Ini Dia Perbedaan Kecap Asin, Kecap Ikan dan Kecap Manis

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, Banyak produk yang dibuat dari hasil fermentasi kedelai. Seperti beragam jenis kecap. Tapi tahukah kamu macam-macam kecap?
Menurut catatan sejarah kedelai merupakan bahan makanan yang berasal dari dataran China. Menyebar ke beberapa wilayah seperti Jepang, Korea hingga Indonesia.
Hasil olahan fermentasi kacang kedelai dapat berupa tempe, tahu, tauco dan kecap. Kecap menjadi salah satu bahan penting dalam bumbu makanan Indonesia.
Kecap merupakan produk cair berwarna cokelat kehitaman yang memiliki rasa asin atau manis dan digolongkan ke dalam bumbu penyedap.
Berdasarkan rasanya, kecap dibagi menjadi dua macam yaitu kecap asin dan ikan yang agak encer dan kecap manis yang lebih kental.
Dalam proses pembuatannya, kedelai diinokulasi dengan kapang berjenis Aspergillus dan diinkubasi kurang lebih selama 3 hari, proses ini dinamakan dengan koji.
Kedua, koji dipindahkan ke dalam tangki fermentasi (lactobacillus) dan dicampur dengan larutan garam. Proses ini berlangsung selama 6 bulan disebut dengan moromi.
Tahap terakhir, moromi diproses kembali untuk mendapatkan filtratnya kemudian disaring dan dipanaskan.

Perbedaan Kecap Asin, Kecap Ikan dan Kecap Manis


Dalam proses pemanasan ini ada beberapa bahan yang dicampurkan dalam kecap. Untuk kecap asin ditambahkan bumbu beserta garam, kecap ikan ditambahkan dengan ikan saat proses moromi dan kecap manis ditambahkan dengan gula merah.
Setelah itu, sari kecap disaring dan dikemas dalam botol.
Nah itu saja informasi mengenai kecap, semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 comments: