6 Tips Ampuh Memilih Earphone Terbaik

|

Loading...
Hai sobat danifin, pasti kenal dong dengan accesoris hp ini? Yap  earphone, Pada kesempatan kali ini saya akan share mengenai tips memilih earphone yang baik. Earphone menjadi salah satu perangkat pelengkap smartphone yang wajib/harus untuk dibawa terlebih bagi Anda yang senang sekali mendengarkan musik namun ingin yang portable/bisa dibawa kemana-kemana. Earphone sebenarnya fungsinya sama dengan perangkat lainnya seperti headphone, headset, dan hands free. Kalau dulu hanya bisa mendengarkan suara saja, sekarang kebanyakan earphone sudah dilengkapi mic untuk menelpon ataupun karaoke online seperti smule.
Earphone sendiri sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan, dan tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari dan membelinya dari berbagai toko. Hanya saja, kualitas dari earphone akan berbeda-beda tergantung merk serta harga yang ditawarkan penjual.
Jika Anda sedang mencari earphone/headset terbaik untuk kebutuhan mendengarkan musik favorit Anda, berikut ini adalah berbagai cara dan tips mudah dalam memilih jenis earphone yang memiliki kualitas baik.
Langsung aja saya beri tipsnya, jadi bagi yang pengen beli headphone/headset bisa mendapatkan sesuai keinginan, inilah tipsnya:

1. Budget

Sebelum membeli earphone/headset, anda harus memperhatikan budget alias keuangan anda. Sehingga anda bisa memilih headphone/headset yang sesuai dengan budget anda. Anda bisa cari di internet mengenai harga dan spesifikasi earphone yang ingin anda beli, lalu bandingkan dengan budget anda, apakah cukup atau tidak, tapi ingat jangan terburu-buru dalam membelinya.

2. Bentuk dan style headphone

Sebenarnya banyak juga macam bentuk headphone, jadi sebelum anda memilih coba anda pikirkan baik-baik bentuk headphone seperti gimana yang mau anda belinya nanti. Ada 3 macam earphone yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh bagian telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk ke dalam lubang telinga) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga, terdapat karet diujungnya).


3. Kegunaan earphone

Anda juga harus menentukan earphone jenis apa dengan dengan selera musik yang anda sukai. Seperti lagu hip hop, metal direkomendasikan menggunakan headphone tipe Warm (output/keluaran suara cenderung lebih ngebass, suara bass lebih besar, suara voice agak kecil). Untuk aliran rock, klasik, pop cocok dengan tipe Bright (output suara cenderung treble) atau tipe  Natural (treble dan bass seimbang).

4. Spesifikasi headphone

a. Frekuensi

Kemampuan earphone dalam merespon frekuensi dari gelombang suara juga memberikan pengaruh pada kualitas earphone tersebut. Pilihlah jenis earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar, dan yang lebih besar lagi maka akan semakin baik.
Earphone dengan respon frekuensi yang baik akan mampu memunculkan suara frekuensi rendah yang tidak bisa dimunculkan oleh earphone dengan kualitas tangkapan frekuensi yang kurang baik.
Kemampuan headphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Contoh: 5.000 Hz - 25.000 Hz. Headphone yang bagus memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentangnya maka akan semakin baik. Jika Semakin rendah frekuensi bawahnya semakin baik pula karena headphone bisa memperdengarkan suara-suara berfrekuensi rendah. Selain itu semakin tinggi frekuensi atasnya semakin baik. Mungkin aja ada beberapa suara yang tidak terdengar selama ini jadi muncul karena earphone tersebut.

b. Impedance (hambatan)

Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya Headphone yang bagus memilki impedance >= 32 ohm.

c. Sensitifitas

Untuk Sensitifitas headphone ditunjukan oleh tuliasn SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (mili Watt) atau kalau di kemasannya langsung ditulis desiBel. Contoh: 114 dB. Dari sini kita dapat mengetahui seberapa besar keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah earphone. Semakin besar angkanya semakin keras suaranya, jadi anda tidak perlu memperbesar volume player kita. Tapi tetap harus hati-hati karena dengan angka yang besar bisa saja menggangu fungsi pendengaran kita bahkan bisa jadi penyebab kerusakan pendengaran secara permanen. Amannya, carilah headphone yang memiliki sensitifitas sebesar< 85dB. Tapi kebanyakan sekarang di pasaran sensitifitas headphone umumnya adalah > 100 dB.

5. Berkonsultasi sebelum membeli

Ada baiknya Jika Anda ingin membeli earphone di toko, sebaiknya dengan penjual atau karyawan yang memahami betul tentang earphone. jangan asal beli. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan mereka untuk mendapatkan jenis earphone dengan kualitas baik yang cocok untuk Anda.

6. Toko Resmi

Yang terakhir adalah sebelum anda membeli earphone/headset carilah toko resmi(bukan abal-abal) yang menjual headphone yang asli dan bergaransi. Jangan sekali-kali membeli di Black Market jika belum tahu spesifikasinya secara lengkap, walaupun harga memang murah, kualitas belum tentu terjamin serta garansi belum tentu ada, tapi enaknya beli di BM bisa tawar menawar.

Nah itu saja 6 tips memilih earphone versi danifin, jika ada yang menganjal yang ingin sekali ditanyakan silahkan berkomentar, semoga bermanfaat bagi kita semua, share jika perlu

2 comments: