Blogger VS Wordpress Self Host, Mana yang Lebih Baik?

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Berbicara mengenai platform blog yang cukup terkenal yaitu blogger dan wordpress, pada kesempatan kali ini saya membuat artikel dengan judul "Blogger VS Wordpress Self Host, Mana yang Lebih Baik?" yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing platform ini, Mari kita simak artikelnya,

Sebenarnya, ada banyak platform untuk membuat suatu blog, itu juga ada yang gratis ada pula yang berbayar. Nah, dari sekian banyak platform website, yang terkenal dan sering kita pakai salah salah satunya blogger.com dan wordpress self hosted ( wordpress yang menggunakan hosting sendiri ). Semuanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Seringnya kita melihat saat ini lebih banyak orang yang membuat website menggunakan blogspot dari blogger.com karena tampilannya simple, membuatnya blognya cepat, banyak template gratis mudah digunakan dan tentunya gratis. Nah, itu salah satu keunggulan dari blogger.com namun bagaimana dengan wordpress? Lanjut saja yuk bacanya.
Blogger VS Wordpress Self Host
Blogger VS Wordpress Self Host


Berikut ini adalah Keunggulan dari Wordpress Self Hosted

1. Fitur Lebih Sempurna

Dibandingkan dengan fitur wordpress yang gratisan, Wordpress self hosted sebenarnya jauh lebih baik dan lebih sempurna dibandingkan yang versi gratisnya. Yang saya suka dari wordpress adalah fitur pluginnya, kita bebas menambahkan plugin sesuai keinginan kita, yang tentunya kita dapat leluasa dalam memodifikasi website / blog kita baik dari segi SEO maupun dari segi tampilan. Enak bukan? Pastinya dong.

2. Anda Jadi Lebih Leluasa dalam Mengatur Website

Bagi anda yang menggunakan wordpress self hosted tentunya kita lebih leluasa dalam mengatur website /blog kita mulai dari mengedit / mengkustom tema /theme blog, widget , plugin dan sebagainya. Tak hanya membuat blog saja, kita dapat membuat website ol shop/ website penjualan, website profile perusahaan, website video dan masih banyak lagi tentunya.

3. Website Anda Akan Terlihat Lebih Professional

Menggunakan wordpress self hosted, tentunya website kita akan terlihat lebih professional dari website biasanya. Bisa di Pasangi berbagai Iklan Ini adalah salah satu tujuan banyak orang dalam memiliki website . Ini adalah salah satu cara memonetasi sebuah website . Jika ada orang yang mau pasang iklan di website kita maka kita akan mendapatkan uang.

4. Lebih Mudah dalam Optimasi SEO

SEO atau search engine optimized adalah salah satu cara bersaing di mesin pencari google . Kenapa lebih mudah ? Karena kita dapat menginstall plugin-plugin yang membantu SEO .

5. Postingan Artikel / Nama Domain Mudah Masuk Halaman Pertama Google !


Seperti yan dijelaskan pada nomor 4, Inilah kelebihan pertama dari web berbayar ini. Pengalaman saya menggunakan blogger.com dengan wordpress sangat berbeda sekali dari segi seo (Saya bandingkan dengan blog blogger baru). Saya merasa semua artikel yang saya buat sangat mudah sekali untuk masuk halaman 1 google. Itu dikarenakan karena pada wordpress banyak sekali pendukung plugin seo yang membantu dalam meningkatkan kualitas seo aetikel website, Salah satu plugin yang terkenal adalah SEO by yoast.Dan yang tak kalah penting saat kita menggunakan wordpress self hosting adalah nama domain kita sangat mudah sekali berada di page one google dalam waktu yang cepat. Jika anda ingin membuktikanya anda dapat membuat wp self hosted sekarang.

Dibalik kelebihan pastinya ada kekurangan juga dong, nah inilah Kelemahan dari Wordpress Self Hosted

Berikut ini adalah Kelemahan dari Wordpress Self Hosted

1. Banyak Biaya yang Dikeluarkan

Untuk membuat Wordpress Self Hosting anda butuh domain dan hosting sendiri. Tentunya kita harus membelinya atau bahasa lainnya modal dulu lah. Biasanya untuk harga hosting berkisar $1-5 / bulan dan domain $8-15 / tahun. Tapi bisa kita mendapat lebih murah jika ada promo dari penyedia hosting atau domain tersebut. jadi sebelum membangun website cobalah anda cari promo-promo domain atau hosting agar menghemat pengeluaran anda, tapi ingat selalu lihat testimoni dari penyedia hosting nya ya agar kita tahu itu bagus atau tidak, kalau tidak siap-siap anda menemui kendala lainnya.


2. Wordpress Self Hosting Rentan Serangan Hacker

Mungkin karena wordpress terkenal serta banyak digunakan oleh blogger dan sangat populer , maka saya tak heran jika wordpress menjadi bulan-bulanan para hacker. Waduuh... Biasanya hacker menyerang dengan DDOS,  SQL Injection, Brute Attack Force, dan masih banyak lagi cara -cara lainnya. Tujuan mereka adalah agar mereka mendapat username dan password admin dari blog anda. Admin juga pernah kena seperti itu, dulu website admin yang satunya terkena deface, sedih rasanya, untung saja masih dapat dikembalikan lagi, saran saya backup data-data dari website anda dan gunakan plugin security seperti WordFence pada blog anda.

3. Sering Mengalami Masalah Server

Jika anda pengguna wordpress self hosting, Biasanya masalah server yang terjadi adalah server down , sehingga website anda tidak dapat di akses . Penyebabnya juga bermacam-macam. Mulai dari serangan DDOS atau karena terlalu banyak pengunjung . Karena terlalu banyak pengunjung dan server tidak kuat, ini juga bisa membuat website bekerja lebih dari seharusnya dan akhirnya website menjadi down. agar tidak di DDOS gunakan CloudFlare agar ip website anda tidak diketahui si Tangan Jail tersebut.


Nah kelebihan dan kekurangan wordpress kan sudah dijelaskan sekarang baca yuk kelebihan dan kekurangan dari blogger, mari baca lagi:

Berikut ini adalah Kelebihan dari Blogger

1. Terintegrasi dengan Google Account. 

Jika anda sudah memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com. sehingga proses Proses Sign Up mudah. tanpa daftar hosting lagi.

2. Gratis

ini nih yang saya suka dari platform google, anda buat website apapun itu gratis... tis..., tentunya dengan subdomain blogspot.com yaa....

3. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti

Tak seperti wordpress yang mungkin sedikit rumit bagi orang yang tak terbiasa menggunakannya, panel kontrol dalam blogger cukup sederhana dan saya jamin deh mudah dalam penggunaannya. :D
Untuk pengeditan template juga tidak begitu rumit jika mengetahui kode css, js dll.

4. Bisa Memiliki Banyak Blog dalam Satu Account

Seperti yang saya jelaskan tadi pada nomer ke 2, selain gratis kita dapat membuat banyak blog dalam 1 akun, wordpress self host sebenarnya bisa membuat banyak blog namun kita harus modal hosting premium support unlimited domain dan domain tentunya walaupun tentuna bisa diakali dengan menambah sub domain. 

5. Aman dari Hacker

Untuk sekarang blogger masih aman dari segala macam hack, website saya pernah juga pernah dibomb auto visitor dan ngga ngefek sama sekali.

Berikut ini adalah Kekurangan dari Blogger

1. Tampilan Dashboard Terlalu Sederhana

Mungkin bgi blogger yang sudah PRO, menganggap tampilan blogger terlalu sederhana, ya iya lah kalau sudah PRO pidah aja ke Wordpress self hosting. He he Bercanda.


2. Tak ada Plugin

Untuk plugin memang blogger tidak menggunakannya, jadi bisa saja blog anda yang menggunakan blogger kalah seo sama blog baru yang menggunakan wordpress self hosting karena ia mengguakan banyak optimasi SEO dari Pluginnya. dan untuk komentar di blog belum bisa difilter secara otomatis sehingga spam komentar bisa saja terjadi.

3. Penghapusan Blog Sepihak oleh Pihak Google

Mungkin karena melanggar TOS google bisa saja blog kamu dihapus oleh google, atau mungkin tanpa kesalahan apapun tiba-tiba google menghaps blog kamu, Marah? Mau Nuntut Google? Kaga mungkin, jadi setiap bulan sempatkan waktu untuk backup postingan kamu, dan jika terjadi apa-apa perjuangan kamu selama ini membuat blog menjadi tidak sia-sia.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai Bagusan mana sih, WordPress atau Blogger dengan judul "Blogger VS Wordpress Self Host, Mana yang Kebih Baik?". Untuk kesimpulan saya untuk baru memulai membangun blog gunakan blogger, dan jika sudah ada dana yang cukup beralih lah ke Wordpress Self Host. Nah kok admin masih pake blogger? Iya karena danifin.net adalah blog admin tercinta. Walaupun visitornya masih kalah sama blog wordpress admin lainnya, tapi admin senang bisa berbagi sesuatu di blog ini. Puas dengan Artikel ini Share dan Komentar dong. lebih bagus kasih reward (Ngarep). Terimakasih

Tag: wordpress vs blogspot bagus mana, perbandingan blogger vs wordpress,pilih wordpress atau blogspot,blogspot atau wordpress untuk adsense
Blogger VS Wordpress Self Host, Mana yang Lebih Baik?
4/ 5
Oleh

Related Posts

0 comments: