainnya, berbagi, dan membuat isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Jejaring sosial merupakan salah satu media sosial yang paling banyak diminati masyarakat berbagai tingkatan.

Jejaring sosial adalah hubungan antara individu yang satu dan lainnya di saat terdapat ikatan yang relevan. Blog merupakan singkatan dari web log, yakni suatu aplikasi laman yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Laman seperti itu biasanya dapat diakses semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Forum adalah sebuah sarana komunikasi dimana setiap orang dapat ikut langsung di dalamnya. Sama halnya seperti jejaring sosial dan blog yang sedang ramai-ramainya di dunia maya, forum lebih berfokus untuk sebuah komunitas besar. Biasanya di dalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya berinteraksi antar pengguna lain.

Pada era globalisasi ini, penggunaan media sosial sangat meningkat jika dibandingkan dengan era-era sebelumnya. Meskipun media sosial memberikan dampak positif yang cukup besar, itu tentu juga menimbulkan persoalan negatif yang tidak kecil sehingga semua bergantung pada pengguna untuk cerdas menggunakan media sosial demi meminimalkan dampak negatif yang timbul.

Bagaimana menggunakan media sosial dengan cerdas? Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube sebaiknya digunakan untuk berdiskusi, berbagi ilmu maupun hal positif lainnya. Internet adalah sumber ilmu sehingga gunakanlah semaksimal mungkin untuk mencari informasi penting yang membantu.

Media sosial juga bisa digunakan untuk mempermudah transaksi bisnis. Jadi, dengan segudang kebaikan yang bisa dilakukan dalam menggunakan media sosial, seharusnya tak perlu ada kerugian bagi kita. Singkirkan segala sesuatu yang buruk terkait dengan dampak media sosial. Kita pasti bisa melakukannya.

Baiklah sekarang kita bahas soal komentar baik dan komentar buruk ini di media sosial . Komentar yang baik adalah komentar yang:

  1. "Tulus", benar-benar dengan hati, misalnya mengungkapkan rasa terima kasih karena terbantu dengan postingan yang dibaca.
  2. Sesuai dengan topik alias tidak OOT (Out Of Topic).
  3. Benar-benar share pemikiran atau pengalaman terkait posting --melengkapi isi posting.
  4. Tidak nyepam.
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan santun.
Sebaliknya, ciri-ciri komentar yang buruk antara lain:
  1. OOT/Ga nyambung
  2. Tidak berisi ide atau pengalaman
  3. Menyertakan link hidup/link aktif alias SPAM.
  4. Menggunakan bahasa yang sulit dimengerti dan tidak sopan
Sebenarnya dalam berkomentar seharusnya kita berfikir apakah komentar kita itu baik dilihat oleh pengguna lain atau tidak, memicu permusuhan atau tidak, pikirkan lagi sebelum berkomentar, anda sudah ahli/tau seluk beluk topik pembahasan atau tidak dan jangan asal berkomentar tanpa ada bukti yang jelas atau berdasarkan dari informasi HOAX.
Contoh Bad Comment

Sekian Terimakasih.

0 comments: