Mengatasi Hp Android Tercebur / Masuk Air

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, pada kesempatan kali saya akan share tentang Cara mengatasi Hp android tercebur air dengan menggunakan beras. Jika tiba-tiba Hp Android kalian yang tidak anti air dan terjatuh ke air, lalu tiba-tiba mati, sebelum kalian mulai memperbaikinya di konter service hp, lebih baiknya anda mencoba menyelamatkan sendiri Smartphone Android anda. Siapa tahu dengan memerapkan tips ini ponsel anda masih bisa kembali pulih kembali tanpa mengeluarkan uang sepeserpun untuk biaya servicenya.
Bagaimana cara mengatasi ponsel yang tercebur air?

1. KELUARKAN PONSEL DARI AIR SECEPAT MUNGKIN.

Jika ponsel Android kalian terendam air, keluarkan ponsel anda dari air segera mungkin. Hal ini bertujuan untuk mencegah komponen bagian dalam termasuki air. Air dapat merusak komponen/IC yang terdapat dalam smartphone anda dan akan menjadi panas akibat hubungan singkat/korsleting yang terjadi. Apalagi air laut yang bersifat korosif.

2. SEGERA KELUARKAN BATERAI

Apabila hp anda tercebur sesaat dalam kondisi menyala, segera matikan atau langsung saja cabut baterai hp anda. Baterai merupakan sumber daya bagi ponsel anda. Jika anda mencabut baterai, maka otomatis sumber daya listrik akan terputus. Memutus aliran sumber daya listrik amatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan korsleting/kerusakan ponsel. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya listrik.
 
3. KELUARKAN SIMCARD DAN MICROSD

Mengeluarkan SIM dan Memorycard/s dcard bertujuan untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data anda. Kalian tentunya tak ingin kan daftar kontak SIM/data-data di kartu memori hilang dan tak ingin juga kartu SIM/memory card menjadi tidak terbaca. Biarkan kartu SIM dan kartu memory sampai benar-benar kering sebelum Anda mengecek kondisinya dan memasangnya kembali.

4. KERINGKAN HP SAMPAI BENAR-BENAR KERING

Untuk mengeringkan hp anda, gunakan tissue atau kain halus yang menyerap air untuk mengusap dan membersihkan sisa air pada perangkat tersebut. Lap /usap setiap komponen dari perangkat yang dibongkar tadi dengan tissue atau kain untuk menyerap sisa air yang masih tertinggal. Atau bisa juga mengeringkan didekat lampu dengan cahaya yang terang atau dengan hairdryer.

5. Dan ada cara mudah untuk mengatasi HP android anda yang tercebur ke air, yaitu dengan menggunakan media BERAS.

Selain untuk makanan pokok Indonesia, beras juga memiliki manfaat lain yaitu mampu menyerap air. Namun hati-hati, karena beras dapat tersangkut di lubang speaker, slot microsd, dan slot memory. Cara mengatasi HP masuk air dengan beras yakni lepas semua bagian hp (cover belakang, kartu memori, kartu SIM), lalu masukan hp anda ke dalam beras selama 1-2 hari. Setelah itu angkat, lalu bersihkan dan coba nyalakan, dan baca doa
Semoga tips Mengatasi Hp Android Tercebur Air ini bermanfaat bagi anda semua, share jika bermanfaat.

0 comments: