Cara Menabung di Bank BRI Mudah

shares |

Loading...
Cara Menabung di Bank BRI - Ada 2 syarat utama menabung / membuka  tabungan di Bank BRI Simpedes Britama BRI Syariah beserta  ATM-nya. Persyaratan ini berlaku umum baik untuk orang dewasa ataupun pelajar.

Dalam artian, persyaratan inilah yang wajib untuk dipersiapkan dan dibawa  ketika calon nasabah yang ingin membuat tabungan di bank BRI Simpedes, BRI Syariah , Britama, beserta ATM nya  di kantor cabang.

2 syarat itu berupa persyaratan administratif serta Biaya.

Catatan :
"Persyaratan yang saya maksud di sini adalah untuk calon nasabah perorangan / individu. Jadi persyaratan ini tidak berlaku untuk organisasi, lembaga atau korporasi"


1. Bukti Identitas Diri

Sebagai persyaratan administratif, calon nasabah simpedes maupun Britama wajib membawa bukti identitas diri yang masih berlaku. Dalam hal ini dapat berupa kartu tanda penduduk ( KTP ) , surat izin mengemudi ( SIM ), paspor, ataupun kartu pelajar.

Kartu identitas diri ini akan diminta oleh customer service saat membuka rekening. Salinannya akan di jadikan arsip oleh bank BRI.

Karena itu, jika anda akan membuka rekeningnya di kantor unit BRI di pedesaan, calon nasabah di harapkan membawa foto KTP untuk antisipasi tidak ada mesin foto kopi di bank BRI itu. Jadi anda tidak bolak-balik lagi ketika pihak bank meminta fotokopinya.


2. Uang Tunai Untuk Setoran Awal

Untuk besarnya uang tunai yang harus dibawa untuk setoran awal adalah minimum sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan.

Setoran awal ini akan tercatat sebagai saldo pertama di buku tabungan. Jadi uangnya tidak kemana-mana ya.

Selain dua persyaratan yang harus dibawa tersebut, calon nasabah diharuskan membuat permohonan pembuatan rekening tabungan simpedes / britama.

Bahasa lebih simpelnya sih, calon penabung akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi berupa kelengkapan data pribadi  serta surat perjanjian di atas materai yang telah dipersiapkan oleh BRI.

Biaya materai dibebankan kepada calon nasabah, karena pihak bank juga menyediakan fisik materai-nya, sehingga kita hanya mengganti biaya materai itu sebesar 6000 rupiah.

Biaya 6000 rupiah ini dapat dibayar tunai atau bisa juga didebet dari saldo awal tabungan dari uang tunai yang telah disetor tadi.

Tentang apa saja formulir yang harus diisi serta caranya bagaimana, atau apa saja yang harus dilakukan di dalam bank. anda serahkan itu ke teller bank anda.

Ada update lagi nih cara terbaru.

Menabung dengan menggunakan ATM Tunai BRI


Tau Tanggal muda kan? Tanggal muda merupakan tanggal dimana sangat dinanti nantikan oleh setiap karyawan apapun itu profesinya, baik karyawan swasta maupun karyawan negeri. Kenapa bisa begitu? Karena pada tanggal tanggal inilah gaji yang ditunggu-tunggu mereka akan segera dibayarkan oleh perusahaan mereka bekerja. Kebanyakan perusahaan memang sudah menerapkan sistem pembayaran langsung via rekening. Tapi masih ada juga juga kok yang melakukan pembayaran secara tunai. Menurut saya, Ribet juga kan kalau gaji dibayarkan secara tunai, sebab jika kita ingin menabung kita harus pergi ke bank terdekat untuk melakukan deposit uang ke rekening. Padahal kita tahu kan, jam operasional bank tidak selalu 24 jam buka, dan pastinya waktu operasional bank berbenturan dengan jam kerja kita, jadi kapan waktunya untuk pergi ke bank? bingung?

Nah, Tenang dulu nih, ada kabar gembira, saat ini BRI sudah mempunyai mesin cash deposit machine atau ATM setor tunai lho. Dengan adanya mesin cash deposit ini, kita sebagai nasabah akan terbantu untuk bisa setor sejumlah uang tanpa harus pergi ke bank, jadi walaupun bank sudah tutup kita masih dapat melakukan setoran lewat mesin ATM kusus setoran tunai, Tapi sayang mesin ini belum sebanyak mesin ATM tarik tunai lho. Jadi agak sulit untuk menemukan mesin ATM ini yah. ATM setoran tunai ini dapat menerima uang pecahan Rp.50.000 dan Rp.100.000

Nah agar uang tunai yang akan disetorkan diterima oleh mesin cash deposit ini, tanpa ada penolakan, perhatikan dulu langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan tak ada lipatan pada uang, jika memang terlanjur ada lipatan rapikan terlebih dahulu sebelum memasukannya.
  2. Biasanya uang gaji dari perusahaan yang dibayarkan tunai,disteples kan, Nah, anda hilangkan dulu steples tersebut.
  3. Jangan memasukan uang yang sudah robek, sayang kan klo ngga kebaca.

Cara menabung lewat mesin ini:

  1. Masukan kartu ATM anda kemudian anda masukan nomor PIN kartu anda(seperti saat melakukan tarikan tunai).
  2. Perhatikan layar, anda akan diberikan 2 pilihan yaitu SETOR TUNAI, dan TRANSAKSI LAIN, karena anda akan menabung maka pilihlah SETOR TUNAI.
  3. Tunggu sebentar, dan secara otomatis wadah kotak tempat menaruh uang akan terbuka dengan sendirinya
  4. Masukan uang yang akan ditabungkan (maksimal 50 lembar) minimal pecahan Rp.50.000 di bawahnya tidak bisa. Pecahan nominal tidak harus sama, anda langsung bisa memasukan pecahan 50.000 dan 100.000 secara bersamaan.
  5. Setelah uang anda masukan, wadah menutup secara otomatis, dan mesin akan melakukan penghitungan uang.
  6. Tunggu sebentar dan perhatikan layar, setelah beberapa saat akan muncul tulisan nominal uang yang akan anda setor, jika sudah benar kemudian tekan tulisan SETOR.
  7. Perhatikan layar kembali akan ada laporan mengenai transaksi anda, pastikan laporan tersebut sudah benar.
  8. Bersamaan dengan itu akan muncul struk sebagai tanda bukti transaksi anda, ambil dan simpan.
  9. Ambil kartu ATM anda dan selesai. Gitu aja, ga terlalu rumit kok


Demikan artikel tentang Cara Menabung di Bank BRI simpedes , britama ataupun di BRI Syariah tabungan Faedah. Semoga bermanfaat

0 comments: