5 Tips Memilih Ban Motor Terbaik [Recomended]

|

Loading...
Hai sobat danifin, anda tau ban motor merupakan salah satu bagian yang sangat penting/vital pada kendaraan anda terutama motor. Ban yang berkulitas adalah yang dapat bertahan lama, awet dan dapat mudah digunakan pada segala medan perjalanan anda. Kebanyakan dari kita pengguna motor tidak memperdulikan jenis/merk ban untuk motornya. mereka asal – asalan dalam memberikan ban motor.
Nah bagaimana cara memilih ban motor yang berkualitas dan pas untuk kendaraan bermotor anda?

5 Tips Memilih Ban Motor


1. Pilih yang Berkualitas
Kualitas tetap di peringkat satu dalam urusan ban mengingat kualitas ban yang buruk dapat membuat anda akan lebih cepat dalam mengganti ban motor anda, karena cepat rusak. Pilihlah brand/merk ban ternama yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang berpengalaman dan terbukti kualitasnya sangat baik.
2. Perhatikan Guratan/alur Ban
Untuk anda, Perhatikanlah jenis guratan ban motor anda, jangan gunakan ban yang berguratan banyak pada kondisi jalanan yang sering panas, kecuali bila lingkungan sekitar anda cukup sejuk untuk digunakan berkendara. Dan jangan gunakan alur dikit di saat musim hujan, karena fungsi alur ini untuk meningkatkan cengkraman ban pada aspal agar tidak licin.
3. Perawatan Ban
Pada Ban motor yang sering terkena panas lalu tiba – tiba terkena air yang dingin akan mempercepat proses peretakan pada ban anda. jadi sebaiknya anda hindari hal tersebut, beberapa jenis ban memiliki masa kadaluarsa yang berbeda – beda tergantung tipenya. Rata – rata ban indonesia memiliki waktu pemakaian antara 1 sampai 2 tahun. Sedangkan untuk ban import lebih dari 2 tahun masa pemakaian. Tau sendiri kan kualitas indo dan asing.
4. Sesuaikan Ukuran Ban dengan Motor
Untuk ukuran ban motor anda sebaiknya sesuaikan dengan kondisi motor anda. Untuk jenis motor yang diproduksi tahun 2009 kebawah sebaiknya menggunakan ban motor dengan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk jenis motor yang diproduksi diatas tahun 2010 sebaiknya menggunakan ukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan bagi pengguna motor matic sesuai standar sebaiknya menggunakan ban dengan ukuran 80/90 dan 90/90. Ingat jangan salah pilih.
5. Perhatikan Tahun Pembuatan Ban
Jika anda membeli ban, Perhatikan kode produksi ban anda misalnya 1016. Arti kode tersebut adalah 10 merupakan minggu ke 10 pembuatan ban sedangkan 16 artinya tahun pembuatan ban tersebut. Sebaiknya carilah ban dengan tahun pembuatan antara 0 sampai 12 bulan, dan jangan lebih dari itu agar ban tetap berkualitas.

0 comments: