Tipe Dosen dan Cara Mengatasinya

shares |

Loading...

Tipe dosen dan Tips Menghadapi Dosen Tersebut

Hai sobat danifin, Untuk kamu yang akan kuliah atau baru mulai kuliah, coba kamu pelajari trik ini, karena selain dosen itu ada tipe-tipenya, danifin juga akan memberi sedikit tips atau cara untuk menghadapi dosen-dosen seperti di bawah ini.

1. Dosen Normal

Dosen yang ini normal-normal aja ga ada yang spesial dari dia. Kadang masuk telat, kadang tepat waktu/on time. Dan Kalau dia mau nggak bisa ngajar dia akan beri kabar terlebih dahulu. Di kelas peekuliahan juga dia ngajar aja selayaknya seorang dosen, kadang dia beri quiz dan tugas. Dan ketika waktu ujian, kalo kamu belajarnya dengan niat, kamu bisa dapat A, kalo kamu enggak belajar atau setengah-setengan ya kamu bisa-bisa nggak lulus.

Cara Menghadapi Dosen: Belajar saja yang benar/sungguh-sungguh, aktif di kelas, jangan keseringan bolos kuliah.

2. Dosen Killer

Biasanya untuk dosen ini, 5 Menit sebelum kelas dimulai beliau sudah duduk rapih di mejanya. Proyektor dan laptop sudah menyala, papan tulis sudah bersih dan spidol sudah siap. Ketika waktunya tiba, kelas pun dimulai. Beliau mulai mengabsen mahasiswa-nya satu persatu. Jika kamu datang hanya 2 menit setelah absen selesai, tiada ampun bagimu.

20 menit kelas berjalan, si beliau ini sedang konsentrasi menjelaskan materi kuliah hari ini, semua tampak memperhatikan, dan ada beberapa yang mencatat. Namun tiba-tiba terdengar suara obrolan di belakang. Teguran keras dan ancaman langsung keluar dari mulutnya. Dan ternyata, ada mahasiswa yang tidur! Betapa besar nyalinya. Beliau pun membangunkan mahasiswa tersebut, dan membombardirnya dengan beberapa pertanyaan sulit. Sang mahasiswa yang masih setengah sadar hanya bisa terdiam, dan beliau pun langsung mengusirnya sambil menyuruhnya untuk cuci muka. Kuliah pun berjalan kembali, semua mata tertuju ke depan, ketakutan. Pokoknya horror deh
Beberapa minggu kemudian, nilai ujian pun keluar. Kamu sudah belajar keras untuk mendapatkan nilai bagus di kelas ini, sampe-sampe kamu begadang 2 malam. Ternyata, nilai kamu C. Selamat ya. Udah bisa lulus aja untung kalo sama dosen yang ini. Jadi jangan berharap lebih.

Cara Menghadapi Dosen: Banyak-banyaklah berdoa dan belajar. Jangan banyak tingkah dengan dosen ini, dan tinggalkan kehidupan sosial dan percintaan selama masa ujian.

3. Dosen Tua

Dosen-dosen tua atau berumur, biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang studinya, dan juga mempunyai segudang pengalaman untuk dibagi ke mahasiswanya. Karena sudah tua, biasanya mereka sudah nggak aneh-aneh waktu mengajar. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya karena dosen tua lebih cepat lelah. Mereka juga cenderung tidak pelit dalam hal memberi nilai.

Kelemahannya hanya 1, karena mereka sudah tua, biasanya mereka gaptek. Kalo ngajar masih pake OHP(tau kan yg pake cahaya dikasih mika yang ada tulisannya) atau slide manual, dan kalaupun bisa pake komputer, nyalainnya bisa 15 menit sendiri. Dan biasanya laptopnya penuh dengan virus, hati-hati kalau mindah file dari laptop dosen ini ya...

Cara Menghadapi Dosen: Cari mukalah dengan cara membantu menyalakan ohp, proyektor, laptop, pokoknya yang berbau modern deh.

4. Dosen Nyentrik

Dosen nyentrik ini biasanya yang paling diingat oleh mahasiswanya, karena mereka punya ciri khas yang sangat aneh, baik itu kelakuan ataupun dalam hal penampilannya.

Misalnya dulu admin danifin punya dosen yang suka pake topi koboi dan kuteks warna warni waktu ngajar, padahal si dosen ini adalah bapak-bapak, dan hobinya adalah bercanda bok*p. Terus pernah lagi admin danifin punya dosen yang fanatik sama sebuah klub sepak bola, jadi kalau klubnya itu menang pas mengajar bakalan jadi super baik deh, terlebih sama mahasiswa yang pake kaos klub bola tersebut. Tapi kalo klubnya itu kalah, semua bisa kena omel sama dia tanpa alasan atau alasan yang dibuat-buat. Dan kalau kalahnya pas lagi musim ujian, yaa siap-siap aja ngulang semester depan. Tapi jangan pesimis ya..

Cara Menghadapi Dosen: Pelajari gerak gerik dan ciri khasnya. Gunakan informasi tersebut untuk keuntungan kamu. Atau gabung ke komunitasnya.

5. Dosen Gaib

Aneh ya namanya, Dosen-dosen gaib itu biasanya punya kerjaan selain ngajar di kampus, dan cuma ke kampus kalo mau ngajar aja. Nggak banyak yang kenal mukanya, soalnya emang jarang banget keliatan.

Pas Hari pertama masuk kelas, datengnya telat. Abis itu cuma bagiin silabus dan ngejelasin apa yang bakal dipelajarin di kuliah ini secara singkat, dan kelas pun berakhir setelah hanya satu jam. Minggu-minggu setelahnya, kadang datang kadang tidak. Waktu nggak datang, nggak ada kabar dan nggak jelas bakal ada kelas pengganti atau enggak. Palingan si asistennya aja yang gantiin dia ngajar atau ngasih tugas. Bete kan?

Waktu ujian tiba, kamu pun belajar seadanya dari buku, karena sebenernya kamu dan temen-temen nggak ngerti-ngerti amat sama mata kuliah ini gara-gara dosennya ghaib. Dan setelah nilai keluar, kamu pun bingung kenapa nilai kamu segitu. Benar-benar gaib.

Cara Menghadapi Dosen: Dosen ini gaib seperti ninja. Kamu harus waspada, buka mata dan telinga untuk serangan tiba-tiba.

6. Dosen Baik

Defisini dosen baik itu singkat, padat dan jelas : Dosen yang tidak macam-macam dan memberi kamu nilai A.

Cara Menghadapi : Jangan ngelunjak mentang-mentang dosennya baik. Bisa-bisa dia jadi dosen killer gara-gara kamu

Semoga teman-teman makin termotivasi untuk kuliah di tempat yang diinginkan. Bila anda tercapai kuliah di kampus impian, maka semakin betahlah di kampus, apapun tipe dosennya. Semoga bermanfaat

0 comments: