Cara Menonaktifkan Catch All Email Pada Cpanel

shares |

Loading...
Cara Menonaktifkan Catch All Email Pada Cpanel - Catch All Email atau disebut juga Default Address adalah sebuah fasilitas dengan fungsi untuk menampung semua email yang dikirimkan ke alamat email yang tidak valid atau dengan kata lain alamat email yang tidak pernah dibuat.Contohnya sebagai berikut:

Teman-teman memiliki sebuah alamat email, yaitu: [email protected] Namun terkadang ada yang mungkin karena kelupaan atau bagaimana, mengirimkan email ke [email protected], yang mana tentunya alamat email ini tidak valid, sehingga membuat email yang dikirimkan akan terpental balik, bounced back.
Karena tidak ingin “kehilangan” email apapun, maka teman-teman mengaktifkan fasilitas catch  email. Sebuah solusi tercapai.Namun solusi ini menimbulkan masalah baru, karena sifat dari catch  email adalah dia menampung “SEMUA“, entah email dikirimkan ke [email protected], [email protected], [email protected] atau alamat email apapun juga pada nama domain teman-teman. Sehingga email pada nama domain teman-teman menjadi target mudah bagi pengiriman email sampah, karena semua email pasti diterima.
Sebuah solusi yang menjadikan alamat email teman-teman penuh dengan email sampah (spam).Lalu bagaimana cara menonaktifkannya?

Bagi teman-teman pengguna web hosting dengan  panel Cpanel caranya sangat mudah, yaitu:
Silahkan login ke Cpanel.
Pada bagian “Mail“, klik “Default Address“.
Apabila fasilitas Catch All Email aktif, maka akan tertera: “Current Setting: semut” (Nama username dari Cpanel teman-teman).Atau tertera: “Current Setting: [email protected]“, jika semua email ditampung pada alamat email [email protected]
Untuk menonaktifkan catch email, silahkan pilih “Discard  error  sender (at SMTP time)“, lalu klik “Change“.Sukses!

Sangat mudah bukan ?Semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat.

0 comments: