FAKTA: Kadar Kolesterol Daging Kambing Ternyata Lebih Rendah Daripada Sapi

shares |

Loading...

BANYAK SEKALI orang menghindar santapan lezat daging kambing, karena memberikan kontribusi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, daging kambing kerap dijadikan olahan masakan di beberapa negara Asia dan mewakili 63 persen dari daging yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Dilansir Astroawani, Senin (12/9/2016), daging kambing adalah sumber utama protein di banyak negara yang terletak di kawasan Arab, Afrika Utara, Asia Tenggara, dan di daerah tropis.

Bahkan di negara Barat, daging kambing sedang dipromosikan sebagai alternatif protein yang dikemas sehat seperti daging sapi.

Para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), melakukan upaya penelitian bersama antara Universitas Alabama dan Auburn University di Amerika Serikat.

Para peneliti telah bekerjasama untuk menciptakan kesadaran tentang manfaat daging kambing ketika diambil dalam jumlah sedang.

Menurut para peneliti ACES, daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, daging domba, daging babi dan ayam.

Bahkan, daging kambing memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan daging lainnya, sehingga berfungsi sebagai alternatif daging merah yang baik.

Tiga ons (85 gram) daging kambing mengandung 2,6 gram lemak dibandingkan dengan 7,9 gram daging sapi, domba (8,1 gram), babi (8,2 gram) dan ayam (6,3 gram).

Dari sudut pandang kalori untuk jumlah yang sama, daging kambing memiliki 122 kalori (kal), dibandingkan daging sapi (179 kal), domba (175 kal), babi (180 kal) dan ayam (162 kal).

Selain itu, jumlah lemak tak jenuh dalam daging kambing jauh lebih rendah dari semua daging merah gabungan, dan memiliki semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh bersama dengan tingkat tinggi zat besi yang dapat membantu untuk orang anemia.

Sumber: okezone, detik

0 comments: