Inilah 5 Hewan yang Menghasilkan Listrik

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, bicara soal listrik nih, pasti tau dong sama yang namanya listrik, nah, pada kesempatan ini saya akan sharing tentang hewan apa saja yang menghasilkan listrik di dalam tubuhnya. mari kita simak.

Semua hewan memancarkan muatan listrik saat kontraksi otot, Namun hanya beberapa hewan saja yang dapat menghasilkan listrik. kemampuan inilah yang digunakan hewan tersebut untuk mencari mangsa, melawan musuh atau sebagai navigasi.

5 Hewan Unik yang Menghasilkan Listrik

Berikut ini contoh hewan yang memiliki kelistrikan dalam tubuhnya:

1. Ikan Belalai Gajah (Nama Latin: Gnathonemus petersii)

hewan ini ditemukan di sekitar sungai di Afrika Barat dan Tengah, ikan ini memiliki tonjolan seperti belalai dari kepala. Perlu diketahui, tonjolan tersebut adalah mulut bukanlah hidungnya. Organ tersebut diselimuti elektroreseptor yang gunanya sebagai pertahanan diri, komunikasi dan navigasi. di bagian ekor hewan ini dilengkapi organ yang menghasilkan listrik khusus yang terdiri dari banyak electroplax.

2. Pari Listrik

ikan bertulang rawan ini memiliki organ penghasil listrik di kedua sisi kepalanya, fungsi listrik sebagai anti-predator dan alat berburu.ikan pari listrik dapat melepaskan muatan hingga 200 volt bahkan dapat mengalirkan  arus listrik sampai 30 ampere. Ikan ini mampu membunuh manusia dalam sekejap, namun jangan khawatir ikan ini cenderung pasif kok.

3. Belut listrik

Ikan ini ditemukan di perairan Amerika Selatan, Belut Listrik memiliki 5000-6000 electroplax yang dapat menghasilkan listrik hingga 600 volt selama 2 milidetik, jika merasa terganggu ia dapat mengaliri arus listrik hingga 1 jam lho, ga kebayang kan klo kesetrum dia, he he...

4. Hiu kepala martil

Hiu ini memiliki ratusan ribu elektro-reseptor sehingga dapat mendeteksi sinyal listrik lemah sekalipun dari mangsanya, kemampuan ini yang memungkinkan hiu martil dapat mendeteksi mangsanya yang berada di dasar laut serta dapat mendeteksi arus laut yang bergerak dalam medan bumi.



5. Echidna

Hewan ini memiliki tubuh berduri dan moncong memanjang yang berfungsi sebagai mulut dan hidung. bagian moncong ini yang memiliki 400 electroplax mengirim sinyal-sinyal listrik untuk membantu menemukan makanannya.

Nah, itu dia macam-macam hewan yang dapat menghasilkan listrik, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Amiin.

0 comments: