Cara atau Tips Memilih Kost Untuk Mahasiswa / Pekerja

|

Loading...
Hai sobat danifin, anda sedang cari kost kostan tapi bingung memilihnya? Nah, temen-temen tak perlu panik atau bingung buat nyari kost-an, sebenarnya, memilih kost itu gampang-gampang susah.
Nah, sekarang pada artikel ini saya mau memberi tips - tips mencari kosan buat kalian-kalian yang mau ngekost, biar anda tidak salah pilih kost-kostan, anda tidak mau kan jika tidak betah di kost-kostan sendiri ?
oke langsung aja ya ya sob, berikut ini adalah tips memilih tempat kost-an yang nyaman "feels like home".

Cara atau Tips Memilih Kost Terbaik


1. KEBERSIHAN

Ini adalah unsur yang paling utama yang membuat kita akan betah di kost. Pertama-tama Periksalah keadaan kebersihan dalam lorong kos, kamar mandi, serta kamar-kamar yang ditawarkan pemilik kos dan ruang-ruang yang nantinya akan kita gunakan. Anda tidak mau kan, tinggal di kost-kostan yang kotor, bau dan banyak sampah?

2. AIR BERSIH

Coba anda pergi ke kamar mandi dan dapur calon tempat kos, lalu hidupkan kerannya. Apakah airnya lancar dan bersih? Nah, Ini penting sekali buat anda karena setiap hari kita pastinya menggunakan air untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci dan lain sebagainya.

3. LISTRIK

Selanjutnya, anda lihat berapa daya listrik di kamar yang akan anda tempati? Pertama-tama kita harus mencari tahu berapa daya listrik di tempat kost tersebut. Lalu anda bagi dengan jumlah kamar di kos itu. Contoh, daya listrik kos 2200 watt dan di dalamnya ada sepuluh kamar. Berarti masing-masing kamar hanya kebagian 220 watt. Ini sudah cukup untuk menyalakan computer dan TV dalam kamar. Jika anda ingin pasang AC juga, itu berarti anda cari daya listrik per kamar minimal 1300 watt. Males kan kalo kita dibatesin bawa alat elektronik, terus enggak mau juga kan kalo listrik kostan sering anjlok terus-terusan? Bisa-bisa rusak semua barang elektronik mu.

4. AMAN

Keamanan penting juga bagi kenyamanan di kost kamu, Cara cari tahu faktor keamanan kos-kosan yang akan kita tempati dapat anda ketahui melalui penghuni kost yang sudah lama menetap disana. Tanyakan apakah pernah ada yang kemalingan di kost atau ada orang asing yang tiba-tiba menerobos masuk ke dalam kostan. Kita juga bisa tahu seberapa aman kos-kosan dari lingkungan sekitarnya. Akan lebih bagus bila kos itu terletak di sebuah kompleks yang ada satpamnya rekomendasi saya saja sih.

5. UKURAN KAMAR

Sebaiknya nih, pilihlah kamar yang enggak terlalu sempit. Minimal 3x3 meter lah. Soalnya kalau kekecilan kita juga bingung gimana mau bergerak? He he he. Belum lagi kalau ada teman yang datang buat belajar bareng. Waduh! Jangan jadikan kos sebagai penjara yang pengap ya!

6. FASILITAS

Selain kamar saja, apalagi yang disediakan pemilik kos? Apakah ada tempat tidur, lemari, meja, gantungan baju? Keberadaan dapur dan alat masak juga penting untuk anda perhatikan lho. Bagaimana dengan ruang tamunya? Apakah sudah enak buat nongkrong bareng teman-teman? Ini penting juga guys, karena kita akan sering gunakan fasilitas-fasilitas ini selama anda di kost. misalnya. jemuran yang luas, parkir yang luas, ruang tv luas, dapur luas dan bersih dsb.

7. SIRKULASI UDARA

Cek kamar yang mau kita pilih. Apakah sistem pertukaran udara memadai? Maksudnya ada jendela yang ukurannya sedang dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Lebih bagus lagi bila jendela menghadap keluar rumah supaya udara yang terserap lebih segar. Jangan sampai kamar kita lembab, karena beresiko tumbuhnya jamur baik pada pakaian ataupun peralatan berbahan kain.

8. BIAYA

Nah kalau soal ini semua kembali pada kantong masing-masing. Memang benar sih, semakin tinggi harga, semakin bagus pula fasilitasnya. Tapi, kalau untuk soal kenyamanan, itu kita yang merasakan. Siapa tau ada harga kos yang mahal, tapi kesannya dingin dan tidak bersahabat? Pilih yang sesuai sama kita saja sih, sob. Terus perhatikan sistem pembayaran kos. Ada kos yang bayarannya perbulan, tapi ada juga yang bayarannya tiap semester atau pertahun.

9. JARAK

Jarak kost dengan kampus juga penting sob, kita juga harus milih tempat kost yang deket sama kampus atau tempat kerja. Ini dalam rangka penghematan biaya perjalanan, biar kita tak perlu jalan jauh, naik angkot atau keluar bensin pribadi buat transport sehari-hari. Tapi ini tergantung dari pribadi masing-masing, karena ada orang yang suka memilih di daerah kota yang deket dengan tempat hiburan atau wisata. akan tetapi sebagai pelajar, tujuan utama kita adalah belajar. emang sih kalo semakin deket sama tempat kerja/kampus memang lebih mahal, tapi juga lebih banyak manfaatnya.

10. TEMPAT STRATEGIS

Sebaiknya memilih kost di tempat yang banyak pilihan tempat makan. Karena kalo dikit, biasanya harganya mahal. kalo banyak, pasti harganya saingan dan banyak pilihan dan tentunya murah he he.
Nah, itulah tips / cara memilih kost dari saya, Semoga bermanfaat bagi anda, Share ke teman kamu yang sedang nyari kost agar mereka merasa terbantu dengan informasi ini.

0 comments: