Cara Mengatasi Ransomware Cerber3 dengan ESET Antivirus

shares |

Loading...

Mengenal Lebih dekat apa itu Ransomeware cerber3.

Ransomware adalah sejenis malware pada pc atau laptop anda yang akan masuk ke sistem komputer anda dan mengunci atau bahasa kerennya mengenkripsi semua data penting milik anda yang terdapat pada perangkat komputer atau laptop tadi, dan mengganti semua ekstensi file yang anda miliki dengan ekstensi cerber3. Namun point yang membuat Ransomware ini begitu menakutkan bagi para pengguna pc/laptop adalah adanya uang tebusan yang di minta oleh pembuat/creator malware itu sendiri sebagai imbalan untuk membuka semua enkripsi file dan data-data anda yang telah terkunci akibat ransomware tersebut.
Pada umumnya para pembuat/creator ransomeware ini meminta uang tebusan tidak seperti mata uang pada umumnya karena bisa terdeteksi gerak-geriknya, namun mereka meminta tebusan dalam bentuk mata uang virtual yaitu Bitcoin yang hingga saat ini sangat sulit untuk dilacak keberadaanya. Nah, Dalam beberapa kasus, Ransomware tak hanya mengunci data-data penting yang ada di komputer saja, namun ada beberapa jenis ransomware yang dapat mengunci keseluruhan operating system yang anda gunakan. Sangat berbahaya bukan? Sehingga jika anda ingin menggunakannya,maka tidak ada jalan lain selain  membayar uang tebusan sesuai nominal yang diminta sang pembuat ransomeware itu.

Apakah komputer anda terinfeksi Ransomeware cerber3?

Berikut ini adalah ciri-ciri komputer yang sudah terinfeksi:
Ciri-ciri yang pertama dan gejala umum yang timbul ketika komputer atau laptop anda terinfeksi oleh Ransomware cerber3 adalah dari kinerja komputer anda yang tiba-tiba melambat atau sering ngelag saat terkena virus atau malware ransomeware ini. Setelah itu ciri-ciri yang paling menonjol adalah, seluruh data-data pada komputer seperti dokumen, lagu, video atau foto akan berubah ekstensi file-nya menjadi ekstensi yang aneh, Misal data dokumen foto yang biasanya memiliki ekstensi file berupa JPG atau PNG berubah menjadi cerber3. Lalu ketika kita hendak membuka file tersebut, akan muncul sebuah notif yang berupa file TXT atau melalui wallpaper yang menyatakan bahwa data pada perangkat komputer atau laptop telah dikunci dan meminta tebusan bila ingin mengakses file yang dimaksud.

Bagaimana cara membersihkan Ransomeware cerber3 yang menginfeksi komputer anda ?


Sebuah perusahaan antivirus terkenal yaitu ESET telah mengeluarkan sebuah program antivirus baru yang dapat mendeteksi dan membersihan virus ransomeware cerber3 ini. Jika perangkat komputer anda menjadi korban dari keganasan dari malware ini, silahkan ikuti panduan-panduan berikut untuk menghapus Ransomware yang bersarang di komputer anda.
Anda dapat mengunjungi laman resmi ESET untuk mengunduh file antivirus ESET TeslaCrypt Decryptor versi terbaru, jika sudah didownload/terunduh silahkan install program antivirus tersebut.
Jika program ESET TeslaCrypt Decryptor yang telah anda unduh tadi sudah anda install dan tersimpan pada drive D, maka kita ketikan D: pada kotak Command Prompt atau CMD tadi lalu tekan enter.

Setelah anda dalam posisi berada di drive D, selanjutnya kita  ketik ESETTeslaCryptDecryptor.exe D: dan lalu tekan enter. Drive D: tersebut dapat diganti dengan letak drive yang ingin dibersihkan, misal drive C bisa ketikan C: atau E dengan mengetikkan E: dan seterusnya. Untuk hasil yang lebih maksimal kami sarankan untuk melakukan scanning keseluruhan drive pada komputer anda. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selanjutnya nanti akan muncul kolom persetujuan, jika anda berniat bisa dibaca terlebih dahulu, jika sudah selanjutnya tinggal klik tombol “Agree” kemudian silahkan tunggu beberapa menit, lamanya proses pembersihan ini ini tergantung banyaknya file yang terdapat pada setiap drive pada perangkat komputer anda.

Nah, cara kerja dari program antivirus ini adalah dengan melakukan scanning pada tiap drive pada komputer anda, jika ada file yang dikunci dengan ransomware cerber3  maka program ini akan muncul notifikasi bahwa program telah  menemukan ransomware tersebut dan otomatis membersihkannya.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda mengenai serangan ransomware cerber3 yang sedang marak menginfeksi komputer, serta cara yang terbilang mudah untuk mengatasinya. Semoga penjelasan yang saya berikan di atas dapat memberi sedikit  pencerahan dan bermanfaat bagi sobat danifin,
Share artikel ini untuk mencegah orang lain terkena ransomware juga.

Related Posts

0 comments: