Cara dan Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

shares |

Loading...
Cara dan Persyaratan Terbaru Membuat SKCK - Hai sobat Danifin, Tahukah kamu apa itu SKCK?, Bagaimana persyaratan dalam membuat SKCK? Nah, SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Untuk itu saya akan jelaskan sebagai berikut di bawah ini Cara dan Persyaratan membuat SKCK terbaru.

SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN


POLICE RECORD


membuat skckJadi untuk isi dari SKCK itu sendiri adalah:
Catatan yang berisi Informasi atau keterangan bahwa kamu adalah Orang yang tak pernah melakukan perbuatan melawan Hukum atau melanggar Hukum dan dapat diperlukan untuk bukti bahwa kamu adalah orang baik - baik di mata hukum, agar pihak lain percaya bahwa kamu bukanlah seorang Penjahat, Buronan atau Terorris. Dan jika kamu pernah melakukan tindak kejahatan atau Kriminalitas jangan coba - coba bikin SKCK, bukannya kamu di buatkan SKCK, justru kamu malah diberi hadiah Gelang emas sama pak polisi alias di borgol. hehehe..

Fungsi dari SKCK

1. Melamar Pekerjaan/ Keperluan Lowongan Kerja
    Swasta
    Negri ( CPNS, BUMN )
    Untuk CPNS dan BUMN, mengurus SKCK bukan di POLSEK, tapi di POLRES
    Luar Negri ( TKI/TKW )
2. Sekolah Luar Negri
3. Mendirikan Usaha
4. Imigrasi
5. Mengadopsi Anak

Nah, Langsung saja yuk ke Tahap / Cara dan Persyaratan Pembuatan SKCK
Langkah Pertama membuat SKCK yaitu:
  • Buatlah surat pengantar RT/RW
Bilang ke pak RT/RW, Pak RT atau Pak RW jika kamu mau buat SKCK, Nah, pasti langsung di sambut hangat dan senyum sama Pak RT/RW. setelah dapat satu lembar surat keterangan RT/RW langsung saja kamu pergi ke Kelurahan.
  • Buat Surat Pengantar Kelurahan
Datang ke kelurahan sambil kamu membawa surat keterangan RT/RW, dan temuilah Pak Lurah dan kalo tidak ada ya Sekretarisnya, dan bilang saja Pak Lurah atau Pak Sekdes, Pak saya mau membuat surat pengantar, untuk membuat SKCK. Jika sudah dapat surat keterangan dari Kelurahan, langkah berikutnya kamu langsung menuju ke POLSEK.
  • Mempersiapkan Persyaratan
Untuk membuat SKCK syarat utamanya untuk datang ke kantor Polisi adalah kamu berpakaian rapih, sopan dan menggunakan sepatu (jangan sandal jepit), Dan persiapkan Uang Rp 20.000 untuk administrasi dalam pembuatan SKCK.

Berikut ini adalah Persyaratan yang harus kamu persiapkan:

  • Surat Pengantar Kelurahan
Harus sesuai dengan domisili si pemohon
  • Pas Foto 4x6 ( 6 lembar )
Foto harus yang berwarna dengan latar belakang atau Background warna merah
  • Foto Copy KTP/SIM
Untuk Fotocopy KTP/SIM cukup bawa satu lembar saja
  • Foto Copy KK ( Kartu Keluarga )
  • Foto Copy Akte Kelahiran

Proses Membuat SKCK

Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang sudah di sediakan di Kantor Polisi
Pengambilan sidik jari oleh petugas.
SKCK memiliki masa berlaku enam bulan ( 6 bulan ), Setelah tanggal SKCK di terbitkan, apabila setelah melewati masa berlaku SKCK harus di perpanjang, bila di perlukan.

Alternatif: Pembuatan SKCK secara Online

Nah, sebelum membuat SKCK secara online, ada beberapa syarat atau dokumen yang harus kamu lengkapi. Ingat, semua dokumen adalah dokumen asli dan masih berlaku.

Syarat Membuat SKCK Online

Scan KTP/SIM

Berkas pertama yang harus kamu siapkan adalah scan KTP atau SIM yang masih berlaku. Kalau masa berlaku kartu identitasmu sudah habis, segera lakukan perpanjangan dulu ya. Nah, kartu identitas yang difotokopi ini alamatnya harus sesuai dengan domisili kamu sekarang ya.

Scan Kartu Keluarga

Selain kartu identitas berupa KTP atau SIM, untuk membuat SKCK online kamu juga harus melampirkan scan Kartu Keluarga. Kartu Keluarga ini dapat jadi rujukan jelas bagi pihak kepolisian untuk melihat rekam jejak diri kamu lewat anggota keluargamu.

Ingat, kamu harus melampirkan scan Kartu Keluargamu yang paling baru. Jika ada pengurangan atau penambahan jumlah anggota keluarga, artinya kamu juga harus mengurusnya kembali.

Scan Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir

Catatan kelahiran juga diperlukan lho sebagai salah satu syarat membuat SKCK di kepolisian. Karenanya pastikan semua berkas-berkas pentingmu terarsip dengan baik.

Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan

Surat pengantar sangat diperlukan dalam pembuatan SKCK, termasuk SKCK online. Maka pastikan kamu sudah mengantongi surat pengantar dari kelurahan yang ditandatangani dan dicap basah lurah atau kepala desa setempat.

Biasanya mengurus surat pengantar ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun hal tersebut juga tergantung kebijakan masing-masing kantor kelurahan.

Pas foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Kalau belum punya foto dengan background merah, segeralah diurus. Sebab syarat pas foto SKCK haruslah yang ber-background merah. Untuk membuat SKCK, kamu akan diminta melampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan sebanyak 6 lembar.

Setelah itu kamu harus mengisi formulir yang disediakan oleh kantor polisi dengan benar dan melakukan pengambilan sidik jari yang dilakukan oleh petugas.

Nah, berbeda lagi kalau kamu masih berstatus warga negara asing (WNA), ada beberapa syarat yang harus dilengkapi ketika kamu  ingin mengurus pembuatan SKCK online, yaitu:
  1. Fotokopi paspor
  2. Surat sponsor dari perusahaan (asli)
  3. Fotokopi surat nikah (bagi WNA yang sudah menikah)
  4. Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
  5. Pas foto 4×6 dengan background kuning sebanyak 6 lembar

Cara Membuat SKCK Online

Sebagai gambaran, berikut ini akan dijelaskan prosedur membuat SKCK online secara runut. Misalnya kamu berasal dari Bekasi, maka untuk membuat SKCK online kamu harus:
  • Mengakses website skck.polri.go.id. Jika sudah, pilih menu formulir online SKCK, kemudia klik Next Step
  • Berikutnya, kamu akan diarahkan ke menu pengisian Data Pribadi, mulai dari nama, NIK, wilayah Polres, sampai yang paling akhir adalah perintah upload foto. Ingat, fotomu harus ber-background merah dengan ukuran 4×6
  • Setelah tahap kedua selesai, kamu akan diarahkan ke halaman baru. Di sini kamu akan diminta untuk mengisi nama ayah dan ibu kandung, alamat tempat tinggal, pekerjaan, sampai nama saudara kandung
  • Selanjutnya, isi Data Pendidikan yang memuat nama sekolah, kota, serta tahun lulus sekolah
  • Berikutnya akan ada kotak dialog yang menampilkan pertanyaan apakah kamu pernah terlibat tindak pidana atau tidak. Isi saja lalu klik Next
  • Isi dengan jujur tujuan kamu membuat SKCK, apakah untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, atau yang lainnya. Klik Next
  • Terakhir, klik Kirim Data untuk memastikan bahwa permohonan SKCK-mu terproses oleh sistem
  • Jangan lupa mencatat kode atau nomor registrasi untuk dibawa ke loket Polsek/Polres guna ditukarkan dengan SKCK aslinya
  • Di loket bisa saja kamu akan ditanya mengenai rumus sidik jari. Tak usah bingung, kamu tinggal mengurusnya di Polres dengan surat rekomendasi dari Polsek setempat. Biaya perekaman rumus sidik jari ini sendiri gratis lho, kamu hanya perlu menyiapkan syarat-syaratnya, yaitu:
  • Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  • Foto depan ukuran 4×6 background merah 2 lembar
  • Foto samping kiri ukuran 4×6 background merah 1 lembar
  • Foto samping kanan ukuran 4×6 background merah 1 lembar
  • Melengkapi form sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik lainnya)

Kalau semua syarat sudah penuh, kamu hanya tinggal mengantri di depan loket untuk membayar biaya penerbitan SKCK. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen yang diperlukan ya.

Syarat Perpanjang SKCK baru:

  1. Membawa SKCK lama yang telah habis masa berlakunya yang Asli/Legalisir
  2. Membawa fotokopi KTP/SIM
  3. Membawa Fotocopy KK ( Kartu Keluarga )
  4. Membawa Akta kelahiran/Surat kelahiran
  5. Membawa Pas Foto 4x6 terbaru 3 lembar berwarna

Catatan: Jika kamu baru mebuat SKCK kamu membawa 6 lembar, jika perpanjang SKCK cukup membawa Pas Foto hanya 3 lembar dan Mengisi Formulir Perpanjangan SKCK
Sekian artikel tentang cara membuat SKCK, terima kasih dan semoga bermanfaat bagi kamu semua. Jangan lupa share artikel ini yah.

0 comments: