Cara Mengetahui Traffik Website / Blog Orang Lain [Recomended]

shares |

Loading...
Hai sobat danifin, pernahkah bertanya bagaimana caranya mengetahui jumlah traffik website/blog orang lain agar anda dapat mengetahui visitor dan pageview website orang lain per bulannya? OK, jawabannya adalah dengan menggunakan layanan dari situs bernama Similarweb. Nah, Pada dasarnya tidak hanya itu saja yang dapat kita ketahui dengan mengunjungi website/blog tersebut, namun, ada juga banyak informasi yang dapat kita diperoleh dari sebuah website/blog yang kita cek nantinya, seperti ranking global dan lokalnya, sumber traffiknya dari mesin pencari Google dan sosial media sebanyak apa dan lain lain.

Cara Mengetahui Traffik Website / Blog Orang Lain

Mengetahui jumlah pengunjung atau visitor website/blog orang dapat dibilang tidak akan berpengaruh apa-apa dengan website/blog kita sendiri, tapi dengan tau traffik orang lain maka kita dapat lebih termotivasi lagi dan dapat lebih memahami kerja orang, jadi tidak hanya sekedar rumor aja kalau website/blog ini bagus karena Alexanya tinggi, padahal Alexa bukan hanya ukuran ranking website/blog dan traffiknya akan tinggi juga, ya iyalah kan SEO ita tidak ada hubungan sedikitpun dengan Alexa. Karena google sama sekali tidak membuat/merekomendasikan situs tersebut sebagai algoritma mesinnya.
Traffik atau lalu lintas website/blog sebenarnya kerap kali disalah artikan oleh orang. Pada dasarnya kalau kita bicara soal lau lintas website/blog maka itu dapat bermakna, visitor atau pengunjungnya dan pageview atau tampilan halamannya. Dua kata tersebut jelas juga berbeda maknanya, kalau arti dari Visitor yaitu jumlah pengunjung yang mengunjungi sebuah website/blog, baik dari yang dia baca 1 artikel atau banyak artikel di dalamnya. Adapun soal pengertian pageview, yaitu  mengukur jumlah laman atau artikel yang dikunjungi dari satu website/blog. Jadi bila ada 10 visitor membaca masing-masing 7 artikel di tiap kunjungannya, maka pageview dari website/blog tersebut adalah 10 x 7 = 70 pageview.
Bagaimana? anda sudah mengerti kan maksud/pengertiannya? Nah, sekarang kita masuk ke materi utamanya. Trik
Cara Mengetahui Jumlah Traffik Website/Blog Orang Lain
  1. Sebenarnya gak ada triknya, cukup kunjungi saja Similarweb
  2. Ketikkan alamat website/blogmu dalam kolom yang ada tulisan “Search” oranye di sampingnya.
  3. Terakhir, tinggal klik tombol “Search” yang berada disampingnya dan tunggu sampai proses loadingnya selesai.
Keterangan:
  • Umumnya website/blog yang berusia sekitar di bawah 6 bulan tidak akan dimunculkan datanya karena sistem grafiknya minimal memuat data 6 bulan terakhir dari website.
  • Sekalipun sudah berumur lebih dari yang dijelaskan di atas, jika traffiknya sangat minim, anggap saja di bawah 1k per bulan, maka Similarweb juga tetap tidak akan memunculkan hasil pengecekannya dan nantinya akan muncul tulisan “No enough data”
  • Biasanya grafik perkembangan traffik website/blog memakan waktu loading yang agak lama, jadi sedikit bersabar hingga semua tampil. Apalagi jika jaringan internetmu lemot.
  • Di atas hanya alat ceknya saja, kenapa tidak langsung belajar cara meningkatkan traffik website/blog karena dengan demikian akan lebih membantu dalam menghasilkan banyak visitor per harinya.

Data lain yang dapat diketahui selain Visitor dan Pageview website

Ada keterangan lain yang dapat anda ketahui setelah anda mengklik tombol ‘cari’ pada situs Similarweb, di antaranya adalah:
Traffic Sources – Bagian ini akan menampilkan dari mana saja sumber(source) pengunjung dari situs yang anda cek. Biasanya akan ditampilkan dalam bentuk persentase, mulai dari direct, referrals, social, search, mail, dan display masing-masing berapa persen porsi penggunaannya.
Referrals – Isinya menyangkut alamat website/blog atau web mana saja yang merekomendasikan, misalnya danifin dapat dari mana saja linknya. Nah, ini menurut saya juga bagus untuk melakukan riset soal keunggulan dari suatu website/blog.
Audience interest – untuk mengukur pada artikel mana saja yang banyak dikunjungi orang lain sehingga website/blog tersebut menghasilkan banyak visitor/pengunjung.
Similar sites – merupakan menu utama dari Similarweb yang bertujuan untuk melihat web mana saja yang sesui dengan tema situs yang dilirik, dan biasanya ini dapat diketahui dari adanya kesamaan title pada web tersebut dan juga deskripsinya.

Cara Lain Untuk Mengetahui Kunjungan Situs Orang

Jika di atas, kami memilih jadi yang utama/direkomendasi karena memang paling sering digunakan Danifin dan paling hampir mendekati dengan perhitungan Histats, walau sebenarnya tidak terlalu mirip.
Adapun situs berikut ini juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengetahui jumlah traffic dari website/blog untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan saja tidak lebih dari itu. demikian juga estimasi harga dari web/blog yang dicek juga hanya sebagai pembanding saja dan sama sekali tidak dapat dijadikan acuan. Berikut beberapa yang dapat dicoba:
Statshow.com – Ini juga banyak yang rekomendasikan, hanya saja kalau liat hasilnya agak jauh sekali dengan Histats dan pageview yang ditunjukkan sedikit sekali bahkan dapat 20 kali lebih dari yang sebenarnya, jadi saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan tools ini. Jadi abaikan saja.

Cek grafik data website/blog sendiri

Nah, kalau misalnya kamu mau tau bagaimana dengan traffik website/blog kamu sendiri maka sebaiknya gunakan tools yang dipasang langsung di dalam website/blogmu karena dengan cara itulah kamu dapat mengetahui pageview yang real/sebenarnya berapa dan visitornya juga.
Sitemeter.com – Ini juga menjadi salah satu yang banyak digunakan para master blogger yang mana traffik website/blogmu dapat diketahui hanya dengan membuat akun dan memasang widget nya di website/blogmu.
Web-stat.com – Saya sebenarnya belum pernah pakai ini, tapi karena posisinya masuk halaman pertama google, jadi mengapa anda tidak mencobanya?
Histats.com – Nah, ini andalan saya. Coba liat di bagian atas website/blog ini, pasti ketemu widget kecil punya Histat kan? Nah, untuk mengetahui berapa kunjungan dari /blogweb mu setiap hari maka anda wajib juga pasang widgetnya. Menurut saya histats yang paling bagus adalah karena kita dapat tau detik ini apa artikel yang sedang dikunjungi, keyword dari search engine dan dari negara mana saja pengunjungnya juga dapat diketahui. Selain itu, artikel terpopuler juga dapat diketahui dan bahkan grafik perkembangan webmu dari tahun ke tahun dan bulan ke bulan juga dapat anda lihat di sana.
Plugin Jika Anda Menggunakan WordPress – Nah, Banyak sekali yang rekomendasikan, tapi saya pribadi kurang tertarikdengan plugin karena selain memakan banyak kuota RAM hosting, juga akan terlalu banyak plugin dalam website/blog kita yang terinstall yang mana dapat bikin lambat dan kualitas SEO nya jadi menurun. Selama dapat tidak pakai plugin kenapa tidak kita hindari.
Webmaster Google – Anda Sudah tau kan cara membuat blog dengan blogspot atau pun dengan platform lain seperti WordPress, maka ada baiknya kamu juga tau cara tau visitor blogmu dengan menggunakan Webmaster. Cara masuknya pun cukup mudah, cukup ketik di google kata tersebut lalu login gunakan email dan setelah itu tinggal masukkan alamat website/blogmu untuk mengizinkan sistem bekerja menganalisa data yang penting di dalamnya, dan hasilnya setiap hari kamu dapat mengetahui kunjungan dari situsmu.
Nah, Sudah jelas belum cara cek traffic orang lain menggunakan tools diatas? Jika belum tulis pertanyaan kamu di kolom komentar, semoga dapat bermanfaat bagi anda si Blogger

0 comments: