Tips dan Trik Mudah Mengatasi Laptop yang Panas

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Selamat malam semuanya, hari ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik yang mungkin bermanfaat tentang bagaimana cara mencegah laptop menjadi panas. Laptop adalah kebutuhan yang penting di jaman ini baik untuk berkerja atupun bermain game. Anda pengguna laptop pastinya sudah sering mengalami laptopnya panas saat bekerja atau bermain game, nah, komponen dalam laptop yang menjadi panas jika terus-menerus akan mengalami kerusakan, Nah, oleh karena itu saya ingin berbagi tips nih buat anda pengguna laptop yang sering laptopnya panas. Sebelum itu mari kita lihat dulu penyebabnya apa saja.
  1. Saat anda bermain game berat, atau mungkin saat terjadi "hang" atau game menjadi tidak berjalan. 
  2. OS (Windows/Linux) tidak merespon (Not Responding) saat dijalankan. 
  3. Suara Fan/Kipas di laptop terdengar lebih keras dari biasanya, karena jika panas terlalu cepat terjadi, secara otomatis Fan/kipas laptop anda akan berputar lebih cepat daripada biasanya. 
  4. Jika anda menghidupkan komputer, dan terjadi "Black Screen" atau anda tidak akan masuk ke Windows.  
  5. Mouse dan keyboard anda tidak berfungsi atau drivernya konflik. 
  6. Munculnya Blue Screen of Death (BSOD) pada Windows
Sekarang saya akan menjelaskan cara-caranya agar laptop tidak panas. Saya akan membagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  • Hardware 
  • Software 

Hardware

Untuk Tipsnya Sebagai berikut:

Memastikan ventilasi udara tidak tertutup

Pertama-tama, Untuk tips awal yang sebenarnya sangat mudah, Ventilasi adalah jalan masuk udara dari laptop ke luar, pastikan ventilasi maupun vent pada laptop tidak terhalangi oleh sesuatu apapun. dikarenakan akan menjadi penghambat laju udara panas yang keluar dari komponen laptop. Nah untuk itu, mulai dari sekarang mulai singkirkan semua benda yang menghalangi ventilator laptop anda, Sebagai saran, laptop sangat dianjurkan untuk digunakan pada tempat-tempat yang datar dan keras tidak empuk seperti kasur.


Membersihkan ventilasi dengan kuas atau vacuum cleaner khusus

Selanjutnya, Seperti yang anda ketahui, setiap kali anda menggunakan laptop anda, maka debu dari luar tentu saja akan masuk ke ventilasi dan menghambat jalannya kipas untuk berputar sehingga kipas tidak akan bekerja secara sebagaimana mestinya. debu di laptop akan menghalangi peredaran panas di laptop. selain itu, debu akan terus menumpuk dan menghalangi kinerja kipas pada laptop
Jika ventilasi dan kipas di laptop kita sudah banyak kotoran/debu yang menempel, alahkah baiknya anda membersihkannya sampai bersih agar sirkulai udara pada kipas laptop menjadi lancer dan kita tidak terhambat lagi. Setelah itu, lakukanlah pembersihan ventilasi dan kipas pada laptop kita secara rutin kira-kira setiap seminggu sekali agar kotoran pada ventilasi maupun kipas tidak menumpuk dan menghalangi peredaran udara panas yang keluar. Untuk saran, minta tolonglah bimbingan dari orang yang sudah ahli/mahir dalam membongkar laptop, agar nantinya tidak terjadi masalah dikala proses membongkarnya. selain itu anda juga dapat membawa eksklusif ke tempat reparasi laptop.

Thermal Paste Mengering

kita tahu bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada laptop ialah pada bagian processor. nah biasanya pada bagian atas processor tersebut diberi semacam gelyang disebut “thermal pasteyang” betujuan untuk mereduksi maupun menurunkan panas yang dihasilkan oleh processor. jikalau laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang cukup lama, lama – kelamaan “thermal pasteyang” akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor itu sendiri dan menyebabkan cepatnya panas pada laptop yang kita gunakan. kinerja dari processor yang terus – menerus menyebabkan panas menumpuk dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. padahal thermal paste digunakan sebagai penghantar keluarnya panas dari chip processor. jika sudah mirip ini alangkah baiknya kita menambahkan “thermal pasteyang” secara bersiklus agar panas pada processor dapat dihantarkan dengan baik.

Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu alat yang dapat menurunkan overheat pada laptop. fungsinya ialah menurunkan maupun menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, agar aliran udaranya menjadi lancar. tepai perlu diingat, cooling pad juga dapat membawa dampak negative kalau kita tidak benar dalam pemakaiannya. misalnya ialah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi bila cooling pad dalam keadaan kotor. nah supaya tidak membawa dampak negative usahakan membersihkan cooling pad dari debu- debu yang menempel secara terencana. dan juga perlu di perhatikan, kadang ada laptop yang menempatkan aliran udaranya di bawah monitor.

Dapat juga menggunakan vacuum cooler dengan desain produk yang sederhana, berbentuk persegi panjang yang mempunyai dua ventilasi keluar masuk udara. jadi, cara kerja vacuum cooler ialah membantu fan laptop mengeluarkan udara panas dari dalam laptop keluar. kalau anda pernah membongkar laptop hingga melepas motherboard, diatas slotprocessor terdapat semacam pipa penghubung yang berakhir pada fan. seperti yang kita tahu, processor merupakan sumber utama panas laptop, jadi kalau kerja fan dapat dioptimalkan, maka suhu laptop absolut turun drastis. oleh alasannya ialah itu, vacuum cooler cocok banget buat kamu yang seringkali memakai laptop pol-polan, apalagi yang seringkali dibuat main game.

Perhatikan lingkungan sekitar

dimanakah anda menggunakan laptop? jika anda berada di ruangan ber-ac, maka anda tidak perlu cemas dengan laptop anda. jika anda menggunakannya diluar dengan matahari yang terik? sebaiknya, anda harus menghilangkan kebiasaan itu alasannya adalah akan menambah panas di laptop anda. selalu perhatikan tempat anda menggunakan laptop, termasuk intensitas debu di lingkungan anda. usahakan menggunakan laptop pada lingkungan yang bersih.

Baca Juga : Cara Menambah atau Mengganti RAM Laptop

Software

Tutup program yang tidak anda digunakan

Ya, semua acara yang berjalan di komputer anda tetap menggunakan hardware untuk bekerja. tentu saja, semakin banyak acara yang anda gunakan, komputer akan bekerja lebih keras dan akan menghasilkan panas yang berlebih. menutup acara yang tidak digunakan sangatlah membantu untuk menurunkan panas di komputer.

Selain itu juga, acara yang ada di "tray" maupun dibackground juga menggunakan resource komputer anda untuk tetap berjalan. untuk itu, menutup acara yang ada dibackground akan membantu meringankan kinerja komputer.

Mengatur Power Plan

Pada windows vista, windows 7, dan windows 8, microsoft memperkenalkan fitur 'power plan' agar kita dapat mengatur penggunaan hardware dan konsumsi energi. pastikan power plan yang anda gunakan sesuai dengan keadaan. bila anda hanya menggunakan komputer untuk browsing internet, merubahnya ke 'power saver'. cara mengakses power plan ialah dengan mengklik start (buka start screen bila menggunakan windows 8) dan ketik 'power plan' dan tekan enter, lalu ubahlah ke mode 'power saver'.

selain itu, dengan memilih power saver, konsumsi energi akan diminimalkan, sesampai komputer anda tidak akan terlalu panas. anda juga dapat mengakses power plan dari tray di taskbar.


Kesimpulan

Menjaga komputer anda agar tidak panas merupakan salah satu cara untuk memperpanjang masa pakai komputer anda. jika anda menggunakan laptop sudah dalam waktu lama dan digunakan terus – menerus untuk kerja berat mirip bermain games maupunpun mengedit foto maupun video lebih baik anda istirahatkan dulu. mirip halnya insan, laptop juga butuh istirahat setelah bekerja lama. istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nanti kira pergunakan kembali. istirahatkan dalam hal ini harus dimatikan total maupun bila dapat di masukkan lemari pendingin pun tidak apa-apa biar beku sekalian. akhir kata, semoga postingan hari ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

0 comments: