Bagusan mana JNE, TIKI, atau POS INDONESIA

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, Hayoo, Siapa yang tak kenal dengan TIKI, JNE dan POS INDONESIA. Pastinya Kalian semua pasti sudah kenal dengan ketiga nama perusahaan jasa pengiriman yang disebutkan tadi. Sebenarnya jasa pengiriman sekarang sudah banyak, Namun, Pada kesempatan kali ini saya hanya akan sharing tentang kelebihan dan kekurangan dari ketiga perusahaan jasa pengiriman yang ada di Indonesia.

1.  TIKI

Keunggulan :

1. Hemat, karena tarif jasa pengiriman yang sangat kompetitif dan fleksible.
2. Aman, karena reputasinya yang telah dikenal selama 30 tahun lebih.
3. Pasti, karena TIKI memberikan pelayanan yang bergaransi.
4. Cepat, karena memiliki pelayanan yang bervariasi, mulai dari pengiriman ONS atau REGULER.
5. Mudah, karena TIKI memiliki lebih dari 250 cabang di kota-kota besar seluruh Indonesia. Banyak kan?
6. Dapat diLacak, pengiriman anda dapat dilacak dengan mudah.
7. Sumber Daya Manusia. Dengan adanya pengembangan SDM di TIKI, maka kami dapat lebih baik melayani anda.
8. Penjemputan, sangat praktis dan ekonomis. Anda cukup angkat telepon, lalu semua barang yang akan Anda kirim akan kami jemput tanpa biaya tambahan.
9. Kemudahan Pembayaran

Kekurangan:

Dibidang pelayanan terhadap customer yang dinilai kurang ramah sehingga membuat customer merasa segan dan cenderung dapat mengurangi konsumen.

2.  JNE

Kelebihan :

1. Kecepatan, ketepatan waktu dan jaminan keamanan.
2. JNE adalah produk/perusahaan 100% asli Indonesia yang bervisi menjadi perusahaan taraf dunia.
3. Tersedia berbagai service sesuai dengan kebutuhan/kondisi pelanggan (waktu dan budget), Memiliki beragam produk.
4. Sistem yang sudah online di semua propinsi diseluruh Indonesia yang memastikan keterlacakan informasi status kiriman, kemanan kiriman, keakuratan dan kecepatan informasi dan komunikasi.
5. Kemudahan akses dalam pelacakan pengiriman oleh customer yang bisa diakses via JNE WEBSITE: http://www.jne.co.id
6. Customer service dan layanan informasi/pengaduan terbuka yang siap membantu (via telepon atau email)
7. Bisa mengirim dokumen, paket/barang apa saja (bahkan seperti elektronik, pecah belah, cairan dll)
8. Tersedia fasilitas Customer Credit/Coorporate dengan fasilitas pickup dan kredit dan perjanjian tertentu
9. Pick-up service (layanan penjemputan barang kiriman GRATIS), on call(via telpon/email) dan schedule (terjadwal) dengan ketentuan dan perjanjian tertentu

Kekurangan :

1. Ongkir tak sesuai dengan yang ada di situs resmi JNE. Ongkir juga berbeda pada tiap agen yang sejatinya lokasinya berdekatan/masih satu wilayah. Namun semuanya tetap saja lebih mahal dari yang tertera di situs JNE.

2.AWB number kadang tak dapat dilacak, tahu-tahu dapat sms dari pembeli bahwa barang sudah sampai ke tangan penerima.

3.Lama pengiriman tak sesuai dengan yang tertera di resi pengiriman. Kadang barang yang dikirim jadi rusak atau membusuk saking lamanya di perjalanan. Kiriman dari Medan ke Balikpapan misalnya, kadang sembilan hari belum juga sampai. Walau kadang tepat waktu

4. Kelalaian petugas, barang sering sekali packingnya penyok atau rusak.

3.  PT POS INDONESIA

Kelebihan:

Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan produk yang serupa yang memberikan layanan seperti yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia karena Pos Indonesia selalu menginginkan kepuasan yang dapat diterima oleh konsumennya yaitu agar masyarakat dapat puas menggunakan produknya. Pos Indonesai sudah dapat diakses dalam bentuk online yaitu mulai tahun 2010 Pos Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu dengan menciptakan produk online sehingga dimanapun kita berada bahkan tidak di batasi oleh waktu sehingga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun kita berada. Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia jauh lebih terrjangkau dibandingkan dengan produk serupa yang berjender produk luar negri seperti Fed-ex, DHL.

Kekurangan:

Pos Indonesia masih kurang terkenal dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya yang memang sudah sering dipergunakan oleh orang banyak, dikarenakan masyarakat hanya mengetahui bahwa Pos Indonesia hanya dapat melayani jasa pengiriman surat saja. Pos Indonesia baru pada tahun ini mengeluarkan jasa pelayanan online, karena produk jasa pengiriman yang lain telah sejak lama meluncurkan jasa online. Diatas telah kita ketahui beberapa keunggulan dan kelemahan Pos Indonesia sehingga kita dapat mengetahui kinerja Pos Indonesia.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tiga perusahaan jasa pengiriman yang saya dapatkan dari sumber google. Dan berikut perbadingan dari ketiganya :

1. CUSTOMER SERVICE

customer service Jne paling gampang dihubungi dan sangat responsif, sopan ramah dan cekatan. Pos indonesia diurutan kedua, CSnya sopan dan juga responsi

2. TARIF

Untuk tarif Pos indonesia yang termurah, tarif dokumen dan parcell jauh lebih murah dibanding tiki dan jne, sementara Tiki diurutan berikutnya, Jne masih yang paling mahal walaupun hanya sedikit perbedaan dengan Tiki.

3. SERVICE AREA

Untuk jasa pengiriman keseluruh indonesia, cuma Pos indonesia yang mampu menjangkau sampai pelosok negeri, door to door. urutan selanjutnya Tiki, area yang dijangkau cukup besar dan dalam. yang terburuk Jne, mereka hanya menjangkau area-area besar, dan umumnya untuk area pedalaman tidak akan pernah bisa dikirim.

Untuk jalur internasional masih Pos indonesia yang paling mumpuni, mereka ada cooperation dengan EMS (paling top markotob dah di jalur internasional!!), cepat dan termurah!! , sementara tiki masih melempar service Internasional kepada FED-EX, itupun tidak menjamin kalau mereka akan menggunakan layanan dan tarif Priority fedex walaupun pengirim telah membayar dengan tarif Priority. untuk Jne saya tidak mengetahui apakah mereka melakukan hal yang sama dengan Tiki, namun sejauh ini saya hanya menggunakan 1 kali pengiriman jalur internasional menggunakan Jne, dan sampai ketujuan dengan cepat dan tepat.

4. SERVICE KILAT

Di pos ada Paket pos kilat khusus, di Tiki ada ss dan ons(One day service) dan di Jne ada ss dan Yes. untuk layanan ini Yes(Yakin esok sampai) dari Jne yang paling baik, karena mereka menjanjikan garansi uang kembali bila barang tidak diterima dalam waktu 1x 24 jam, dan sampai saat ini, paket jasa YES merupakan paket yang paling membuat saya puas, hanya ada 1 kali pending, itu karena adanya gempa bumi, setelah itu paket meluncur dengan sempurna. bila alamat tujuan sedang kosong atau ditinggal si penghuni, mereka dengan segera menkontak psi penerima paket!! ck ck ck mantap!! sementara ons di tiki hampir mirip dengan Yes jne, namun sayangnya kerapkali di Ons tiki melebihi satu hari dari janji yang telah diberikan. sementara Paket pos kilat khusus memiliki kecepatan yang baik setelah Yes Jne, kekurangan pos kilat khusus hanyalah sering kali mengcancel tujuan alamat yang sedang kosong atau ditinggal pergi, padahal seharusnya mereka bisa menghubungi si penerima bila hal itu terjadi.

5. Keseluruhan layanan pengiriman paket / parcell

Keseluruhan jne unggul sedikit dari Pos indonesia, disamping begitu mudahnya mencari cabang-cabang Jne diseluruh daerah, dengan tarif sedikit lebih mahal, terbayar dengan fasilitas dan layanan yg ada. sementara tiki sangat jauh di bawah, soal pelayanan pun sangat disayangkan, beberapa kali cabang-cabang tiki memiliki masalah dengan timbangan dan ukuran, dan beberapa kali saya di hubungi cabang tiki untuk pengajuan uang tambahan karena kesalahan perhitungan volume dan berat parcell, bila tidak setuju maka paket tidak akan dikirim dan akan dikembalikan! padahal itu bukan kesalahan pengirim dan seharusnya jadi tanggung jawab cabang tersebut!

sementara pos indonesia masih terdepan untuk pengiriman pelosok daerah dan jalur internasional, namun sayang tarif lokal dicabang daerah sering kali berbeda-beda hingga sering membingungkan saya, namun selain itu sayangnya service pengiriman juga sering kembali hanya karena alamat yg dituju kosong/tak berpenghuni, padahal alamat yg dituju berpenghuni dan sedang ditinggal pergi.

Kesimpulan

Saya sendiri pernah menggunakan jasa pengiriman JNE karena direkomendasi dari teman dan ketika pertama kali mencoba hasilnya sangat memuaskan. Sebenarnya dari ketiga perusahaan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi kalau ingin biaya yang murah dalam pengiriman sebaiknya menggunakan jasa POS INDONESIA, selain murah POS INDONESIA mampu menjangkau tempat-tempat terpelosok Indonesia dan bias juga melakukan pengiriman lewat jalur internasional. Namun bila ingin melakukan kiriman cepat sebaiknya menggunakan jasa JNE, karena menurut saya JNE mampu mengirimkan barang tepat waktu, selain JNE juga bisa menggunakan jasa dari TIKI untuk pengiriman kilat. Karena saya hanya menggunakan pengiriman jasa JNE jadi menurut saya sih JNE yang terbaik, karena selama ini saya belum dikecewakan hehe. Tapi semuanya kembali lagi ke kalian, kalianlah yang menentukan mana yang paling baik diantara ketiganya. Wassalam

Catatan: koreksi jika artikel ini ada yang salah, karena tiap pelayanan di masing-masing daerah berbeda

0 comments: