Penyebab Kentut Bau dan Cara Mengatasinya

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Anda penasaran kok bisa ya kentut itu bau? Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kentut bau busuk? Perut yang terasa kembung dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab atau faktor, juga dikarenakan dari konsumsi makanan tertentu, atau juga dapat terjadi akibat penggunaan obat-obatan yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Penyebab serta beberapa solusi sederhana untuk mengatasi masalah kentut yang bau ini akan dibahas dalam artikel kali ini.

Skemanya seperti ini, Gas di dalam usus adalah campuran dari oksigen, nitrogen, karbondioksida, hidrogen dan metana. Gas ini dihasilkan sebagai produk sampingan selama proses pencernaan makanan. Hal ini umumnya dikeluarkan dari tubuh, baik melalui mulut atau melalui rektum. Ketika gas ini dikeluarkan melalui mulut, hal ini disebut dengan sendawa atau bersendawa, sementara gas yang dikeluarkan melalui rektum disebut flatus, lazimnya kita menyebutnya buang angin, atau yang lebih akrab adalah dengan sebutan “KENTUT”. Gas yang melewati rektum kadang bau dan kadang juga tidak bau. Jika kentut ini berbau busuk, hal ini sering disebabkan oleh fermentasi bahan makanan atau sampah di dalam usus besar. Fermentasi tersebut menghasilkan gas sulfur yang mengakibatkanbau busuk pada kentut.

Penyebab Kentut

Banyak faktor dapat menjadi penyebab kentut. Salah satu penyebab sering kentut paling umum / paling sering adalah menelan udara saat makan, yang disebut dengan istilah aerophagia. Hal ini dapat menyebabkan bersendawa dan masalah perut kembung setelah makan. Namun, hal biasanya tidak menyebabkan kentut dengan bau busuk. 

Penyebab Kentut Bau


Kentut dengan bau yang busuk dapat disebabkan oleh pencernaan makanan oleh bakteri di usus. Makanan tertentu yang mengandung jumlah tinggi serat dan karbohidrat kompleks seperti polisakarida, tidak dapat sepenuhnya dicerna oleh enzim perut. Hal ini memberikan kesempatan bakteri di usus untuk mencerna makanan ini dan menghasilkan gas sewaktu masih dalam proses. Ini adalah alasan mengapa makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, dan produk gandum menyebabkan bau busuk pada kentut.

Mengkonsumsi produk susupun juga dapat menyebabkan kentut. Pada kasus intoleransi laktosa, tubuh tidak dapat sepenuhnya mencerna susu dan produk makanan yang dibuat dari produk susu. Ini memungkinkan bakteri di usus untuk melakukan fermentasi dan menghasilkan gas. Selain ini, kondisi lain dapat disebabkan oleh sembelit, penyakit radang usus, ulcerative colitis, diverticulitis dan sindrom iritasi usus besar. Biasanya, terlalu sering menggunakan obat pencahar serta asupan obat-obatan tertentu seperti antibiotik juga dapat menyebabkan masalah ini.


Berikut tips untuk mengatasi kentut dan baunya;

1) Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi 

Makanan berkarbohidrat tinggi misalnya ketela, kentang, dan singkong. Kelebihan karbohidrat dalam diet seseorang dapat menyebabkan masalah gas dan sering kentut.

2) Mengurangi jumlah udara yang Anda telan. 

Hindari berbicara dan tertawa sambil makan, karena perilaku seperti ini mengakibatkan menelan udara berlebihan. Makan dan minum perlahan dan mengunyah makanan Anda dengan baik. Mengunyah permen karet dan merkok menyebabkan udara yang Anda hirup juga menjadi berlebihan. Akumulasi udara ini menyebabkan kembung, membuat perut tertekan, dan menimbulkan gas.
Juga, kurangi kebiasaan minum dengan menggunakan sedotan. Cara ini dapat menyebabkan udara lebih banyak masuk ke dalam saluran pencernaan.

3) Hindari konsumsi makanan pedas 

Makanan pedas bisa meningkatkan volume asam lambung yang dapat menimbulkan iritasi.

4) Hindari minuman yang bersifat asam 

Kelebihan konsumsi minuman yang bersifat asam juga perlu dihindari, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan alkohol. Ini cenderung menyebabkan iritasi pada saluran gastro-intestinal. 

5) Kurangi sayur dan buah yang menimbulkan gas 

Makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, kubis, brokoli, kacang, dan pisang.

Itu saja penjelasan dari Penyebab Kentut Bau dan Cara Mengatasinya, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tag: bayi 1 bulan sering kentut, kentut busuk,sering kentut saat hamil, penyebab sering kentut

0 comments: