Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen

shares |

Loading...
Hai Sobat danifin, Pernahkah Jika tanpa sengaja Anda menggunakan spidol permanen (permanent marker) ketika menulis pada white board/papan tulis dengan permukaan melamin yang mengilap dan biasanya berwarna putih sedangkan tinta spidol tersebut tidak mudah dihapus? Anda tidak perlu khawatir! Ada beberapa cara mudah dan cepat yang akan saya jelaskan dan memungkinkan Anda menghilangkan tinta permanen tersebut dengan sedikit atau bahkan tanpa kerusakan pada papan tulis Anda.

Metode 1 dari 2: Menggunakan Spidol Non Permanen

Gunakan spidol non permanen (dry-erase marker) untuk menggambar/menulis di atas tinta permanen.
Tutup noda tinta permanen itu dengan tinta non permanen semaksimal yang bisa Anda lakukan, dan pastikan spidol non permanen Anda tidak kering dan masih mengandung cukup banyak tinta.
  • Anda bisa menggunakan spidol nonpermanen warna apa saja.
Bersihkan tinta dengan mengusapkan penghapus papan atau kain lembut yang bersih.Baik tinta permanen maupun tinta nonpermanen akan terhapus dengan mudah. Hal itu bisa terjadi karena tinta permanen dan tinta non permanen mengandung pelarut nonpolar (non-polar solvent). Pelarut di dalam tinta nonpermanen akan melarutkan tinta permanen, seingga akan melepaskannya dari permukaan white board.

Ulangi proses tersebut jika seluruh permukaan papan belum terbebas dari noda. Anda mungkin memerlukan usaha berkali-kali untuk membersihkan noda tinta secara menyeluruh. Anda mungkin ingin mencoba larutan pencuci tanpa air, tetapi larutan tersebut mengandung bahan serupa, kadang kala berkualitas lebih rendah dari pelarut seperti tinta nonpermanen, sehingga tinta tersebut sebenarnya relatif lebih efektif daripada cairan tersebut.

Metode 2 dari 2: Menggunakan Bahan-Bahan Rumah Tangga Biasa

Tuangkan sedikit cairan pembersih tangan (hand sanitizier), cairan alkohol atau penghapus cat kuku tanpa aseton ke atas kain lembut atau handuk kertas. Jangan gunakan pembersih jenis apa pun yang bersifat abrasif/merusak, seperti pemutih atau bahan yang mengandung pasir/kerikil halus, karena akan merusak permukaan papan dan meninggalkan noda permanen.

  • Bersihkan tinta permanen dengan kain basah.
  • Usap permukaan papan tulis dengan kain basah untuk membersihkan sisa-sisa cairan pelarut. Jika tidak, bahan sisa-sisa pelarut tersebut mungkin akan menghalangi tinta non permanen (untuk dapat menempel) saat Anda berusaha menggunakannya untuk menulis pada papan tulis.
  • Keringkan white board dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

Gunakan penghapus pensil dan gosoklah noda tinta dengan baik. Lakukan cara ini hanya bila cara-cara yang lain tidak berhasil, karena menggosok white boarddengan penghapus pensil berpotensi merusak permukaannya.

Beberapa orang melaporkan bahwa untuk hasil yang lebih baik adalah bila segera menghapus tinta tidak lebih dari 30 detik setelah menempel pada papan— bukan 5 sampai 10 menit.

Peringatan


White board akan rusak secara permanen jika Anda menggunakan alat/bahan apa pun yang berpotensi mengubah permukaan papan.

Hal yang Anda Butuhkan

Menggunakan Spidol Nonpermanen
  1. Spidol white board nonpermanen
  2. Penghapus white board
Menggunakan Bahan-Bahan Rumah Tangga
  1. Penghapus pensil
  2. Cairan alkohol atau cairan penghapus cat kuku
  3. Kain lembut atau handuk kertas
Semoga noda spidol permanen dapat hilang dan semoga informasi post ini bermanfaat.

0 comments: