Cara Memasang Heatsink dengan Benar

shares |

Loading...
Cara Memasang Heatsink dengan Benar - Hai sobat danifin, sebelum masuk ke cara memasang heatsink, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu heatsink, Menurut wikipedia, Heatsink merupakan logam dengan desain khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Secara singkatnya Heatsink merupakan sebuah komponen cpu yang dipakai untuk menyerap panas. Source wikipedia.com


 
Fungsi dari heatsink itu sendiri adalah membuang panas yang dihasilkan oleh cpu/prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink sehingga prosessor tak akan terlalu panas nantinya. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka seharusnya heatsink dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan menggunakan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gel penghantar panas dengan tujuan tentunya meminimalisir panas yang ada. Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboardnya.

Cara Memasang Heatsink

  1. Coba perhatikan empat lubang di motherboard, untuk orientasi dari heatsink dapat ke arah mana saja. Pilih dari masing-masing 2 pins secara diagonal, kemudian tekan ke bawah pin tersebut secara bersamaan. Tekan perlahan sampai anda benar-benar mendengar bunyi “click”. Pin akan mengunci ketika kaki-kaki pin telah masuk ke motherboard nya.
     
  2. Pada dua gambar dibawah ini anda dapat melihat pins yang dimaksud, Yang pertama yang tidak terkunci, dan yang kedua dalam keadaan terkunci.
  3. Terakhir, anda sambungkan kabel power connector dari kipas/fan pada heatsink dengan sambungannya pada motherboard. Petunjuknya anda dapat melihatnya pada label/keterangan tulisan ” CPU Fan ” pada motherboard.
    Semoga bermanfaat. Jangan lupa sharenya.

0 comments: