Inilah Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

shares |

Loading...
Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup - Hai sobat danifin, Hewan di bumi ini banyak sekali jenisnya dilihat dari tempat hidupnya, cara berkembang biaknya sampai dari ukuran badannya. Tapi Tahukah kamu hewan terbesar di bumi?

Yap, Hewan terbesar di dunia adalah paus biru (Blue Whale) dengan berat mencapai 180 ton (sekitar 180.000 kilogram) bahkan lebih dan panjang tubuhnya mencapai 30 meter bisa juga lebih dari itu. Walaupun ia hidup di laut tapi paus biru bukan dikategorikan sebagai jenis ikan lho. Kenapa? Karena Paus biru adalah jenis Mamalia terbesar di bumi yang bernafas dengan paru-paru.  Tubuh besarnya melebihi Gajah yang tinggal di darat. Gajah hanya memliki berat maksimal 6,3 ton saja.

Paus biru ini merupakan mamalia laut yang tergolong dalam sub-ordo paus balin. Paus ini mempunyai bentuk yang panjang dan ramping. Bagian belakang hewan ini berwarna abu – abu kebiruan sedangkan pada bagian depan memiliki warna yang lebih terang. Paus ini mempunyai bentuk kepala datar yang berbentuk seperti huruf U dan memiliki punggung yang terbentang dari lubang sembur hingga bagian bibir atas. Memiliki 70 hingga 118 lekukan yang disebut plat ventral. Plat ventral ini membentang sepanjang leher dan sejajar dengan panjang tubuh. Fungsi plat ini adalah untuk membantu mengeluarkan air dari mulut setelah paus makan. Walaupun tubuhnya sangatlah besar namun hewan satu ini hanya memakan crustacea kecil yang disebut krill yang termasuk jenis zooplankton sebagai makanan pokok mereka lho, unik kan.

Paus biru memiliki sirip punggung kecil dengan ukuran berkisar 8-70 cm, rata-rata memiliki sirip berukuran 28cm. Bentuk siripnya yang bervariasi beberapa hanya gumpalan tidak terlihat sedangkan beberapa lainnya memiliki dorsal menonjol berbentuk seperti bentuk bulan sabit. Ketika paus ini menuju permukaan untuk bernafas, paus biru mempunyai semburan yang lebih besar dari jenis paus yang lainnya lho. Nah, inilah salah satu ciri yang digunakan peneliti untuk membedakan jenis-jenis paus. Seperti yang disebutkan diatas, Paus ini bernafas dengan menggunakan paru-paru yang kapasitas paru-parunya sebesar 5.000 liter.

Paus biru dapat berenang dengan kecepatan 50 km/jam. Itu kecepatan maksimal namun biasanya paus biru hanya berenang dengan kecepatan 20km/jam. Paus biru ini lebih senang sendirian walau ada juga yang hidup dengan individu lain. Walau dalam satu wilayah ada beberapa paus biru tapi mereka tidak membentuk sebuah kelompok yang besar seperti jenis paus-paus yang lain.

Paus biru memiliki 3 subspesies, berikut ini subspesiesnya:
  1. Intermedia yang hidup di Samudera Selatan
  2. Musculus yang hidup di Atlantik Utara dan pasifik Utara
  3. Brevicauda yang hidup di Samudera Hindia dan Samudera pasifik Selatan
Awalnya populasi dari paus biru ini cukup banyak hingga awal abad ke – 20 tapi dikarenakan banyak perburuan paus populasinya kini menurun drastis hingga hampir punah. Nah, Mulai tahun 1966 akhirnya paus biru ini menjadi hewan yang dilindungi oleh komunitas Internasional. Dan di tahun 2002 diperkirakan ada sekitar 5.000 hingga 12.000 paus biru di seluruh dunia. Padahal sebelum perburuan populasi paus ini bisa mencapai 200 ribuan hingga 300 ribuan dan sebagian besar tinggal di Antartika.

Nah itu saja mungkin penjelasan tentang Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup, mungkin dari kalian tadinya penasaran dengan hewan apa sih yang terbesar di dunia, semoga dengan artikel ini rasa penasaran kamu terobati, Jangan lupa share ya jika dirasa bermanfaat.

0 comments: