Pengertian Permalink dan Kegunaannya di Blogger

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, Mungkin bagi sebagian besar blogger pemula seperti saya, tidak banyak yang saya pahami mengenai fasilitas permalink di sidebar yang disediakan oleh blogger itu sendiri. Untuk itu saya mencoba mencari pengertian dan kegunaan dari permalink itu sendiri. Nah, setelah browsing sana sini akhirnya menemukannya dan berikut informasi yang berhasil saya kumpulkan.
Permalink dan Kegunaannya di Blogger



Untuk permalink itu sendiri adalah singkatan dari Permanent Link. Dari namanya sudah terlihat bahwa permalink adalah link permanen yang mengarah pada suatu posting pada sebuah website. Link ini bersifat spesifik, yang langsung menuju sebuah posting di website, seperti contoh berikut :

http://www.danifin.net/2016/11/Pengertian-Permalink-dan-Kegunaannya-di-Blogger.html

Seperti pada umumnya website builder, blogger telah menyediakan fasiltas untuk membuat permalink secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan link. Meskipun demikian, permalink ini sangat penting untuk di perhatikan. Hal ini karena blogger secara otomatis membuat permalink dari judul posting yang kita buat, sehingga ketika suatu saat kita merubah judul postingnya, maka secara otomatis permalink ini berubah menyesuaikan dengan judul.

Bisa anda bayangkan jika link sudah terlanjur anda share, maka pembaca yang klik pada link yang telah kita bagikan dijamin tidak menemukan artikel yang dimaksud.

Untuk menghidari hal tersebut maka blogger menyediakan dua pilihan, yaitu : Automatic Pemalink dan Custom Permalink.


Automatic Permalink : jika memilih opsi ini maka blogger secara otomatis membuat link sesuai dengan judul poting kita. Sebagai konsekuensi, jika suatu saat kita merubah judul posting, otomatis link juga berubah mengikuti perubahan judul.

Kelemahan lainnya jika judul posting terlalu panjang, maka blogger akan memotong judul tersebut sehingga terkadan link-nya tidak nyaman untuk dibaca.


Custom Permalink : Jika kita menggunakan metode ini, link dapat kita atur sesuai keinginan kita. Link yang dibuat dengan Custom Permalink tidak akan berubah meskipun kita mengganti judul posting. Selain itu, dengan Custom Permalink kita dapat membuat link yang panjang sesuai judul, karena blogger tidak akan memotong link-nya. Contoh link yang menggunakan Custom Permalink :

http://www.danifin.net/2016/11/Pengertian-Permalink-dan-Kegunaannya-di-Blogger.html

Dengan Custom Permalink, selain link tidak akan berubah saat judul posting diganti, dari contoh diatas juga tampak judul posting bisa dibuat link secara penuh tanpa terpotong urlnya.


Jadi, berdasarkan pengalaman dari saya sebagai newbie, menggunakan Custom Permalink jauh lebih menguntungkan, walaupun dibutuhkan sedikit kesabaran membuat Custom Link.

Sekian artikel dari saya, tingkatkan share artikel ini ke teman anda.

0 comments: