Cara Update Windows Defender secara Offline 100% Work

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Anda pengguna Windows 10? Pasti kenal dong dengan Windows Defender, Nah, Windows Defender adalah antivirus buatan microsoft bawaan Windows 10 yang secara default diaktifkan ketika Windows 10 anda selesai di install di PC anda. Aplikasi Windows Defender berguna untuk melindungi PC dan data yang anda miliki dari gangguan spyware, virus,  malware, dan lain-lain.

Nah, Jika Anda belum pernah mengubah konfigurasinya, Windows Defender akan otomatis mendownload pembaruan antivirus dari server Microsoft ketika update tersedia melalui internet. Biasanya Microsoft merilis update baru untuk Windows Defender setiap hari yang disediakan melalui Windows Update. Jadi, Anda perlu mengaktifkan layanan Windows update agar basis data Windows Defender Anda selalu up to date.

Sayangnya, banyak pengguna yang sengaja mematikan fitur Windows update dengan sengaja (termasuk juga saya). Salah satu penyebab/alasannya adalah karena proses update memakan bandwidth yang cukup banyak sehingga sering kali mengganggu aktivitas berselancar di dunia maya. Untuk mengakali hal yang sangat menggangu tersebut, kita dapat mengupdate Windows secara berkala dengan jalan manual atau dengan update offline.

Untuk itu, Jika Anda juga termasuk salah satu pengguna yang mematikan/menonaktifkan layanan Windows update tersebut, dan saat ini ingin mencoba mengupdate Windows Defender secara manual, tenang saja caranya cukup mudah kok. Hal yang perlu Anda lakukan hanya mengunduh update Windows Defender dari server Microsoft lalu menjalankannya di PC Windows 10.

Update Windows Defender secara manual di Windows 10


Tips: Cara di bawah ini juga dapat kita gunakan untuk mengupdate Windows 10 PC secara offline.

Selanjutnya anda ikuti langkah di bawah ini dengan cermat dan teliti  agar proses update dapat berjalan dengan lancar.

Langkah 1: Sebelum anda mengunduh file update Windows Defender, terlebih dahulu buka aplikasi Windows Defender dengan cara mencarinya di Start menu atau melalui icon yang ada di system tray, lalu cek versi dan tanggal yang terinstall.

Setelah jendela Windows Defender terbuka, klik tab Update untuk mengetahui kapan pembaruan terakhir di install. Catat terlebih dahulu definitions last updated and virus dan spyware definition version sebelum anda melanjutkan ke langkah 2.

Jika update yang terinstall memiliki tanggal kurang dari 24 jam, Danifin sarankan untuk mengupdate lain kali saja.

Langkah 2: Kunjungi halaman ini dan scroll kebawah hingga Anda menemukan daftar update Windows Defender untuk Windows 10, Windows 8, dan Windows 7.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini, Microsoft menawarkan berkas pembaruan yang terpisah untuk arsitektur sistem 32-bit, 64-bit, dan ARM. Cek terlebih dahulu arsitektur Windows 10 yang saat ini sedang digunakan sebelum anda melanjutkannya.Download Update Offline Windows Defender

Pastikan file update yang Anda download adalah untuk sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10.

Langkah 3: Setelah file update yang didownload sudah selesai , jalankan file yang baru saja Anda dapatkan tersebut untuk menginstall pembaruan/update. Caranya, cukup klik dua kali file update untuk memulai proses update. Saat proses update berjalan, Windows tidak menampilkannya di thread ui, namun hanya dijalankan sebagai background process saja.

Windows Defender Anda saat ini seharusnya sudah berhasil diperbarui ke versi paling baru.

Langkah 4: Jalankan kembali aplikasi Windows Defender, pindah ke tab Update lalu cek versi update dan tanggal instalasi untuk memastikan update terbaru tadi sukses di install.

0 comments: