4 Syarat Sah Sholat Tahajud

shares |

Loading...
Syarat sah sholat tahajud - Hai sobat danifin, agar sholat tahajud makbul sangat penting lho syarat-syarat yang harus dipahami oleh umat Islam. Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan paling utamanya adalah di waktu sepertiga malam setelah bangun tidur. Sholat Tahajud sangat kuat hukumnya karena sholat tahajud merupakan sholat sunah yang paling utama diantara sholat sunah yang lain. Perintah sholat tahajud langsung ditujukan kepada Nabi Muhammad secara khusus dan untuk dicontohkan kepada kaum Muslim di seluruh dunia.
Syarat Sah Sholat Tahajud


Nah, Sebelum kita membahas lebih jauh tentang syarat sah sholat tahajud, mungkin selama ini banyak pertanyaan tentang bagaimana jika anda sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu? Banyak ulama berbeda pendapat tentang hal demikian. Namun bangun malam bagi banyak orang adalah hal yang cukup sulit, bahkan ada yang beranggapan terlalu sulit. Jadi, ketika Anda takut tidak dapat bangun pada malam hari untuk sholat tahajud, maka anda sekalian diperbolehkan sholat tahajud sebelum tidur. Karena ibadah tersebut dapat dikatakan Qiyamul Lail.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang keutamaannya hampir setara dengan shalat 5 waktu lho. Hal ini karena shalat tahajud dilakukan pada malam hari, ketika banyak orang yang beristirahat kita justru bermunajat kepada Allah. Nah, adapun untuk melakukan sholat tahajud ini, ada beberapa syarat sah sholat tahajud yang harus Anda pahami dan anda ikuti, berikut ini diantaranya:

  • Tidur terlebih dahulu
Yang pertama ialah sholat tahajud harus dilakukan setelah tidur. Meskipun hal ini menjadi perbedaan pendapat apakah diperbolehkan sholat sunat tahajud tanpa tidur. Adapun tidur yang dilakukan ini tidak perlu terlalu lama, namun akan lebih baik lagi jika shalat tahajud dilakukan setelah tidur. Hukum shalat sunnah tahajud adalah sunnah muakkad, artinya adalah sangat dianjurkan tapi jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat tahajud.

  • 2 rakaat salam
Sholat tahajud minimal dikerjakan 2 rakaat dengan 1 salam. Alangkah lebih baiknya, dilakukan lebih banyak rakaat. Caranya adalah setiap 2 rakaat maka satu salam. Jika akan menambahkan rakaat lagi, maka setiap dua rakaat juga diakhiri dengan 1 salam, begitu seterusnya. Nah, pada sholat tahajud lebih utama diakhiri dengan sholat witir.

  • Pelaksanaan sama dengan shalat fardhu, hanya berbeda niat
Selanjutnya, Syarat sahnya sholat tahajud ini sama dengan sholat fardhu, baik gerakan dan lafalnya, hanya saja niatnya yang membedakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghafal bacaan khusus, karena hampir semua gerakan dan bacaan sama saja. 

  • Tutup sholat witir
Seperti yang telah saya disebutkan diatas, bahwa, akan lebih baik jika mengakhiri sholat tahajud dengan sholat witir. Sholat Witir ini sangat disarankan agar sholat yang Anda lakukan adalah ganjil, karena Allah Ta'ala menyukai bilangan ganjil. Adapun sholat witir minimal adalah berjumlah 1 rakaat.

Itulah syarat sah sholat tahajud yang harus anda perhatikan jika anda seorang umat Muslim. Menjalankan rutinitas sholat tahajud memanglah tidak mudah. Karena waktu pelaksanaannya berat dilakukan sama dengan waktu istirahat kita di malam hari. Namun, justru di sinilah letak keutamaannya. Tidak banyak yang mampu konsisten untuk sholat sunnah tahajud jika tidak ada niat dengan baik dan ikhlas. Namun jika sudah dapat membiasakan maka rasanya akan sangat tenteram di hati.  Semoga bermanfaat. Share artikel ini jika bermanfaat

0 comments: