6 Cara Kreatif Kelola Gaji

shares |

Loading...
6 Cara Kreatif Kelola Gaji - Hai sobat danifin, Sampai saat ini masih banyak lho orang-orang yang terjebak dalam pemborosan yang selalu mereka dilakukan tiap bulan setelah mereka menerima gaji.
Kewajiban dan kebutuhan yang lebih besar membuat banyak pegawai dengan gaji kecil mempunyai kualitas hidup yang rendah.
Gaji yang rendah akan membuat Anda kesulitan menyimpan uang, jangankan untuk menabung, untuk hal-hal lain seperti, mobil atau rumah juga dapat menjadi hambatan tersendiri.
Hmmm....Hambatan ini mungkin saja timbul bukan dari rendahnya gaji lho, tetapi muncul dari cara tata keuangan Anda yang bermasalah. Oleh karena itu, Cara pengelolaan keuangan yang tepat dapat membuat Anda terhindar dari kondisi keuangan yang tidak sehat.

1. Evaluasi ulang keuangan Anda

Cek atau Periksa semua pendapatan dan pengeluaran anda dan temukan masalah-masalah yang dapat membuat kesehatan keuangan Anda buruk.
Mungkin saja masalah terletak pada jumlah cicilan yang terlalu tinggi, umumnya cicilan KPR. Nah Untuk cara mengatasinya, Anda dapat memilih bank yang menawarkan cicilan KPR baik dengan periode yang lebih lama ataupun dengan bunga yang lebih rendah. Bila menurut Anda, jumlahnya masih terlalu besar, Anda dapat juga menyewa atau mencari kontrakan rumah terlebih dahulu, tapi tetap berhemat juga ya.

2. Tetapkan budget untuk belanja bulanan

Penting nih, Ketika Anda tak mempunyai pendapatan atau gaji yang terlalu tinggi, Anda akan lebih menyadari apa yang anda miliki. Menetapkan dana/anggaran setiap bulannya akan membantu anda untuk memastikan pengeluaran Anda masih aman atau masih pada jalurnya.
Rencanakan pengeluaran pada setiap awal bulan dan usahakan anda untuk tak membeli barang yang sudah ada atau barang yang dapat ditunda (tak terlalu penting). Anda juga harus membedakan mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan yang harus diprioritaskan. Dengan membiasakan diri mematuhi dan menerapkan rincian tersebut, Anda tentunyaakan lebih mudah mengelola keuangan secara sehat dan aman.

3.Rapikan pengeluaran biaya tetap

Nah, Apabila Anda merasa ada beberapa bulan saat pengeluaran lebih besar dibandingkan bulan yang lainnya itu berarti pengeluaran Anda masih belum rapi.
Salah satu kiat-kiat yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menandai kalender dengan tanggal-tanggal jatuh tempo, seperti cicilan, listrik dan air, atau kartu kredit. Kemudian sisihkan uang anda untuk membayar kewajiban tersebut. Nah, Dengan cara ini, Anda akan terhindarkan dari pembengkakan biaya yang tiba-tiba/sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Maksimalkanlah fasilitas dan tunjangan yang diberikan

Mayoritas perusahaan Indonesia telah memberikan berbagai tunjangan yang dapat dinikmati oleh pegawai dan juga pasangannya (suami/istri).
Contohnya saja, Anda dapat memanfaatkan tunjangan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan anda atau fasilitas antar jemput untuk menghemat dalam pengeluaran bahan bakar. Selain di tempat kerja, anda pun dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan gratis oleh pemerintah seperti Kartu Jakarta Pintar ataupun BPJS. Nah, Cari kesempatan dan Pintarlah dalam memanfaatkan sumber daya yang tersediadan dapat dimanfaatkan.

5. Berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit

Siapa sih yang tidak tau kartu kredit, Nah, dalam penggunaan kartu kredit anda harus berhati-hati, Pertama-tama, Anda harus pintar menyeleksipinjaman yang cocok dengan anda; untuk itu, pilihlah fasilitas kartu kredit yang menawarkan gratis biaya pendaftaran, bunga pinjaman rendah dan fasilitas atau promo yang beraneka ragam.
Setelah Anda mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda, Anda pun harus berhati-hati lho dalam menggunakannya. Penelitian atau riset membuktikan kartu kredit adalah cara termudah menghabiskan uang atau pemborosan.
Kontrol kartu kredit yang baik dapat membantu anda terbebas dari bunga hutang yang terlalu besar.

6. Sesuaikan kewajiban dengan hiburan Anda

Sepele namun penting, Kondisi psikologis Anda menentukan produktivitas anda lho, jika Anda terlalu stres, maka akan sulit untuk berpikir dengan cepat dan realistis.
Sesekali manfaatkan hiburan gratis atau dengan biaya rendah, contohnya saja anda dapat berkunjung ke tempat wisata ke taman kota atau museum dan menikmati pemandangan dengan biaya nol (kecuali makan). Pilihan lain Anda dapat menghabiskan waktu bersantai anda dengan anak-anak di rumah, manfaatnya meningkatkan kreativitas yaitu dengan berkebun, masak ataupun hanya sekedar berkumpul saja. Hidup yang seimbang namun murah dapat membantu anda dalam mengelola keuangan anda lho.

Pengelolaan Keuangan yang Baik Adalah Kuncinya

Kesimpulannya, Gaji tinggi tanpa pengelolaan keuangan yang baik tidak akan membuat Anda lebih sejahtera, ini fakta lho. Pengelolaan keuangan yang baik merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas hidup anda.

Dan Yang terpenting jangan sampai Anda KO, putus asa atau menyerah, kuncinya adalah tetap bersyukur dengan segala sesuatu yang anda miliki dan berusahalah untuk apa yang belum dimiliki.

0 comments: