Ayo Mulai TES Buta Warna

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, tahukah anda tentang Buta Warna? Buta warna merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan atau kelainan pada sel kerucut di dalam retina sehingga mata tidak mampu menangkap spektrum warna tertentu dari cahaya yang dipantulkannya. Dalam beberapa kasus, buta warna disebabkan oleh faktor keturunan atau bawaan sejak lahir. Namun demikian, buta warna juga dapat terjadi karena faktor umur, penyakit atau kecelakaan pada seseorang. Secara medis, kemungkinan (prevalensi) terjadinya buta warna pada anak laki-laki jauh lebih banyak jika dibanding dengan anak perempuan.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna ataupun tidak dapat dilakukan dengan tes buta warna. Tes warna ini sangat di perlukan bagi seseorang yang saat akan melamar kerja, saat membuat contoh curriculum vitae ataupun saat masuk di perguruan tinggi. Pada dasarnya, test buta warna digunakan untuk mengetahui seseorang apakah mampu untuk membedakan warna-warna tertentu dalam menjalankan tugasnya.


Seperti yang dijelaskan diatas bahwa penyebab buta warna adalah ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap spektrum warna tertentu yang diturunkan secara genetik pada kromosom X. Artinya, seseorang akan merasa kesulitan untuk membedakan warna-warna tertentu yang terdapat pada sebuah objek atau benda. Sedangkan pada buta warna parsial (buta warna sebagian), seseorang akan mengalami kesulitan dalam membedakan warna merah, hijau, biru atau campuran dari berbagai warna.

Contoh Tes Buta Warna


Beberapa gambar dibawah ini dapat anda gunakan untuk mengetahui apakah anda memiliki kelainan membedakan warna atau tidak. Test yang paling sering dilakukan oleh dokter untuk mengetahui kemampuan mata melihat warna adalah dengan melihat gambar test buta warna angka seperti dibawah ini. Silahkan kamu menebak berapa angka yang terdapat di gambar ini.









Apa hasil test yang kamu peroleh? Jangan lupa tulis di komentar ya, Share artikel ini jika bermanfaat


0 comments: