Cara Mengubah Micro SD Menjadi Internal di Marsmellow

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, mengupdate os ke android marshmallow memang sangatlah bermanfaat karena pada os satu ini yaitu os android marshmallow ini diberikan akses full (read & write) yang pada os sebelumnya yaitu os lollipop sangat dibatasi penggunaannya, tidak hanya itu pada android marshmallow anda diberikan keleluasaan pada item penyimpanan internal untuk memperbesar atau menambah penyimpanan internal pada hape android menggunakan Micro sd. dan Apabila penyimpanan internal pada android kita sudah mulai terasa penuh dan sedikit sekali ruang bebas tersisa mungkin ini saatnya untuk mengubah microSD anda menjadi penyimpanan internal pada smartphone anda.


Keuntungan mengubah MicroSD menjadi penyimpanan internal


Kalau soal keuntungan, Sebenarnya sudah jelas bahwa dari menjadikan MicroSD ke penyimpanan internal adalah untuk melonggarkan ruang penyimpanan seperti terkadang cache sebuah aplikasi yang besar, atau file file gambar yang tercipta dengan sendirinya tentu ini akan sangat bermanfaat menjaga kapasitas ROM hape kita agar tidak penuh atau sesak sehingga kita lebih leluasa menginstal aplikasi di memori internal.

Dengan fitur ini kita juga tidak akan takut kehabisan ruang jika kita akan menginstall banyak aplikasi tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan internal.



Kekurangan mengubah MicroSD menjadi penyimpanan internal


Jika ada kelebihan pastinya juga kekurangan nya yaitu jika MicroSD kita dijadikan penyimpanan internal di android marshmallow maka MicroSD kita akan langsung di enkripsi dan hanya smartphone itu saja yang dapat membaca MicroSD nya, walaupun sesama marshmallow pun tidak akan bisa membukanya.

Kenapa seperti itu? Nah, Karena menurut google fitur ini untuk menjaga keamanan os marshmallow pada hape android kita.

Agar MicroSD bekerja dengan optimal maka gunakan MicroSD terbaik mulai merek dan class MicroSD, karena semakin tinggi classnya maka semakin cepat pula aksesnya (memory class terbaik saat ini yaitu class 10)



Mengubah MicroSD jadi penyimpanan internal


Untuk MicroSD yang akan dirubah menjadi penyimpanan internal sebenarnya sudah sejak awal diberikan opsi pada saat kita menancapkan MicroSD kita ke android marshmallow atau pada saat sesudah upgrade ke android marshmallow nya.

Disitu anda akan diberikan opsi “Gunakan sebagai penyimpanan portabel” atau “Gunakan sebagai penyimpanan internal”. Bila ingin menjadikan sebagai memori internal, pilih opsi kedua yaitu “Gunakan sebagai penyimpanan internal”, setelah itu ikuti saja prosesnya hingga selesai (dalam prosesnya, migrasi data juga akan dilakukan).


Apabila opsi untuk memilih MicroSD seperti pada gambar diatas tidak muncul maka kita bisa memilih langsung masuk saja ke “Pengaturan > Penyimpanan & USB > Pilih Kartu SD” setelah itu pilih “option (icon 3 titik dipojok kanan atas) > Format sebagai internal/portabel”.

Seperti pada gambar dibawah ini







0 comments: