Memperkecil/Kompres Ukuran Foto HD Tanpa Mengurangi Kualitas

shares |

Loading...
Ada berbagai macam cara untuk memperkecil ukuran Foto yang terlalu besar (misal lebih dari 1 MB) sehingga untuk membukanya saja atau malah menampilkan thumbnail (gambar mini) kita memerlukan waktu yang lama karena proses loading. sementara file tersebut sebenarnya tidak terlalu penting, kita tidak memerlukan kualitas yang benar-benar tinggi, seperti misal untuk percetakan dalam skala yang besar, seperti Baleho, Spanduk, Poster atau semacamnya.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Foto HD Tanpa Mengurangi Kualitas



Saya sendiri biasa memiliki ukuran Foto dari kamera smartphone seukuran sekitar 5 MB untuk tiap file. lalu saya memperkecil/kompres sehingga menjadi sekitar 600 KB sampai 1,3 MB saja. karena saya memang tidak suka file gambar yang ukuran besar. selain lama pada proses membuka gambarnya, juga gambar yang berukuran besar akan menghabiskan banyak memori yang kita miliki. sehingga, compressing gambar adalah hal yang sering saya lakukan.
Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Foto HD Tanpa Mengurangi Kualitas



Gambar adalah suatu seni lukis yang menyajikan sebuah karya berwarna berbentuk sesuatu. Dengan adanya gambar, kita semakin terbantu dalam bidang apapun. Misalnya, jika anda menuliskan tutorial tentang Desain Template Blog, maka bagi para pemula akan merasa kesulitan untuk mengukuti petunjuk yang diberikan bila tanpa adanya gambar yang mendukung, Betul tidak? Oleh karena itu, gambar akan lebih mempermudah pekerjaan anda dan membantu seseorang tahu tentang suatu hal sedetail mungkin.


Size atau ukuran suatu gambar dapat ditinjau melalui dari seberapa tajam dan seberapa jernih dari suatu gambar. Pada gambar atau foto yang memiliki kualitas yang bagus, pasti ukuran file alaminya akan terbilang besar. Belum lagi jika anda ingin sekali membagikan gambar atau foto tersebut dengan mengunggahnya di internet, pasti akan memakan waktu yang lama jika ditambah koneksi internet yang lambat. cukup jengkel bukan?


Untuk itu kami merekomendasikan untuk mengkompres gambar atau foto agar size atau ukuran filenya bisa dikecilkan. Namun, tentunya tidak akan merusak kualitas gambar atau foto tersebut. Trik yang saya bagikan kali ini adalah mengkompres gambar tanpa software atau dengan menggunakan jasa online. Ini sangat menguntungkan. Mengapa? Karena hanya dengan jasa online, kita sudah menghemat paket data karena kita tidak perlu lagi mendownload software pengolah gambar yang terkadang berukuran file yang terbilang besar. Kita juga tidak perlu menggunakan jasa PhotoShop yang memerlukan keahlian khusus dalam mengaplikasikannya, yang terkadang jika anda menggunakan PhotoShop gambar akan terkompres namun kualitas gambar akan menjadi rusak.


Situs online yang menyediakan jasa pengompresan gambar adalah jpeg-optimizer.com. Tetapi syarat utama jika menggunakan situs ini adalah format gambar harus JPEG. Jika anda mempunyai format gambar lain, bisa memakai format factory untuk merubah typenya. Keuntungan situs jpeg-optimizer.com adalah loading situs yang ringan dan tampilan yang sederhana, membuat prosesmengkompres gambar atau foto menjadi lebih cepat. Kelebihan lain dari jasa situs ini adalah mampu menghemat gambar atau foto hingga 80%.

Berikut ini, Cara Kompres Ukuran Gambar tanpa Merusak Kualitas Gambar:
  1. Silahkan kunjungi situs jpeg-optimizer.com.
  2. Klik Browse untuk memilih gambar yang diinginkan.
  3. Angka 65 menunjukan level pengompresan. Semakin kecil level, maka semakin kecil ukuran file gambar.
  4. Hilangkan centang pada Resize Photo.
  5. Klik Optimize Photo, dan tunggu hingga selesai.
  6. Terakhir, klik kanan pada gambar, lalu Save As.
Nah, itulah Tips Memperkecil Gambar / Foto HD Tanpa Mengurangi Kualitasnya, Semoga Bermanfaat.

0 comments: