Cara Bypass/Melewati Login Panel Hotspot Mikrotik [worked]

shares |

Loading...

Hai sobat danifin, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara Bypass/melewati login panel pada wifi mikrotik. Apa itu bypass, dan apa pula fungsi dari bypass itu sendiri?

Biasanya jika kita membuka hotspot mikrotik dan ketika ingin browsing, pastinya kita akan dihadapkan dengan login hotspot atau login panel pada web browser sebelum kita dapat membuka alamat yang kita tuju. Nah, bypass sendiri dapat di bilang fungsinya untuk melewati/ menonaktifkan/meniadakan login hotspot itu sendiri. Sehingga kita bisa browsing dengan bebas tanpa harus login hotspot mikrotik terlebih dahulu. Di mikrotik terdapat berbagai fitur untuk melakukan bypass,salah satunya menggunakan IP Binding.

IP-Binding adalah menu HotSpot yang memungkinkan untuk setup/menerapkan statis One-to-One NAT translation, yang memungkinkan untuk memutus klien HotSpot tertentu tanpa otentikasi apapun, dan juga memungkinkan untuk memblokir host tertentu dan subnet dari jaringan HotSpot itu sendiri.

Cara settingnya yaitu:
1. Pastikan kamu sudah membuat hotspot mikrotik.
2. Buka winbox
3. Lalu kita masuk ke menu IP Bindings dan lalu kita buat IP Bindings
Caranya : IP>>Hotspot>>IP Bindings>> +

4. Kemudian kita isi /tambahkan MAC Address, Address dan typenya. Untuk lebih mudah, kita copy paste saja IP dan MAC addressnya dari hotspot yang kita gunakan. Supaya lebih mudah dan cepat.
Caranya : IP>>Hosts>>double klik Ether yang digunakan sebagai hotspot>>Lalu tinggal copy paste saja>>Apply>>OK

5. Lalu kita coba login hotspot di web browser dengan cara mengetikkan IP hotspotnya lalu pencet enter

Nah loh kok error? :o
Yap, itu dia sobat, fungsi dari IP bindings tersebut
kita tidak perlu login, dan sekarang kita coba untuk browsing.

Nah, sudah berhasilkan?

Itu saja mungkin cara setting IP Bindings di mikrotik yang dapat saya jelaskan pada saat ini, jadi kita tidak usah repot-repot saat login.

Demikianlah artikel tips dan trik untuk kali ini, semoga tutorial di atas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Manfaatkan sebaik mungkin wifi yang ada

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 comments: