Penyebab Cake atau Kue Menjadi Bantat, Ini Dia Penjelasannya

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Kadang kala kita dibuat kesal sekali begitu melihat kue yang kita panggang namun hasilnya tak mengembang alias bantat. Padahal anda sudah berusaha keras membuatnya dan segala bahan dan langkah-langkah membuat kuenya sudah benar. Kenapa bisa begitu? Anda juga tidak salah membaca resep, dan juga anda tidak salah langkah-langkah dalam membuatnya. Nah, Ada hal di luar dua itu yang dapat menjadi penyebab kue menjadi bantat. Apakah itu?
Kue Menjadi Bantat

Ayo Mari disimak aja beberapa kesalahan dalam pembuatan cake atau kue yang menyebabkan selalu gagal atau bantat.
  1. Telur dalam keadaan dingin selepas dari lemari es tanpa dibiarkan terlebih dahulu, telur yang masih dingin mengakibatkan telur susah naik ketika dikocok oleh mixer/pengocok manual. Sebelum anda gunakan keluarkan terlebih dahulu telur dari refrigerator sampai benar-benar tidak dingin lagi.
  2. Terdapat noda minyak/mentega/margarin di dalam mangkuk/wadah atau pengocok, atau dari tangan anda sendiri, sehingga adonan telur akansulit naik.
  3. Anda Terlalu banyak menambahkan baking powder, sehingga cake akan beremah terlalu banyak.
  4. Adonan ku anda belum cukup stabil, pengocokan sudah dihentikan, sehingga adonan turun dengan segera, mengakibatkan kue menjadi bantat.
  5. Adukan/kocokan terlalu kuat dalam mencampur terigu ke dalam adonan telur, yang mengakibatkan udara dalam telur akan terbuang dan terigu akan membentuk gluten, sehingga kue menjadi liat/bantat.
  6. Mencairkan margarin/mentega sampai mendidih sehingga daya emulsi margarin/mentega menjadi hilang dan kandungan airnya menjadi habis. Cake akan menjadi berminyak tapi tidak moist (lembab). Cairkan mentega/ margarin ‘asal cair’ saja, angkat dari api sebelum semua bagian mentega menjadi meleleh. Bagian mentega/margarin yang belum cair akan mencair sendiri karena suhu hangat ruangan.
  7. Mentega cair masih belum tercampur rata dengan adonan telur, masih ada bekas yang tertinggal di dasar mangkuk. Mentega cair yang tidak tercampur ini akan membuat endapan keras di dasar kue yang anda buat.
  8. Endapan cairan putih telur ikut dicampur dalam adonan mentega-telur (dalam pembuatan butter cake). Singkirkan cairan putih telur karena ini penyebab membuat kue bantat. solusinya Ambil bagian busanya saja.
  9. Penambahan bahan cair lain (misalnya: susu/santan) dalam keadaan dingin. Semua bahan sebaiknya berada pada suhu ruang.
  10. Adonan sponge cake tidak dibuang udara yang berlebih dengan cara membantingnya dengan lembut beberapa kali ke atas meja. Akibatnya kue mengembang berlebihan di dalam oven, tetapi akan segera mengempis di luar oven.
  11. Oven masih belum cukup panas ketika adonan masuk, akibatnya adonan kue terlanjur turun sebelum sempat mengembang.
  12. Api yang terlalu besar atau terlalu kecil. Api yang terlalu besar akan menghanguskan bagian luar cake sementara tengah cake masih belum matang. Api yang terlalu kecil akan membuat adonan terlanjur turun sebelum kue sempat mengembang.
  13. Panas dari oven tidak rata, akibatnya kue miring atau matang/hangus sebagian.
  14. Terlalu lama saat memanggang, mengakibatkan kue menjadi kering, tidak moist lagi. Jika kue belum matang setelah waktu yang dianjurkan, tambah waktunya kurang lebih 5 menit. Selalu lakukan test, dan segera angkat kue setelah lidi yang digunakan untuk menusuk kue keluar dalam keadaan bersih.
  15. Membuka oven saat pemanggangan berlangsung. Suhu dari oven akan turun dan jika struktur kue belum kokoh, maka kue akan menjadi kempis (turun). Jika ingin membuka pintu oven, lakukan paling cepat setelah ¾ waktu pemanggangan.
Semoga berhasil dalam membuat kue

0 comments: