9 Fakta Menarik Mengenai Bulan November

shares |

Loading...
Hai, sobat danifin, Sebelum anda beraktivitas di bulan ini, mari kita simak yuk fakta-fakta seputar bulan November. Semoga bisa menambah wawasan dan dapat menjadi bahan inspirasi untuk anda. Ayo sekarang gak perlu berbasa-basi lagi, langsung aja gan. Mari disimak

Fakta - Fakta Menarik Mengenai Bulan November

1. "November" atau "Nopember"?
Fakta Menarik Mengenai Bulan November

Berdasarkan EYD yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Penerbit Balai Pustaka, Cetakan Pertama Edisi III, tahun 2001, pengejaan yang benar adalah "November", bukan "Nopember" ya.

2. Inilah Arti Kata "November"


"November" diambil dari Bahasa Latin "novem" yang berarti "sembilan", karena pada zaman dahulu kala kalender bermula pada bulan Maret sehingga November menjadi bulan kesembilan. Sementara dalam bahasa Slovenia, "novem" berarti "baru". Maka bulan November juga bisa dianggap sebagai bulan kebaruan.

3. November Dalam Astrologi


Dalam astrologi, November menjadi bulan bagi 2 zodiak yakni Scorpio (sampai tanggal 21 November) dan Sagitarius (tanggal 22 November dan seterusnya). Sementara itu, batu lahir bulan November adalah Batu Topaz yang berwarna kuning. Bunga lahir bulan November adalah Bunga Seruni atau Kirsantemum.

4. Hari Vegan Internasional
Fakta Menarik Mengenai Bulan November


Bulan November dibuka oleh Hari Vegan Internasional pada tanggal 1 November. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya International Vegan Society pada tahun 1944. Apa sih vegan itu? Vegan sendiri adalah paham untuk tidak memakan atau menggunakan produk olahan hewan dalam bentuk apapun dengan alasan kesehatan, moral, dan juga kelestarian lingkungan.

5. Negara-Negara Yang Merdeka di Bulan Ini
Fakta Menarik Mengenai Bulan November


November juga adalah bulan dimana beberapa negara merayakan Hari Kemerdekaannya. Negara-negara tersebut adalah Dominika (Tanggal 3), Kamboja (Tanggal 9), Polandia (Tanggal 11), Angola (Tanggal 11), Maroko (Tanggal 18), Latvia (Tanggal 18), Libanon (Tanggal 22), Suriname (Tanggal 25), Albania (Tanggal 28), Panama (Tanggal 28), Mauritania (Tanggal 28), Yaman (Tanggal 30), Barbados (Tanggal 30)

6. Berdirinya Kerajaan Majapahit
Fakta Menarik Mengenai Bulan November

Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan tanggal 10 November 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.

7. Penetapan Rupiah Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia
Fakta Menarik Mengenai Bulan November


Pada tanggal 2 November 1949, akhir Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag menghasilkan keputusan dan penetapan Rupiah sebagai mata uang resmi Republik Indonesia yang digunakan untuk kegiatan ekonomi dan transaksi dalam negeri kita yaitu Indonesia.

8. Lahirnya Permainan Monopoli
Fakta Menarik Mengenai Bulan November


Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Permainan yang mengajarkan kita asas-asas ekonomi dengan cara yang sederhana ini diciptakan oleh Charles Darrow dan dijual secara luas oleh Perusahaan Parker Brothers pada tanggal 5 November 1935.

9. 10 November, Hari Pahlawan Indonesia
Fakta Menarik Mengenai Bulan November


Hari Pahlawan di Indonesia diselenggarakan setiap tanggal 10 November untuk memperingati Pertempuran Surabaya antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai bulan november, share ke teman anda agar teman anda tau tentang fakta unik bulan november.

0 comments: