Cara Mengoptimalkan Share Video Youtube di Facebook dengan yt2fb.com

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, Apakah anda memiliki akun youtube? Anda suka menyebarkan video anda melalui sosial media? Memang Benar, diperlukan kiat, cara dan usaha agar video yang kita upload di youtube banyak penontonnya. Page view atau jumlah tayang pada Video Youtube anda sangat penting peranannya, terutama bagi sejumlah perusahaan yang mempromosikan produknya melalui youtube, agar mendapat kepercayaan bagi banyak orang untuk memasarkan produknya sehingga tertarik dengan produknya.

Hal ini juga berlaku bagi para Youtubers yang memanfaatkan media youtube untuk menghasilkan uang melalui Google adsense atau sebutannya monetize. Jika video banyak dilihat berarti kesempatan untuk mendapat dolar akan semakin besar tentunya.

Nah salah satu kunci sukses menggeluti dunia Youtube selain SEO adalah melalui teknik promosi, dengan melakukan promosi, kesempatan untuk mendapatkan viewer untuk video kita akan menjadi lebih mudah. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Diantara ketiga media Sosial yang sudah saya sebutkan, Facebook ternyata lebih direkomendasikan untuk melakukan promosi, hal ini dikarenakan pengguna Facebook sangat banyak diseluruh dunia dibandingkan media sosial yang lain, dan apabila pintar mengelola pengunjung akan lebih tertarget yang akan memaksimalkan subscribe pada channel anda.


Cara Membuat Tampilan Thumnail Facebook Lebih Besar


Nah, untuk kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara melebarkan atau memperbesarkan tampilan Thumbnail Video Youtube pada saat kita akan melakukan sharing video youtube ke Facebook, Mengapa tampilan thumbnail video Youtube tersebut perlu sekali diperbesar? Seperti sobat ketahui, jika sobat pernah sharing video Youtube ke Facebook melalui link video Youtube langsung/ melalui tombol sharing yang ada di bawah video Youtube, maka tampilan thumbnail videonya akan terlihat kecil sekali, tidak seperti thumbnail video-video Facebook, yang tampilan thumbnail lebih besar, dan lebar. Hal ini ternyata memiliki dampak buruk bagi video Youtube yang di share melalui Facebook, karena thumbnailnya yang kecil jadi terlihat kurang menarik untuk dilihat oleh para pengguna Facebook sendiri. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:
Kecil bukan, tampilan aslinya? Jika sobat belum mengetahui apa itu Thumbnail video Youtube, saya akan coba menjelaskannya disini. Thumbnail video Youtube adalah sebuah tampilan penampakan gambar/frame/scene dari video, thumbnail ini dapat kita buat secara manual ataupun otomatis. Biasanya para Youtuber akan lebih memilih untuk membuat thumbnailnya secara manual dengan menggunakan gambar yang diedit sedemikian rupa agar dapat menarik calon viewer untuk menonton videonya. Kembali ke pembahasan artikel ini tentang tampilan thumbnail video youtube yang tidak terlihat menarik saat share di Facebook.

Masih banyak sobat Youtuber yang bertanya-tanya, termasuk saya sendiri, bagaimana sih caranya membuat tampilan thumbnail video Youtube yang kita share ke Facebook agar terlihat lebih besar? Cari tutorial kesana kemari, ternyata gak nemu-nemu juga. Sampai-sampai ada lho beberapa Youtuber yang memakai cara unik agar link video Youtube mereka bisa menarik calon viewer, yaitu dengan cara mengupload potongan video ke Facebook, kemudian diberikan beberapa deskripsi kata-kata promosi seperti "Tonton video full lengkapnya di link ini yah", nah link tersebut ternyata merujuk ke link video yang diupload di Youtube. Wow, cukup ribet yah.

Setelah mencari-cari, Akhirnya ketemu juga caranya supaya thumbnail preview video youtube kita bisa terlihat besar dan menarik saat share ke Facebook, penemuan ini tidak sengaja saya dapatkan. Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah Facebook fanpage artis Youtube Indonesia yang katanya sangat terkenal, nah di dalam timeline fanspagenya ada postingan mengenai video Youtubenya, isi postingannya intinya mengajak para Facebooker untuk melihat sebuah videonya. Kemudian saya perhatikan tampilan thumbnail videonya kok besar yah, apa beliau upload videonya di Facebook, bukan di Youtube? Ah masa Youtuber upload videonya di Facebook, kan sayang banget tar viewernya gak kehitung donk. Akhirnya karena penasaran, akhirnya saya coba PLAY videonya, weh ini mah video dari Youtube. Kok bisa ya tampilan thumbnailnya gedhe mirip thumbnail Facebook?

Setelah saya perhatikan thumbnail videonya, ternyata ada tulisannya sob yang letaknya di pojok kiri bawah, tulisan itu adalah "YT2FB.COM", tulisan apa ini ya? Kok ada .com nya? Wah, jangan-jangan ini alamat website? Tanpa berlama-lama akhirnya saya tulis YT2FB.COM di browser chrome saya, dan benar kalo tulisan tersebut merupakan link alamat website. Dan, yang membuat saya terkejut, ternyata YT2FB.COM adalah website yang dapat menggenerate atau mengkonversi link url video Youtube, setelah linknya dikonversi kita akan mendapatkan sebuah link baru yang dapat digunakan untuk melakukan sharing video Youtube ke Facebook dengan tampilan thumbnail yang lebih besar dari biasannya. Akhirnya ketemu juga apa yang saya cari-cari dan butuhkan selama ini. Saya pun akhirnya mencobanya, dan memang benar-benar terbukti benar. Video Youtube saya pun tampilan thumbnailnya menjadi besar, dan terlihat sangat menarik. Bagi sobat Youtuber yang ingin mencobanya, bisa kunjungi langsung websitenya disini.

Langkah mengubahnya yaitu
  1. Copy link URL video Youtube sobat, lalu pastekan saja di kolom yang telah disediakan oleh YT2FB.COM "Paste a Youtube link to convert", 
  2. Kemudian tinggal klik "Convert", maka akan muncul tulisan "Converting, wait" disini sobat disuruh untuk menunggu selama proses convert berlangsung. 
  3. Setelah itu nanti muncul linknya, sobat tinggal share aja ke media sosial facebook atau klik "Copy URL" untuk mengcopy url link video Youtube sobat yang telah dikonversi, atau klik "Share" untuk langsung di share ke Facebook, tanpa harus repot-repot mengcopy link URL nya. Setelah kita posting link video Youtube hasil convert dari YT2FB.COM ke Facebook, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini sob:

Indah sekali bukan? Pastinya video ini akan terlihat menarik dimata orang lain, Nah dengan begini, pasti akan lebih menarik banyak viewer untuk mengklik lalu memutar video Youtube sobat, tapi dengan syarat lho ya, thumbnail videonya harus terlihat menarik juga donk.

Ok mungkin cukup sekian ya sob, Terima Kasih sudah mampir di blog saya, semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi sobat Youtuber sekalian Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share Artikel ini ya

0 comments: