10 Tips Ampuh Agar Tidak Terlalu Kecanduan Dengan Smartphone

shares |

Loading...
Hai sobat Danifin, Memang benar, Perkembangan teknologi komunikasi dapat membawa dampak positif juga negatif bagi para usernya. Canggihnya fitur handphone/smartphone yang ada semakin membuat seseorang bergantung sekali pada alat komunikasi ini karena semuanya tersedia di dalam smartphone tersebut. Fitur-fitur smartphone seperti messenger, social media, internet, hingga aplikasi untuk diet pun dapat didapatkan dengan mudah. Akhirnya pengguna menjadi ‘malas’ berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dan malah sibuk sendiri dengan handphone/smartphonenya. Bahkan banyak orang di sekitar kita terbukti tidak dapat lepas dari ponsel/smartphone mereka dan cenderung gelisah apabila berjauhan dengan gadget mereka. Apakah Anda merasakan hal yang sama dengan kejadian diatas? jangan- jangan Anda malah sudah kecanduan pada gadget smartphone anda!

Ada beberapa trik jitu agar tidak terlalu kecanduan dengan gadget smartphone. Berikut ini adalah tipsnya!


#Sibukkan diri


Awal kecanduan handphone umumnya berasal dari rasa bosan yang mampir dan tak kunjung memiliki aktivitas lain. Alhasil memainkan smartphone menjadi alternatif yang malah semakin menjauhkan Anda dari produktivitas. Mulai saat ini, belajarlah untuk menyelesaikan tugas terlebih dahulu sebelum memegang smartphone. Taruh ponsel/smartphone jauh-jauh dari Anda sehingga saat sibuk Anda dapat lupa untuk mengintip siapa yang mengirim pesan di BBM.

#Tahu waktu


Ya, cara ini sangat sederhana namun dapat membuat Anda lebih disiplin dalam mengatur waktu. Setting-lah berapa jam Anda akan menggunakan hp dalam satu hari. Merasa kesusahan? Ada aplikasi yang dapat membantu!Aplikasi untuk mencatat waktu pemakaian smartphone ini sudah tersedia di Google Play Store dan iPhone App Store! Bagi para pengguna iPhone, Anda dapat mengunduh Moment sedangkan untuk pengguna Android, Anda dapat mencoba aplikasi Quality Time.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa lama pemakaian ponsel/smartphone dalam sehari. Hal ini sekaligus dapat memonitor waktu pemakaian serta memberitahu Anda berapa jam dalam sehari Anda menggunakan gadget tersebut. Selain itu, ia juga dapat mengingatkan Anda jika anda sudah terlalu lama menggunakan handphone.-cara mengatasi kecanduan smartphone

#Matikan notifikasi

Secara teknis, mematikan seluruh notifikasi pada smartphone akan menghemat baterai ponsel/smartphone Anda. Namun secara psikologis, tindakan ini sebenarnya membantu Anda untuk lebih konsentrasi ke hal-hal lain yang lebih penting. Bunyi notifikasi social media atau messenger dapat membuat Anda tidak fokus dan cenderung penasaran. Jika memang tidak urgent/Tidak terlalu penting, matikanlah notifikasinya sehingga Anda tidak kecanduan untuk selalu mengintip notifikasiponsel/smartphone berkali-kali dalam sehari.

#Puasa handphone

Ada istilah yang beredar di kalangan masyarakat: “Smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.” Tentu saja hal ini didasari oleh fakta bahwa seringkali kita mengacuhkan teman yang sedang mengajak ngobrol hanya karena kita sibuk membalas chat di Line. Smartphone membuat kita ‘menarik diri’ dari dunia nyata tanpa kita sadari. Bahkan, kecanduan yang akut dapat membuat siapa saja membawa ponsel/smartphone kemanapun mereka pergi bahkan hingga ke kamar mandi. Untuk itu beri batasan pada diri sendiri. Misalnya, saat makan malam bersama keluarga di rumah, simpan saja ponsel/smartphone di dalam laci. Atau saat Anda bermain dengan anak, matikan dulu smartphone sampai selesai. Usahakan untuk berpuasa selama 2 jam saja setiap hari.

Dr. Larry Rosen, seorang pakar psikolog di California State University memberikan tips jitu untuk mengurangi pemakaian handphone Anda. Caranya, mulailah dengan puasa smartphone selama 1 menit. Kemudian, lanjutkan puasa hingga 5 menit. Perpanjanglah waktu ini hingga 2 jam bahkan lebih. Tips ini dapat mengatasi rasa kecanduan dengan gadget smartphone.-dampak negatif kecanduan hp

#Perbanyak olahraga

Apa hubunganya dengan kecanduan gadget, ya? Ada korelasi antara olahraga dengan kecanduan. Olahraga terbukti dapat mengurangi efek depresi pada para pecandu alkohol. Sama halnya dengan kecanduan gadget, berolahraga membuat tubuh menjadi sehat dan mengurangi depresi akibat kecanduan gadget– banyak bergerak menjadikan mood kita stabil dan lebih mudah merasakan senang.-10 Tips Agar Tidak Terlalu Kecanduan Dengan Smartphone

#Bergaul di dunia nyata

Tentu ada perbedaan signifikan antara berbicara secara bertatap muka dengan berbicara lewat handphone. Obrolan saat berkirim pesan tidak memiliki emosi dan visual sehingga Anda tidak memahami apa yang benar-benar dirasakan oleh si pengirim pesan saat bercakap-cakap dengan Anda. Saat ini emosi sudah tergantikan dengan stiker lucu dan emoji-emoji menggemaskan yang sama sekali tidak mewakili emosi yang sesungguhnya.

Dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Saat Anda bertemu dengan seseorang dan berbicara, Anda dapat memahami bahasa tubuhnya serta emosi yang terbersit di wajahnya. Karena Anda paham hal tersebut, Anda pun dapat member respon yang sesuai dengan keadaan.Tips Ampuh Agar Tidak Kecanduan dengan Ponsel

#Etika memakai smartphone

Ada kalanya kita menggunakan smartphone saat berada di jalan, bahkan saat mengadakan pertemuan penting. Saat kegiatan Anda membutuhkan perhatian dan konsentrasi, alangkah baiknya memahami kapan harus menggunakan handphone dan kapan harus menyimpannya terlebih dahulu. Bijaklah menggunakan smartphone Anda dan jangan sampai pemakaiannya malah merugikan diri sendiri.

#Jangan buang jam weker Anda!

Saking cerdasnyanya smartphone kita, kita pun tidak dapat hidup tanpanya bahkan ketika anda tidur. Karena keesokan harinya, ponsel/smartphone kita jugalah yang membangunkan kita dari tidur nyenyak! Tanpa disadari, penggunaan smartphone sebenarnya mengurangi jam tidur kita karena saat sudah berada di ranjang, pengguna akan melihat-lihat status teman atau membuka Facebook dan lainnya.

Lain halnya jika Anda menggunakan jam weker. Selain suara yang dihasilkan lebih nyaring, Anda dapat menjauhkan diri dari ponsel/smartphone dan lebih cepat terlelap saat malam hari. Kualitas istirahat pun jadi membaik karena penggunaan smartphone sudah dikurangi. Mulai saat ini, jauhkan ponsel/smartphone anda dari ruang tidur agar Anda tidak tergoda untuk melihatnya.

#Redakan stress dengan berjalan-jalan, bukan bermain game

Banyak pengguna smartphone yang berdalih bahwa game di handphone dapat meredakan stress dan membunuh waktu. Sayangnya, hal ini akan memperparah kecanduan Anda dengan gadget smartphone. Saat sebuah game sudah tamat, pengguna pasti akan mengunduh game lain atau bahkan mengulangi game tersebut karena merasa ada yang ‘hilang’. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan bersama teman. Lakukan kegiatan alam dan hirup udara segar. Hal ini akan sangat baik untuk kesehatan psikis dan fisik Anda.-Tips Agar Tidak Kecanduan dengan Handphone

#Beralih ke kamera digital

Ada saatnya kita bepergian ke tempat wisata dan mengabadikan momen-momen anda lewat kamera smartphone. Agar anda tidak terlalu kecanduan, beralihlah dari kemera smartphone ke kamera digital. Selain hasil jepretan yang lebih tajam, kegiatan fotografi ini akan menjauhkan Anda dari ponsel/smartphone untuk sementara waktu.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang kecanduan dengan gadget smartphone? Apabila benar, tak ada salahnya mempraktekkan salah satu dari tips di atas. Jika gagal lanjut ke tips selanjutnya, Lebih baik jika tips-tips diatas dapat dilaksanakan semuanya dengan baik, Insyallah kecanduan pada smartphone anda dapat berkurang.

Selamat mencoba dan Semoga berhasil....

0 comments: