Cara Membuat Cron Job Hapus file tmp dan error log Otomatis

shares |

Loading...
Cara Membuat Cron Job Hapus file tmp Otomatis - Hai sobat danifin, Pernah mengalami Disk Space Usage Full atau penuh atau Over Quota, mungkin hal itu adalah masalah "klasik" atau sering sekali menimpa pengguna wordpress selfhosting (nama domain dan hosting punya sendiri). Dan biasanya yang buat penuh itu adalah "Other Usage" dan "error log". Bagaimana cara mengatasinya?

Saya sering sekali mengalaminya, he he he maklum disk spacenya cuman 3 gb doang. Cara terbaik dan termudah adalah buat Support Ticket ke provider hosting! Minta bantuan ke cs penyedia hosting

"Kami informasikan untuk menghapus other usage kami bisa membantu menghapusnya. Silahkan menunggu sampai kami selesai menghapus file yang terdapat di other usage," begitu jawaban dari provider.

Tak lama kemudian, muncul pesan: "Kami informasikan untuk penghapusan file pada other usage telah selesai kami proses. Silahkan cek kembali dari sisi anda." Alhamdulillah....

Nah itu kalau CS nya responnya cepat, kalau lelet gimana? submit ticket jam 1 siang dibales jam 4 sore waduuh....

Nah, kali ini saya akan menjelaskan cara agar anda dapat menghapus file-file sampah tersebut:

1. Buka cpanel
2. Pilih CronJob

 3. Nah ketikkan kode dibawah ini, ganti nama_akun _hostingmu dengan nama akun hostingmu
rm -rf /home/nama_akun_hostingmu/public_html/error_log

4. Setting waktunya, Pilih Add New Cron Job
5. Nah, sudah selesai

Catatan: kamu bisa variasikan /public_html/error_log dengan kebutuhan kamu misal jika ingin hapus file tmp WPTotalCache Ubah menjadi .cagefs/tmp (hanya contoh, kamu bisa variasikan lebih dari ini)

Nah, Itulah ribetnya ngeblog dengan selfhosting (sewa domain dan hosting sendiri), seperti seringdialami oleh saya, tapi enaknya kita bebas melakukan apapun, karena website itu milik kita.

0 comments: