Tutorial Memendekkan URL Melalui goo.gl Lengkap Dengan Gambar

shares |

Loading...


Hai sobat danifin, Bagi anda seorang blogger, Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah URL Shortener, yaitu situs/layanan online publik untuk mempersingkat URL yang panjang, tujuanya yaitu untuk mepersingkat atau memperpendek alamat website maupun blog yang ingin dipersingkat URL nya karena alasan terlalu panjang dan juga untuk menutupi link utamanya dengan alasan tertentu.
Sebenarnya di internet sudah banyak kita temui website yang menyediakan layanan untuk memperpendek/mempersingkat link secara gratis, namun kali ini kita akan membahas tentang URL Shortener milik salah satu perusahaan besar yang sudah terkenal di dunia maya yaitu Google untuk websitenya adalah http://goo.gl.

Google URL Shortener di goo.gl adalah layanan milik google yang berfungsi memendekkan URL panjang menjadi beberapa karakter saja sehingga link tersebut jadi lebih mudah dibagi, diingat, dan dibagikan kepada orang lain.


Kelebihan dari layanan Google URL Shortener ini daripada URL Shortener yang lain adalah Kestabilan, Keamanan dan Kecepatan. Google yang punya infrastuktur yang bisa dibilang tidak terbatas sudah jelas membangun layanan ini diatas pondasi yang sama dengan produk-produknya yang lain, sehingga kestabilan bisa langsung dijamin. Untuk keamanan, Google menerangkan bahwa layanan yang satu ini memakai Filtering Engine yang juga dipakai oleh GMail untuk mendeteksi email-email Spam. Artinya kita sebagai sasaran tautan pendek ini (yang nge-klik) bisa punya keyakinan bahwa tautan asli dibalik sebuah tautan Goo.gl akan aman dari tautan yang aneh-aneh. Terakhir kecepatan, Google bilang kalau mereka selalu mengoptimasi kecepatan mereka. Kecepatan yang kita bicarakan disini adalah waktu yang berlalu dari saat kita klik tautan pendek tersebut sampai kita dihantarkan ke tautan asli, sehingga bagi anda seorang blogger tak perlu khawatir visitor akan kabur gara-gara fitur ini..


Perpendek/Persingkat Tautan/Link dengan Goo.gl




Sebenarnya cara menggunakan layanan ini sagatlah mudah dan cepat untuk itu kali ini saya akan bagikan cara meperpendek URL nya.

1. Buka situs Google URL shortener di https://goo.gl/.
situs goo.gl

2. Copy link URL yang ingin anda perpendek.
3. Paste link URL tersebut sesuai dengan gambar.


4. Centang saya bukan robot, untuk melewati kode verifikasi dari google agar kita tidak dikira melakukan spam.
5. Klik Shorten URL.
6. Proses pemendekan link sedang dilakukan silakan tunggu beberapa saat.
7. URL anda sudah selesai diperpendek silakan anda copy hasil linknya (http://goo.gl/YkwKvg) dan silakan anda gunakan sesuai dengan keinginan anda.

Itulah tadi cara memperpendek URL melalui Google URL Shortener. sebenarnya masih banyak link Shortener yang lain mungkin nanti akan saya buatkan tutorialnya disini. Tunggu Update artikel dari saya tiap hari.
Terima Kasih.

0 comments: