3 Cara Membuka Pola Kunci Password di Android

shares |

Loading...

Sobat danifin dah pernah lopa pola kunci? Cara membuka pola kunci password android yang lupa. Mungkin kebiasaan dari kita dalam mengamankan dan menggunakan android adalah dengan Mengunci ponsel Android dengan menggunakan pola (pattern) maupun password.

Cara itu dirasa adalah yang paling efektif dan ampuh untuk mencegah tangan-tangan jahil mengutak-atik dan mengetahui data pribadi anda di ponsel Android. Cara ini bisa dibilang yang paling populer, tetapi, bagaimana jika anda lupa pola kunci atau password yang sudah anda tentukan sebelumnya?

Atau jika anda tidak lupa, penyebab lain terkunci nya ponsel android anda adalah adanya campur tangan orang lain yang berusaha untuk membuka kunci layar pada ponsel android anda secara terus meneus, tetapi orang tersebut selalu salah dalam memasukkan pola/password, maka secara otomatis akan diblokir. Gawat kan?

Cara Membuka Android Yang Terkunci:

1. Memakai Fitur Forgot Password

Ini adalah cara ter-aman yang dapat anda lakukan. Caranya adalah:

- Pastikan ponsel anda memiliki koneksi internet.

- Klik Forgot Password/Pattern.

- Lalu Sign In ke akun Google anda dengan memasukkan Email dan Kata Sandi.

- Selesai. Sekarang smartphone android anda sudah bisa dibuka kembali.

2. Menggunakan Panggilan Telepon

Bila cara yang pertama gagal (anda tidak memiliki koneksi internet apapun), anda bisa menggunakan panggilan telepon untuk membuka ponsel android yang terkunci.

Caranya adalah:

- Gunakan ponsel anda yang lain untuk menelpon ke ponsel android anda yang bermasalah.

- Lalu jawab panggilan telepon tersebut, dan jangan ditutup.

- Selanjutnya Tab tombol Home => Settings => Aktifkan Koneksi Internet

- Setelah koneksi internet sudah aktif, maka anda bisa Sign In ke akun Google dengan memasukkan email dan password untuk dapat membuka ponsel android yang terkunci.

- Anda juga bisa menon-aktifkan password PIN atau kunci pola pada menu Settings.

3. Menggunakan Factory Data Reset

Ini adalah cara terakhir bila cara pertama dan kedua tidak berhasil. Menurut saya, ini adalah cara yang paling beresiko, he he. karena akan menghapus seluruh data dan file yang ada dalam system dan memori internal.

Tapi jika anda sudah menghidupkan fitur backup, sebelum smartphone terkunci, maka anda tidak perlu khawatir. Sebagai antisipasi, lepaskan juga memori eksternal (microSD) sebelum melakukan cara terakhir ini. Berikut adalah caranya:

- Matikan ponsel Android anda

- Lalu tekan tombol Power Volume Up Home secara bersamaan selama sekitar 5 detik. Jika tidak bekerja, kamu bisa menggunakan tombol Power Volume Down Home, jika tidak ada tombol Home, kamu bisa menggunakan tombol Power Volume Up. Tentunya setiap smartphone itu berbeda-beda.

- Selanjutnya anda akan masuk dalam Mode Recovery.

- Gunakan tombol Volume Atas atau bawah untuk mengarahkan ke menu Factory Data Reset.

- Kemudian pilih Yes, Delete All Users

- Lalu pilih Reboot System Now

- Tunggu beberapa menit sampai proses reset selesai.

- Selesai.
Sekarang anda bisa membuka ponsel android anda yang sebelumnya terkunci, tetapi dalam kondisi seperti saat pertama membeli alias kembali ke pengaturan awal (fresh), dan kamu bisa masuk tanpa menggunakan password/pola.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 comments: